Manfaat Susu Kambing etawarich untuk Penderita Asma

Manfaat Susu Kambing etawarich untuk Penderita Asma


Sejak akhir Desember lalu, kami serumah bergiliran sakit. Gejalanya klasik sih, demam, batuk, pilek, tapi bukan Covid lho, ya. Saya menduga karena kondisi cuaca sedang galau. Entah ini karena efek pemanasan global yang membuat cuaca ekstrem tak menentu atau memang kondisi tubuh saya saja yang sedang lemah tak berdaya, hehehe



Cuaca Galau, Asma Kambuh

Cuaca galau itu maksudnya kadang tiba-tiba dingin dan hujan deras, kadang lembap dan panas menyengat. Kalau tubuh kita bisa ngomong, mungkin mereka akan protes karena jadi sering meriang. 


Buat orang yang memiliki riwayat penyakit asma seperti saya, kondisi cuaca seperti ini beneran bikin galau karena rentan menyebabkan asma kambuh. Benar saja, sejak awal Januari, sudah 2 minggu ini penyakit asma saya kambuh. Benar-benar menyiksa dan membuat segala hal jadi tertunda karena saya harus banyak beristirahat dan tidak bisa bekerja berat. 



Susu etawarich

Ketika menghadapi kondisi asma yang kambuh, tetiba saya mendapat informasi dari seorang teman, bahwa untuk meringankan asma yang sedang kambuh sekaligus memelihara kesehatan agar tidak kambuh lagi, saya disarankan untuk mengonsumsi susu etawarich, salah satu produk susu kambing etawa dengan segala kebaikan manfaatnya. 


Duh, saya termasuk orang yang tidak suka mengonsumsi susu. Saya merasa mual setiap kali minum susu, mungkin karena saya termasuk intoleransi laktosa. Sementara itu, jika susu berasal dari kambing, saya makin mual karena tidak suka baunya yang prengus khas kambing.  


Saat diberi informasi oleh teman, saya pun mempertanyakan, kenapa harus minum susu kambing etawa? Kenapa harus etawarich? Kandungannya apa saja? Manfaat susu etawa etawarich itu apa saja? Bau prengus enggak? Dan, masih banyak lagi pertanyaan berputar di benak saya. 


Memang saya tuh kadang bersikap skeptis, hehehe. Susah memercayai sesuatu kalau belum mengamati sendiri secara langsung. Apalagi kalo urusan sesuatu yang berkhasiat untuk kesehatan. Akhirnya saya putuskan untuk melakukan riset kecil dengan browsing sejumlah jurnal ilmiah yang membahas tentang susu kambing etawa dan manfaat susu etawa etawarich. 


Dalam pencarian literatur jurnal yang saya lakukan, saya mendapat banyak insight dan informasi seputar manfaat susu kambing etawa. Dari situlah saya mulai mencocokkan informasi dari jurnal dengan klaim produk dan manfaat yang ditawarkan oleh produk susu kambing etawa etawarich. Mau tahu apa saja fakta produk dan manfaat susu kambing etawa etawarich? Yuk, lanjut dibaca, ya! 



Kenapa Pilih Susu Kambing Etawa etawarich?

Susu kambing etawa etawarich ini telah melalui proses spray drying untuk mengubah susu kambing etawa cair yang sarat gizi itu menjadi susu etawarich yang berbentuk bubuk. 


Produsen etawarich mengklaim bahwa dalam 1 box susu etawarich mengandung susu kambing etawa sebanyak 98%. Hal ini berarti nutrisi yang dikandungnya pun mendekati sempurna, dong. Itulah mengapa disebut susu etawarich memiliki kualitas terbaik, dengan kandungan nutrisi 3x lebih tinggi dibanding susu sapi. Bahkan, kandungan gizinya paling mendekati kandungan gizi ASI, lho. 


Selain itu, susu etawarich ini 100% produk organik sehingga aman dikonsumsi oleh orang di segala usia, dari anak-anak hingga lansia. Eits, tentunya untuk bayi 0-2 tahun tetap mengutamakan konsumsi ASI, ya. 



