6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Custom Post Signature

Bookmark

Kelas Gratis BRT Network, Bukan Kelas Biasa

 

Kelas Gratis BRT Network untuk optimasi blog makin keren
Kelas BRT Network, memang bukan kelas biasa


Alhamdulillah, setelah Juni lalu saya ketiban rezeki nomplok bisa ikutan Kelas Gratis BRT-SEO Class dan sudah menikmati manfaatnya seperti DA naik dari awalnya 4, menjadi 17. Nah, bulan ini saya mendapat rezeki lagi untuk mengikuti kelas gratis BRT Network ini. Seperti apa keseruan kelas kali ini? Cekidot, gaes!


Kelas Gratis BRT Network Desember

Di bulan Desember ini, BRT Network kembali mengadakan kelas gratis untuk optimasi blog. Masyaallah, baik banget ya pemilik BRT Network ini. Menurut mereka, ilmu itu ketika dipraktikkan dan diajarkan pada orang lain, maka akan membuat pemahaman semakin baik serta melekat di ingatan. Setuju banget, nih!


Setelah Juni lalu saya ikut kelas serupa, lantas mengapa sekarang masih ingin ikut lagi? Begini alasannya...


Alasan pertama saya tertarik ikut kelas Desember ini karena di kelas Juni lalu saya merasa tidak fokus dan belum optimal saat mengikuti kelas. Hal ini karena saat itu dua anak saya sakit secara bersamaan. Saya masih ingat saat Juni lalu, mengikuti materi GMeet di minggu ke-3 bersama Coach Priyo, saya sambil memegangi baskom di sebelah laptop karena anak saya sedang muntah-muntah parah. Benar-benar perjuangan.


Alasan kedua karena materi Kelas Gratis BRT Network ini 'daging' semua. Melihat materi di kelas Juni lalu dan besarnya manfaat yang saya dapatkan setelahnya, saya jadi lebih bersemangat untuk ikut lagi. Saya ingin mengoptimalkan kesempatan kali ini untuk mengikuti kelas lebih fokus. 


Materi di Kelas Gratis BRT Network Desember

Sebenarnya materi gak jauh berbeda dengan kelas BRT-SEO Juni. Namun, proses dan mekanismenya yang beda dan jauh lebih menantang. Kalau di kelas Juni lalu peserta berjuang sendiri untuk kepentingan blog masing-masing. Maka di kelas Desember ini, setiap peserta tidak hanya berusaha untuk memperjuangkan blognya sendiri, tetapi juga berjuang bersama membantu teman sekelompok. Lebih berat, kan?


Setiap kelompok terdiri dari 6 - 7 orang. Menurut aturan kelas, teman satu kelompok harus saling membantu case yang dialami anggota kelompoknya. Jika ada 1 orang tidak lolos, maka yang akan kena kick keluar dari kelas adalah seluruh anggota kelompok tersebut. Wah, bikin deg-degan, nih!


Materi mantap di minggu pertama Kelas BRT Desember
Materi di Minggu Pertama Kelas BRT Desember Cukup Mantap


Sampai minggu pertama ini, materi yang sudah dibahas oleh para Coach, di antaranya:

  1. Mengecek SSL dan Robots Txt.
  2. Memperbaiki Struktur Blog Menggunakan Indikator di META SEO Inspector (termasuk common, openGraph, dan header).
  3. Mengulik materi 18 parameter SEO ala BRT Network.
  4. Materi Google Analytic dan Google Search Console.


Opini Teman Sekelompok

Hasil pembagian kelompok dari para Coach, saya masuk kelompok A. Awalnya beranggotakan 7 orang, kemudian setelah beberapa hari berkurang 2 orang karena alasan khusus, mereka mengundurkan diri. Alhamdulillah kemudian mendapat tambahan 2 orang lagi. Jadi, kelompok A tetap utuh berisi 7 orang.


Saya bersyukur mendapat kelompok A yang kompak ini. Semua anggotanya friendly dan dapat bekerja sama dengan baik. Jadi, merasa terbantu banget dengan diskusi-diskusi di kelompok A ini ketika menyelesaikan tugas.


April Fatmasari

Salah satu anggota kelompok A, yaitu Mbak April Fatmasari, yang sempat mengobrol via Whatsapp, berpendapat bahwa awalnya dia belum ada bayangan materi apa yang akan didapat di kelas ini. Dia sempat maju mundur mau daftar kelas ini atau tidak. Akhirnya, setelah masuk, ternyata sesuai bayangan dia, tentang penugasan dan deadline. 

