6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Custom Post Signature

Bookmark

Perbedaan Resume, Resensi, dan Review Buku

Perbedaan Resume Resensi Review

Kalau kalian pecinta buku, maka pasti sudah tidak asing dengan aktivitas satu ini, yaitu membaca buku. Dari aktivitas membaca buku, maka akan muncul 3 kegiatan literasi turunannya yang serupa tapi tak sama, yaitu resume buku, resensi buku, dan review buku. Apa perbedaan ketiganya? Let's check this out!


Resume Buku

Resume buku dapat diartikan sebagai kegiatan merangkum/meringkas isi buku. Tujuannya untuk mendapatkan poin penting atau intisari dari buku tersebut. 

Hal yang tidak boleh dilakukan dalam kegiatan resume buku adalah memberi pendapat/opini pribadi terhadap isi buku tersebut. Tugas kita hanya meringkas/merangkum, tanpa perlu menilai/mengomentari. Isi resume adalah murni dari buku tersebut, bukan dari opini kita.

Cara Membuat Resume Buku
(sumber : Canva Pro)

Untuk membuat resume buku, kita butuh buku bacaan yang akan diringkas, kemudian alat tulis (termasuk sticky note juga) untuk menandai bagian-bagian penting dalam buku yang akan diambil sebagai poin utama/gagasan utama dari tiap bab buku tersebut. Kemudian susunlah poin penting dalam tiap Bab buku menjadi rangkaian kalimat-kalimat efektif yang mudah dipahami pembaca.


Resensi Buku

Resensi buku merupakan kegiatan menilai, mengevaluasi, atau menimbang sebuah buku dari segi kelebihan dan kekurangan, serta poin penting lainnya. Resensi buku biasanya dilakukan oleh kritikus atau ahli di bidang yang relevan dengan isi buku. 

Dalam resensi buku, kita harus mengupas dan menilai lebih mendalam secara objektif berdasarkan kualitas asli buku. Resensi buku tidak merangkum/meringkas isi buku, hanya menilai kualitas bukunya. 

Fokus pendekatan resensi buku untuk menggali lebih mendalam tentang tema, isi, dan pesan yang ingin disampaikan oleh buku tersebut. 

(sumber : Canva Pro)

Review Buku

Review buku merupakan tulisan yang paling dicari oleh para kutu buku. Terutama setelah menyelesaikan bacaan 1 buku dan saatnya beralih mencari buku lain, biasanya pembaca akan mulai mencari-cari review buku yang menarik. Salah satu contohnya, review buku yang berjudul Agar Suami Tak Mendua.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), review atau dalam bahasa Indonesia yang baku disebut reviu merupakan kupasan, tafsiran, komentar, dan penilaian atas sebuah karya. Dalam hal ini saya khususkan pada karya yang berupa buku. 

Jadi, review buku di sini dapat diartikan sebagai kegiatan meringkas sekaligus mengupas tuntas dan menilai sebuah buku, berdasarkan pengalaman pembaca sendiri. Muara dari kegiatan review buku ini nantinya muncul sebagai rekomendasi tentang buku tersebut, layak atau tidak untuk dibeli dan dibaca. Contoh review buku yang pernah saya posting sebelumnya di blog ini adalah review novel Perempuan Penyulam Sabar

Review buku sifatnya lebih subjektif karena terpengaruh oleh preferensi masing-masing orang yang me-review. Review buku lebih mengedepankan pengalaman pembaca atau kepuasan pembaca setelah membaca buku tersebut. 


Penutup

Nah, itulah perbedaan antara resume buku, resensi buku, dan review buku. Setelah ini, jangan salah sebut lagi, ya. By the way, di tulisan selanjutnya, saya akan membahas tuntas tentang cara membuat review buku yang menarik dan digemari pembaca. Stay tuned di blog ini, ya! 

Post a Comment

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.