Kandungan Utama Susu etawarich

Kebiasaan saya yang tidak suka bau prengus kambing, membuat saya pun mencari tahu, kenapa produsen etawarich bisa mengklaim susunya bebas bau prengus. Dari beberapa literatur ilmiah yang saya baca, ternyata khasiat susu kambing etawarich ini didukung oleh 6 kandungan utama di dalamnya, yaitu: 


Kandungan Susu Etawa etawarich
Kandungan utama yang membuat etawarich makin juara khasiatnya.


1. Susu kambing etawa

Susu etawarich mengandung susu kambing etawa sebanyak 98%. Kandungan susu etawa ini kaya akan kalsium dan protein. Bahkan jumlahnya lebih tinggi dibanding susu sapi biasa. Pantas saja susu etawarich ini terkenal sebagai susu tulang keropos karena kandungan kalsiumnya mantap.


Menurut jurnal, susu kambing etawa merupakan alternatif terbaik yang dapat menggantikan susu sapi. Mengapa? Karena dalam susu sapi terdapat setidaknya 20 jenis protein yang berpotensi menjadi alergen pada banyak orang. Sedangkan dalam susu kambing etawa, protein tersebut hadir dalam bentuk rantai peptida bioaktif dengan ukuran molekul yang lebih kecil sehingga lebih mudah cerna dan tidak dikenali sebagai alergen oleh sistem pertahanan tubuh manusia. 


Peptida bioaktif dalam kasein susu kambing etawa ini memiliki aktivitas sebagai antimikroba, antibakteri, antioksidan, antihipertensi, antidiabetes, dan antitrombotik. MasyaAllah, ternyata begitu banyak manfaat dalam kasein susu kambing etawa. 


Selain itu, manfaat susu kambing etawa ternyata kaya akan asam lemak tak jenuh rantai pendek. Hal ini berarti nutrisi dalam susu kambing etawa lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, serta baik untuk memelihara kolesterol tubuh tetap normal.

 

2. Kayu manis

Bahan dengan nama ilmiah Cinnamomum zelyanicum ini merupakan bumbu tertua yang dipakai umat manusia. Kayu manis berfungsi sebagai bahan aromatik sekaligus menambah khasiat susu kambing etawarich. Bahan inilah yang saya duga membuat susu etawarich bebas dari bau prengus dan makin wangi serta nikmat. 


Terbayang wanginya aroma kayu manis, kan? Nah, dengan proses pengolahan susu yang benar, tentu kayu manis mampu menghilangkan bau prengus khas kambing pada susu etawarich ini. 


Menurut beberapa jurnal kesehatan, selain sebagai bahan aromatik, ternyata kandungan flavonoid dalam kayu manis juga tak kalah juaranya dalam aktivitas sebagai antioksidan dan antiinflamasi (antiradang). 

 

3. Bee pollen

Bee pollen merupakan salah satu produk yang dihasilkan lebah, selain madu. Bee pollen ini berisi campuran serbuk sari, nektar, dan saliva (air liur) lebah yang dikumpulkan oleh para lebah pekerja. 


Bee pollen mengandung setidaknya 250 zat aktif biologis yang dapat bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, zat aktif yang dikandung bee pollen juga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi (antiradang). Hal ini makin melengkapi khasiat susu kambing etawa etawarich. 


4. Gula stevia

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Stevia rebaudiana ini, dikenal sebagai salah satu pemanis, pengganti gula yang aman dikonsumsi. Di antara 240 spesies yang ada, spesies Stevia rebaudiana inilah yang memiliki tingkat kemanisan paling tinggi (300 kali lebih manis daripada gula tebu biasa) dan paling umum digunakan sebagai pemanis alami. 


Berasal dari dataran tinggi Paraguay dan Brazil, stevia mengandung zat aktif bernama steviol dan isosteviol yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan antikarsinogenik. Gula stevia ini juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak menambah kalori sehingga tidak menyebabkan kenaikan kadar glukosa darah yang berlebihan. Kalian juga harus paham bagaimana regulasi penggunaan gula atau glukosa di dalam tubuh, agar dapat mengonsumsi pemanis sesuai kebutuhan.

