6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Custom Post Signature

Bookmark

Tutorial Membuat Review Buku yang Menarik

Review Buku yang Menarik dan Natural

Review buku merupakan salah satu hasil dari kegiatan literasi yang banyak dicari oleh para pecinta buku. Review buku merupakan kegiatan meringkas sekaligus mengupas tuntas dan menilai sebuah buku dari segi tampilan, isi, maupun pesan yang disampaikan.

Di artikel saya yang berjudul Perbedaan Resume Resensi dan Review Buku, saya menceritakan sekilas perbedaan ketiganya dari segi pengertian serta prosesnya. Kegiatan review buku ini sangat bermanfaat karena dapat membantu banyak orang, terutama para pecinta buku, untuk memutuskan buku mana yang layak dibeli dan dibaca. 


Review Buku yang Menarik dan Natural

Review buku yang banyak dicari pembaca biasanya yang menarik dan natural. Natural di sini maksudnya jujur apa adanya dan tidak melebih-lebihkan, bukan iklan banget, gitu. Menarik, maksudnya lebih ke komponen isi yang lengkap dan detail, tetapi tidak banyak memberi spoiler dan juga tidak membosankan. 

Nah, untuk membuat review buku yang menarik dan natural, ada cara/tahapan yang harus dilalui. Berikut ini tahap membuat review buku yang menarik, yaitu:

Tutorial Membuat Review Buku
6 Tahap Tutorial Membuat Review Buku yang Menarik dan Natural

A. Tuliskan Identitas Buku

Identitas buku penting untuk disampaikan di awal secara komplit. Hal ini agar pembaca ada gambaran awal, buku apa yang sedang dibahas. 

Identitas buku ini meliputi:

  1. Judul buku.
  2. Nama penulis beserta profilnya.
  3. Nama penerbit dan tahun terbitnya.
  4. Nomor ISBN/QRCBN.
  5. Genre/tema buku.
  6. Jumlah halaman.
  7. Harga buku.

Setelah pembaca mengenal buku tersebut dari identitasnya, maka pembaca akan semakin tertarik untuk membaca review buku tersebut lebih lanjut. Setidaknya, pembaca ada gambaran sekilas tentang buku tersebut.


B. Cek Daftar Isi dan Blurb/Sinopsis

Daftar isi dan blurb/sinopsis ini dua hal penting yang biasanya saya cek ketika pertama kali memegang buku baru. Biasanya, ketika pertama kali melihat buku baru, saya melihat desain kover dan judulnya, apakah membuat saya tertarik atau tidak.

Setelah tertarik pada desain kover dan judulnya, maka saya mulai membaca kover bagian belakang yang biasanya berisi blurb/sinopsis. Jika blurb/sinopsis ini pun membuat saya tertarik dan penasaran, maka selanjutnya saya akan membuka halaman daftar isi.

Daftar isi seolah menggambarkan secara sekilas, apa yang akan kita dapatkan dan kita temui di dalam buku tersebut. Dari judul Bab yang tertera di daftar isi ini, pembaca dapat membayangkan kira-kira semenarik apa buku ini untuk dibaca. 


C. Membaca Kritis Isi Buku

Tahap ketiga ini saya sebut membaca kritis karena saat proses membaca, saya tidak sekadar membaca kemudian selesai dan melupakannya. Namun, saya berusaha untuk mengkritisi beberapa hal yang saya temui di dalam buku. 

Sambil membaca, biasanya saya akan menyiapkan kertas kecil/sticky note dan alat tulis. Alat tulis ini nantinya saya gunakan untuk mencatat dan menandai hal-hal penting yang akan menjadi highlight dalam review buku yang akan dibuat. 

Di tahap ini juga biasanya saya mulai merancang resume singkat tentang isi buku. Namun, perlu diingat bahwa resume singkat ini tidak boleh mengandung spoiler dan harus membuat pembaca penasaran untuk membaca bukunya langsung. 

 

D. Catat Kekurangan dan Kelebihan Buku

Dalam catatan saya pada proses ketiga di atas, biasanya meliputi hal-hal yang saya anggap kekurangan dan kelebihan buku. Termasuk juga keunikan dan hal-hal yang secara subjektif saya sukai dan tidak disukai. 

Di tahap keempat ini, kalian juga dapat membandingkan buku yang di-review tersebut dengan buku lain yang serupa, misalnya dari segi genre/tema, dll. Proses ini semacam benchmarking, yang nantinya dapat memperkaya sudut pandang hasil review yang kalian tulis. 


E. Ceritakan Teknik dan Gaya Penulisan

Di sini biasanya saya akan mengamati bagaimana teknik penulis menyajikan isi buku. Alur, setting, gaya penulisan, dan bahkan tata letak, juga tak luput dari pengamatan dan saya ceritakan dalam review buku.

Dalam membuat tahap kelima ini, saya berusaha menyelami pola pikir penulis dan menebak apa yang ingin disampaikan oleh penulis melalui bukunya. Di bagian ini pula saya menambahkan opini pribadi dan mengulas hal-hal yang menonjol dari isi buku. 


F. Beri Penilaian dan Rekomendasi

Nah, inilah tahap akhir dalam proses membuat review buku, yaitu penilaian dan rekomendasi. Bagian akhir ini nantinya melahirkan kesimpulan tentang buku tersebut. 

Beri penilaian yang menurut kalian pantas disematkan untuk buku tersebut. Kalian bisa menggunakan sistem bintang, seperti kebanyakan aplikasi zaman now untuk melakukan survei kepuasan konsumennya. 

Kalian juga bisa membandingkan antara harga jual dengan manfaat yang dapat diperoleh dari membaca buku tersebut. Kira-kira sepadan atau tidak. Apakah buku tersebut layak untuk segera dibeli dan dibaca atau tidak.

Penilaian di sini tentunya subjektif menurut kalian sebagai pembaca, ya. Kalian juga bisa berbagi pengalaman yang benar-benar kalian rasakan sesaat dan setelah membaca buku tersebut.

Jika ada hal yang harus diperbaiki pada buku tersebut, maka kita dapat memberi kritik dan saran bagi penulis atau penerbit. Harapannya, jika di waktu mendatang buku tersebut laris manis di pasaran dan mencapai cetak ulang, maka kritik dan saran dari kalian dapat membantu buku tersebut agar tampil makin sempurna di cetakan selanjutnya.

Selain kritik dan saran, kalian juga dapat merekomendasikan segmentasi pembaca yang sesuai untuk buku tersebut. Siapa saja orang yang kira-kira butuh membaca buku tersebut. 

Review Buku sebagai Media Promosi
Review buku dapat menjadi salah satu media promosi

Kesimpulan

Nah, itulah 6 tahap untuk membuat review buku yang menarik, natural, dan banyak dicari pembaca. Jika kalian pegiat literasi dan kutu buku banget nih, pasti kalian enjoy membuat review buku, yang nantinya dapat membantu banyak pembaca lain untuk menentukan pilihan buku apa yang akan dibaca selanjutnya. 

By the way, kalian sudah pernah membuat review buku apa saja? Ceritakan di komen, yuk!

Post a Comment

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.