"Rasanya masih deg-degan dipaksa untuk keluar zona nyaman, bahwa blogging bukan cuma posting tulisan saja." -April Fatmasari-

Menurut Mbak April, dia merasa kesulitan dalam hal utak-atik HTML karena sudah lama sekali tidak pernah menyentuh ranah coding. Namun, kalau rajin menyimak di grup dengan hati-hati, ada banyak ilmu dan solusi untuk masalah di blog. 


Mbak April juga sependapat dengan saya, bahwa adanya grup kecil (kelompok A) ini cukup banyak membantu proses belajar di kelas. Jadi bisa saling bertanya, berdiskusi, dan saling support serta menguatkan. 


Zulmiati

Salah satu teman di kelompok A yang juga sempat mengobrol via Whatsapp adalah Mbak Zulmiati. Menurut Mbak Zulmi, kelas gratis BRT Network Desember ini cukup menantang. Dia belajar banyak tentang dunia blogging serta berlatih menjadi pembelajar yang disiplin dan mandiri


Di awal sebelum mengikuti kelas, Mbak Zulmi hanya membayangkan akan belajar mengenai blog, tapi tepatnya seperti apa belum tahu. Setelah masuk, ternyata banyak sekali ilmunya dan sangat bermanfaat. 

"Untuk ilmunya sesuai bayangan saya di awal, tetapi untuk rules saya agak kaget. Jujur ini kelas paling sangar yang saya ikuti." -Zulmiati-


Selama mengikuti kelas, Mbak Zulmi merasa kesulitan dalam mengikuti dinamika chat grup yang sangat cepat. Solusinya, dia selalu menandai dengan bintang pada chat-chat penting yang berkaitan dengan materi utak-atik blog. Jika masih belum paham, Mbak Zulmi menanyakannya di grup kecil, yakni kelompok A ini. 


Mbak Zulmi pun merasakan manfaat yang sama seperti yang saya rasakan dengan adanya kelompok A, yakni dapat saling mendukung agar seluruh anggota kelompok dapat lulus bersama.


Berkenalan dengan Para Coach

Tak kenal maka tak sayang, tagline jadul itu rasanya masih relate dengan kondisi di Kelas Gratis BRT Network, makanya kita harus kenalan dulu dengan para mentor atau coach-nya. Di kelas Desember kali ini digawangi oleh 6 orang mentor atau sebutan kerennya Coach, yang memiliki keahlian mumpuni di bidangnya masing-masing.


Di sini, saya tidak akan membahas panjang lebar, silakan teman-teman baca ulasan singkatnya di gambar berikut, ya.


Berkenalan dengan Para Coach Kelas BRT Desember Berkenalan dengan Para Coach di Kelas Gratis BRT Network
Profil para Coach di Kelas BRT Network Desember ini


Nah, dari 6 coach di atas, menurut saya pribadi tidak ada yang paling banyak membantu, tetapi semua Coach sama besar perannya dalam membantu progress kemajuan saya selama di kelas. Mengapa?

Karena semua coach (tanpa terkecuali) pro-aktif turun tangan menjawab semua pertanyaan dan membantu mengarahkan peserta menyelesaikan permasalahan blognya, tanpa tebang pilih. Salut memang buat para Coach di kelas ini.


Kesimpulan

Jadi, mengapa saya beri judul tulisan ini dengan "Kelas Gratis BRT Network, Bukan Kelas Biasa," ada yang tahu? Karena menurut saya, ini kelas yang luar biasa. Luar biasa perjuangan untuk mengikutinya, luar biasa untuk bertahan di dalam kelasnya sampai lulus (takut tereliminasi, hiks), dan luar biasa manfaat yang diperoleh jika ilmu-ilmu di kelas tersebut diterapkan.


Saya benar-benar belajar bagaimana struktur blog yang baik agar teroptimasi dengan tepat, ya melalui kelas BRT ini. Saya belajar segala parameter SEO agar tulisan kita cepat terindeks di Google atau bahkan nangkring di page one, ya melalui kelas BRT ini pula.


Jadi, kesimpulannya jika ada info kelas BRT, entah itu gratis atau berbayar, jangan tunda lagi, segera ikut dan niatkan untuk benar-benar fokus menerapkan ilmunya, karena ini bukan kelas biasa, tapi luar biasa. Percaya, deh!