 

5. Gamat

Gamat/teripang, atau dikenal juga sebagai timun laut. Gamat merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam kelas Holothuroidea. Teripang memiliki spesies hingga ribuan jenis. Teripang memiliki kandungan zat aktif, yaitu kolagen, glukosamin, dan kondroitin, yang berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan antikarsinogenik. 


Selain itu, teripang/gamat juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi, mempercepat penyembuhan luka, dan membantu pertumbuhan tulang rawan di dalam tubuh. Jadi, inilah bahan penting yang membuat susu etawarich disebut sebagai susu nyeri sendi atau susu untuk pengeroposan tulang.


6. Daun sirsak

Daun sirsak ternyata memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, seperti vitamin C, folat sebagai zat gizi penting untuk kehamilan, dan beberapa mineral yang efektif sebagai antioksidan. Daun sirsak banyak dipercaya mampu mengobat beberapa penyakit. 



Manfaat Susu etawarich

Nah, dari bukti literatur dan jurnal ilmiah yang saya baca, 6 kandungan utama etawarich yang sudah dijelaskan di atas, tentunya masuk akal jika susu etawarich menawarkan berbagai manfaat yang lengkap paripurna. Beberapa manfaat tersebut di antaranya: 


Khasiat susu kambing etawarich sebagai susu nyeri sendi
Khasiat susu kambing etawarich untuk masa depan sehat dan bahagia.


1. Membantu mengatasi penyakit saluran pernapasan

Inilah salah satu manfaat yang saya butuhkan ketika memilih etawarich. Sebagai penderita asma, saya percaya bahwa dari 6 kandungan utama tadi sebagian besar berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi. 


Penderita asma mengalami peradangan di area saluran napas atas sehingga membuatnya kesulitan melakukan inspirasi dan ekspirasi saat proses pernapasan. Dengan khasiat susu kambing etawarich, maka 6 kandungan utama tadi tentunya bersinergi meredakan inflamasi/peradangan di saluran napas atas, sehingga kondisi asma yang terjadi dapat lekas teratasi. 


2. Membantu melancarkan saluran pencernaan

Di atas sudah sempat disinggung, bahwa molekul protein pada susu kambing etawa memiliki ukuran lebih kecil. Hal ini memungkinkan susu etawarich lebih mudah cerna dan mudah diserap tubuh, maka proses pencernaan pun lancar. 


Manfaat untuk melancarkan saluran pencernaan ini sangat penting, terutama untuk memelihara kesehatan pada orang kelompok usia rentan dan berisiko tinggi, seperti lansia, anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Jadi, buat para lansia, anak-anak, bumil, dan busui tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi susu kambing etawa etawarich ini, insyaAllah aman.


3. Menjaga kesehatan jantung dan memantau kadar kolesterol tetap normal

Selain ukuran molekul proteinnya, lemak yang dikandung susu etawarich juga memiliki ukuran lebih pendek. Kandungan susu etawa memiliki asam lemak tak jenuh dengan rantai pendek dan sedang. Hal inilah yang dapat membantu memantau kadar kolesterol tubuh tetap normal, dengan cara menurunkan LDL kolesterol dan menaikkan HDL kolesterol. 


4. Membantu mengatasi radang sendi, asam urat, dan pengeroposan tulang

Kandungan daun sirsak dalam etawarich mampu mengatasi asam urat dan peradangan sendi. Dari 6 kandungan susu etawa itu tadi, sebagian besar juga berfungsi sebagai antiinflamasi, yang berarti dapat meredakan radang sendi serta asam urat.


Pada akhirnya, ketika peradangan berhasil diatasi, maka dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Jadi, pantas saja susu etawarich selama ini terkenal sebagai susu untuk kesehatan, susu tulang keropos, dan susu nyeri sendi karena dapat mencegah terjadinya pengapuran tulang yang berlebihan. 