48 comments

48 comments

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.
  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati
    December 20, 2021 10:13 PM
    aku ikut kelas ini mbak. dan memang ilmunya nggak main-main. Meski harus bergadang, syukur bisa kebawa kelas ini
    Reply
  • Happy Dyah
    Happy Dyah
    December 20, 2021 2:50 PM
    Mantap nih kelas BRT. Tahun lalu udah ikutan selama sebulan. Mneyenangkan DA bisa naik tapi tegang abis haha.
    Reply
  • Asih Mufisya
    Asih Mufisya
    December 20, 2021 12:07 AM
    Kelas BRT memang sudah dikenal kelas yang penuh tantangan dan luar biasa rasanya. Mentornya bukan sembarang orang tapi yang memang ahli di dunia blogging. Salut sama semangatnya Mbak, terus berjuang sampai ikut lagi bulan Desember ini.
    Reply
  • Lailatul Istiqomah, S.M
    Lailatul Istiqomah, S.M
    December 19, 2021 3:32 PM
    Kelas BRT. Bukan sembarangan kelas. Keren banget. Pengalaman ilmunya benar-benar daging semua.
    Reply
  • Nimas Achsani
    Nimas Achsani
    December 19, 2021 4:06 AM
    mbak devi, keren ih bisa bertahan sampai sejauh ini, yuk ah aku mau banget dibagi ilmunya nih
    Reply
  • Zulmi
    Zulmi
    December 18, 2021 11:52 PM
    Kelas keren yang diampu coach2 ahli yg hebat..
    Ah beruntung ya mbak bisa belajar di kelas BRT..
    Moga lulus samlai akhir ya mba
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    December 18, 2021 3:08 PM
    kelas yang punya paket lengkap deh BRT Network ini.
    gak cuma belajar blog tapi juga tentang disiplin dan kerja sama, bagaimana kita tidak egois pentingkan diri sendiri :D

    sama dengan Mbak April tuh, saya juga selalu bintangin yang relate sama case saya biar bisa langsung diutak atik dulu sebelum bertanya :D
    Reply
  • duniamasak
    duniamasak
    December 17, 2021 10:48 AM
    wah keren banget kelasnya, jadi pengen ikutan :D
    Reply
  • Muhammad Patintingan
    Muhammad Patintingan
    December 16, 2021 4:05 PM
    Setuju Mbak karena menurut saya, selain ilmu blogging nya yang luar biasa, kelas ini mengajarkan tentang kedisiplinan. Minimal belajar tepat waktu.
    Reply
  • Annisa Tang
    Annisa Tang
    December 15, 2021 7:23 AM
    Betul banget Mbak, bukan kelas biasa. Apalagi katanya kalau mau ikutan bakal diseleksi dulu ya? Wah keren banget. Beruntung sekali ya yang lolos buat ikut kelasnya.
    Reply
  • Ainhy E
    Ainhy E
    December 15, 2021 6:14 AM
    Kelasnya gratis tapi ilmunya daging semua, Alhamdulillah udah pernah ikutan tp pengen ikutan lg hhhhh
    Reply
  • umimami
    umimami
    December 14, 2021 11:46 PM
    coachnya keren keren ya, dan ilmunya mantep, jadi ingin ikut walau degdeg an bisa gak ya menyelesaikan tugasnya diantara tumpukan tugas emak^_^
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    December 14, 2021 10:59 PM
    Kak Monic dan rekan-rekan sangat memikirkan sekali konsep kelas BRT ini yaa..
    Aku salut dengan beliau-beliau, para coach.
    Semoga limpahan keberkahan untuk para coach dengan ilmunya yang sangat dibutuhkan di dunia bloger.
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    December 14, 2021 10:55 PM
    Seru kelasnya yaa... kalau emang bener bener niat ngikutin dan rajin nyekrol, banyak banget ilmu yang didapat...
    Reply
  • rhehanluvly
    rhehanluvly
    December 14, 2021 9:27 PM
    Semangat belajar kakak! Aku dulu alumni kelas Juni. Hasilnya bagus sih jadi paham bikin ijo daleman blog mesti gimana. Mau ikut yg Desember sadar diri lagi repot ama kerjaan. Moga next class ada jodoh kalau diadakan lagi
    Reply
  • Santi Suhermina
    Santi Suhermina
    December 14, 2021 8:50 PM
    Wah perjuangan banget ya kelasnya mbak. Tp hasilnya juga sepadan sih. Bikin performa blog jadi makin maknyus. Semoga bertahan ampe akhir ya. Semangat mb
    Reply
  • Sapti nurul hidayati
    Sapti nurul hidayati
    December 14, 2021 8:30 PM
    Seru memang kelas BRT ini. Rasanya nano-nano, seneng, deg-degan, bercampur jadi satu. Semoga bertahan sampai akhir ya mbak...
    Reply
  • Wahid Priyono
    Wahid Priyono
    December 14, 2021 7:52 PM
    Keren banget ya kak ada kelas SEO BRT ini bagus untuk upgrade skill ngeblog dan pastinya dapet pengalaman banyak karena mau berkomunitas. Aamiin. Sukses selalu ya kak tuk bangun blognya...
    Reply
  • Artha Amalia
    Artha Amalia
    December 14, 2021 6:31 PM
    ikutan kelasnya gak cm gratis dg ilmu yg bejibun tapi jg dapat teman2 yaaa. mana kalo sekelompok kan jadinya sering interaksi dan sharing2, gak ngerasa sendiri
    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    December 14, 2021 6:11 PM
    Bersyukur sekali ya Mbak semua coach di kelas gratis BRT ngebantuin banget. Semua gercep bantuin memecahkan masalah peserta
    Reply
  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah
    December 14, 2021 4:35 PM
    Seru banget ya mba tapi mba kenapa gambarnya burem ya di hp aku jadi ga kebaca tuh profil coach nya
    Reply
  • Han
    Han
    December 14, 2021 4:32 PM
    Mantepp yakk. Aku jg ikutan tahun lalu. Kalau boleh dibilang sih isinya daging wagyu semua yaah hihi. Sukses terus kak!
    Reply
  • Zulmi
    Zulmi
    December 14, 2021 4:31 PM
    Seru kelasnya ya mbak,, Dan aku seneng berada di kelompok A,hehe
    Semoga bisa lulus dan mempraktikan semua ilmunya ya mba
    Plus performa blog menjadi semakin baik
    Reply
  • Dani Ristyawati
    Dani Ristyawati
    December 14, 2021 3:49 PM
    Selamat belajar ilmu bergizi dari para mastah blogger Indonesia ya....
    Reply
  • Zakia Widayanti
    Zakia Widayanti
    December 14, 2021 2:42 PM
    Masya Allah udah ikut dua kali ya mba, pastinya udah diluar kepala nih materinya. Aku merasa agak terseok-seok waktu ikut kelas ini. Semoga aja bisa lulus dan bertahan sampai akhir ya mba.
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    December 14, 2021 12:04 PM
    Seru yah kelasnya, kita jadi bisa tahu di mana kesalahan-kesalahn ngeblog yang selama ini sering ngga diperhatikan..
    Reply
  • Krismiyati Tasrin
    Krismiyati Tasrin
    December 14, 2021 10:47 AM
    Wah menarik juga ini. Penting buat para blogger untuk ingin mengoptimalkan kemanfaatan blognya.
    Reply
  • agus van jogja
    agus van jogja
    December 14, 2021 10:16 AM
    Wah keren nih. dulu saya kira yang bisa garap gini cuma programmer saja, tapi ternyata bisa belajar sendiri, bahkan dari rumah pula. Boleh ikut gak, Mbak?
    Reply
  • Mutia Ramadhani
    Mutia Ramadhani
    December 14, 2021 10:03 AM
    Materinya gak kaleng-kaleng, sampai mengecek SSL dan Robots Txt juga? Saya untuk GA dan GSC saja masih belum semuanya paham. Hihihi. Selamat untuk BRT.
    Reply
  • Widi Utami
    Widi Utami
    December 14, 2021 9:45 AM
    Gimana, Mbak, udah ubanan belum? Wkwkwkwk