Aturan Minum Susu untuk Kesehatan etawarich

Nah, untuk dapat merasakan sekian banyak khasiat susu kambing etawarich, kita harus menyeduhnya dengan takaran yang benar, sesuai petunjuk di kemasan. Berikut ini tata cara penyajian susu etawarich yang benar:

  1. Gunakan cangkir kecil, agar takaran airnya pas.
  2. Tuang 1 sachet susu etawarich ke dalam cangkir kecil tadi.
  3. Tambahkan 120 ml air panas. Ingat ya, ukuran airnya harus pas 120 ml.
  4. Aduk hingga merata dan nikmati khasiatnya bagi kesehatan tubuh.


Aturan minum susu untuk kesehatan etawarich
Patuhi aturan minumnya, agar manfaat makin optimal dan rasa lebih nikmat.


Hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran air panas yang digunakan, jangan melebihi tata cara penyajian yang dianjurkan. Mengapa? Tentunya kalian ingin mendapat khasiat dan manfaat susu etawarich secara optimal, kan. Maka, patuhilah aturan penyajian yang disarankan. Selain itu, jika kalian menyeduhnya dengan takaran air panas yang melebihi aturan, maka rasa susu kambing etawa etawarich kalian bisa saja hambar dan kurang nikmat, dong. 



Susu etawarich Beli di Mana?

O iya, kalian bisa membeli susu etawarich dari distributor resmi agar mendapat produk yang asli/original. Jangan sampai membeli produk palsu/tiruan. Distributor resmi produk etawarich bisa diakses melalui e-commerce etawarich official store di Tokopedia, Shopee, Tiktok, dan Whatsapp. Tunggu apa lagi? Cusss checkout susu etawarich sekarang juga, demi masa depan yang lebih sehat dan bahagia. 



Penutup 

Gimana, sudah yakin untuk mengonsumsi susu kambing etawarich? Atau masih galau dan ingin baca lebih banyak info lagi tentang manfaat susu kambing etawa? Kalian bisa mengakses website resmi etawarich untuk mendapatkan berbagai artikel kesehatan yang menarik dan tentunya bermanfaat. 


Website resmi etawarich susu tulang keropos
Berbagai artikel kesehatan bermanfaat di website resmi etawarich.


Masih ragu adanya efek samping setelah minum susu etawarich? Perlu diingat ya, susu kambing etawarich ini aman banget dikonsumsi untuk segala usia, terutama sebagai susu untuk kesehatan atau susu nyeri sendi untuk mengatasi radang sendi yang kerap diderita kaum lansia yang harus dipantau kesehatannya. 


Susu untuk kesehatan ini bagus juga dikonsumsi para remaja jompo. Kenapa ada remaja jompo? Ya, di era digital ini mulai bermunculan remaja jompo, usia muda tapi kondisi kesehatan menyerupai lansia. Semua itu karena orang zaman sekarang terbiasa menjalani sedentary lifestyle, gaya hidup kurang gerak/olahraga. 


Yuk, segera mengonsumsi susu kambing etawarich sebagai antisipasi jika ada pengapuran tulang di masa depan, susu ini juga dikenal sebagai susu untuk pengeroposan tulang. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati, kan! Thank you for reading! 






Referensi:

-Dewi, Ratnasari. 2018. Analisis Kandungan Zat Gizi dan Total Uji Cemaran Susu Kambing Peranakan Ettawa yang Dikonsumsi oleh Ibu Hamil dan Anak-anak. Jurnal Media Farmasi: Vol. XIV No. 1


-Widodo, Rachmawati, Afina V., Chulaila, Rina., et.al. 2012. Produksi dan Evaluasi Kualitas Susu Bubuk Asal Kambing Peranakan Ettawa. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan: Vol XXIII, No. 2. 


-https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/63-10-manfaat-super-susu-kambing-etawa-bagi-kesehatan/


31 comments on "Manfaat Susu Kambing etawarich untuk Penderita Asma"

  1. Banyak juga manfaatnya susu kambing ini. Bisa saya rekomendasikan ke teman yang punya penyakit asma, moga bisa baikan

    ReplyDelete
  2. Wow, jujur belum pernah coba minum susu kambing etawa ini, hanya berangan-angan aja. Cuz ke e-commerce deh yaa.

    ReplyDelete
  3. Aku juga pakai dan konsumsi ini etawarich. Khasiatnya banyak banget apalagi buat kesehatan tulang. Dan bisa mencegah nyeri sendi juga.

    ReplyDelete
  4. mantaaf susu etawarich ini memang sangat banyak ya, Mbak. termausk untuk penyakit asma. ini karena terbuat dari 98% susu kambing, dan juga beraham kandungan bermanfaat lainnya. termasuk memakai stevia yang merupakan gula alami.

    ReplyDelete
  5. Biar gak terbeli yang tiruan memang sebaiknya di official-nya, agar lebih aman dan bisa mendapatkan manfaatnya sehingga tubuh jadi lebih fit

    ReplyDelete
  6. Kondisi cuaca emang beneran galau dan bikin ping pong sakitnya gantian. Untung lho ada susu kesehatan etawarich ini, bisa meningkatkan daya tahan tubuh juga. Apalagi banunya ngga prengus. Dijamin anak-anak bakal suka. Cocok juga buat melancarkan system pencernaan.

    ReplyDelete
  7. Masya Allah manfaatnya bisa untuk menyembuhkan asma ya. Banyak sekali manfaatnya jadi makin yakin sama susu etawarich untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

    ReplyDelete
  8. Wah...bisa untuk asmatis yah? Anakku ada asma bronchitis nih. Kumatnya kalau pas hawa dingin aja sih. Tapi bisa dicoba yah, aman ini kan. Bismillah, badannya jadi kuat & engga kumat-kumat asmanya

    ReplyDelete
  9. Anakku juga saat rutin konsumsi Susu kambing karena ada masalah kesehatan dan ikhtiar terbaiknya adalah konsumsi susu selain yang mengandung laktosa rendah.

    Dan seneng sekali, kini ada Susu etawarich yang kandungannya kalsium dan fosfor yang tinggi. Sehingga berperan dalam memperkuat tulang dan menjaga kelenturan persendian.

    ReplyDelete
  10. Bener-bener kaya manfaat ya susu kambing etawa ini. Biasanya ibuku aja sih yang rajin minum susu kambing etawa. Sekarang aku mau ikutan juga :))

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah ya, susu Etawarich ini benar2 membantu menjaga stamina saat ini. Kebetulan suka olahraga lari dan terkadang pas lari, ada hujan2 gitu. Pulang, minum ini. Alhamdulillah stamina terjaga (Talif)

    ReplyDelete
  12. Khasiatnya banyak bgt mba ditambah kandungannya. Hampir 98% susu kambing ya. Bagus untuk kesehatan.

    ReplyDelete
  13. aku di rekomendasikan buat coba etawarich karna sering nyeri sendi

    ReplyDelete
  14. Senangnya ya Mbak, nemu susu kambing yang tanpa bau prengus. Mbak yang intoleransi susu sapi juga jadi punya pilihan lain ya tuk bisa konsumsi susu apalagi etawarich bisa untuk prnyakit asma juga ya

    ReplyDelete
  15. Oooo rupanya produk Susu Kambing Etawarich ini menggunakan teknologi spray drying ya saat mengubah susu cairnya menjadi susu bubuk. Sudah begitu, selain 98% kandungan susu kambing, ada pula berbagai bahan tambahan yang diberikan untuk membuat susu etawa dari Etawarich makin berpotensi menjaga kesehatan konsumennya. Ih, mantap sih.

    ReplyDelete
  16. Tidak hanya untuk mengatasi pengeroposan tulang dan nyeri sendi, ternyata susu kambing etawa juga bermanfaat untuk mengatasi asma juga yaa. Banyak sekali manfaatnya

    ReplyDelete
  17. Wah, ternyata susu kambing etawarich ini memiliki kandungan yang bisa membantu para pendirita asma ya kak

    ReplyDelete
  18. Etawarich ini susu andalah keluarga buat jaga kesehatan terutama kesehatan tulang untuk yang suka nyeri sendi ya, Kak. apalagi kadnungan protein dan kalsiumnya sangat tinggi

    ReplyDelete
  19. pas baca cuaca galau aku mikirnya wah cuaca udah kayak suasana hati perempuan ya hehehe. tapi emang bener sih perubahan cuaca yang terjadi akhir akhir ini memang bikin badan ga enak dan daya tahan tubuh kalo ga pas lagi oke akanmudah terserang flu pusing dan lain sebagainya

    ReplyDelete
  20. Aku takjub ama manfaat susu kambing etawarich ini. Kukira hanya bs mencegah pengeroposan tulang saja. Tapi ternyata sampe bisa menyembuhkan penyakit asma. Berarti kandungan nutrisi susu kambing etawarich ini emg komplit bgt sih. Harus minum rutin nih buat menjaga kesehatan tubuh kita dr berbagai macam penyakit.

    ReplyDelete
  21. Mbak Devi punya asma juga? Samaaa dong, kita. Pantes yaa, kita berdua awet kurus dan langsing. *eehh... kwkwkw 🤭
    Btw.. memang sehebat itu khasiat susu kambing, terutama susu kambing etawa. Awalnya aku juga khawatir aroma gak sedapnya, tapi ternyata produk etawarich sudah terbukti no prengus-prengus club. Apalagi bisa untuk mengurangi nyeri sendi. Tambah cinta deh sama produk ini.

    ReplyDelete
  22. Ahahah saya kesindir kak soalnya baru menginjak 30 tahun udah mulai kerasa jumpanya Untung aja ketemu sama susu etawarij ini yang bikin saya nggak sering nyeri sendi lagi

    ReplyDelete
  23. kayaknya produk etawarich lagi booming ya kak, kok beberapa kali liat sosmed pasti muncul nih iklan. boleh tahu selain khasiatnya utk penyakit asma apakah bisa utk hipertensi atau gula kak?

    ReplyDelete
  24. Benar sekali nih kak. Susu etawarich sangat bermanfaat untuk penderita Asma, Kaka sepupu saya yg punya Asma pun mengkonsumsi susu kambing etawa ini dan Alhamdulillah asmanya TDK pernah kambuh.

    ReplyDelete
  25. susu kambing kandungan vitamin D nya lebih banyak memang ya.. bagus nih diminum untuk wanita2 30an kya aku, hihi..

    ReplyDelete
  26. eh iya, ayah mertua saya alhamarhum selalu bilang kalau susu kambing bagus buat asma selain buat nyeri sendi. sayapun konsumsi dong karena selain buat asma juga bagus pencernaan. tapi gak kuat lama-lama minumnya karena aromanya itu loh. untunnya ada etawarich ya, bisa konsumsi susu kambing dengan nyaman nih

    ReplyDelete
  27. Bagi orang dengan intoleransi laktosa, susu kambing bisa jadi alternatif aman dalam konsumsi susu ya, Mbak. Terlebih lagi, susu kambing Etawarich kandungannya lengkap dan paling penting nggak bau prengus

    ReplyDelete
  28. tenyata nggak cuma buat tulang ya susu kambing etawarich ini juga bisa buat yang ada penyakit asma. bisa dicoba nih sebagai ikhtiar kesembuhan para penderita asma

    ReplyDelete
  29. wah susu kambing etawarich bisa jadi pilihan ya buat yang punya asma karena ada kandungan yang bisa mengatasi sakit asma

    ReplyDelete
  30. Susu kambing ini banyak manfaatnya ya mbak. Bahkan untuk penyakit seperti asma sekalipun. Ibu saya juga minum susu kambing utk obati nyeri sendi

    ReplyDelete
  31. Aku suka susu kambing nih, menurutku lebih enak dan gurih drpd susu sapi. Apalagi gizinya jg lebih oke. Kayaknya hrs mulai rutin konsumsi lg nih buat mencegah nyeri sendi dan tulang keropos, soalny udah mulai berumur euy.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.

Custom Post Signature