    Ntar aku ajarin genti ya. Hihihi. Penasaran apa ada yang belum kuterapin di blog.
    Reply
  • nabilla - bundabiya.com
    nabilla - bundabiya.com
    December 14, 2021 9:24 AM
    ternyata dibagi2 lagi ke dalam grup2 kecil ya.. menarik banget. terus cerita di sini ya mba biar kami2 yang ga ikut kelas bisa ikutin updatenya
    Reply
  • Moch. Ferry
    Moch. Ferry
    December 14, 2021 9:12 AM
    Kelas BRT dibimbing tentor paham blogging, jadi senang karena akan menambah ketrampilan blogging
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    December 14, 2021 8:59 AM
    kalau dibikin per grup pastinya selain bisa saling bantu juga bisa saling mengenal sesama blogger yaa lewat kelas BRT ini
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    December 14, 2021 8:11 AM
    SSL kalau gak diperhatikan memang bisa berabe sih.
    Inginnya kan pas nulis domain aja udah langsung menuju blog kita ya. Siip nih ilmunya
    Reply
  • blogger parenting
    blogger parenting
    December 14, 2021 7:58 AM
    Yes, tadinya saya pikir blogger itu cuma nulis doank. Ternyata nulis pun harus memenuhi standar SEO. Belum lagi harus tau coding juga walau dasar. Sayangnya saya belum maksimal ikutan kelas BRT.
    Reply
  • Nurul afiati
    Nurul afiati
    December 14, 2021 7:28 AM
    Iya kelas BRT ini memang luar biasa. Banyak ilmunya dan bermanfaat buat langkah para blogger ke depannya
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    December 14, 2021 7:24 AM
    Kalau tidak ada syaratnya pasti banyak yang ikut. Banyak yang mandeg karena tidak bisa memenuhi persyaratan-persyaratan yang diajukannya.
    Salah satunya hehehe ...
    Reply
  • Iva C Wicha
    Iva C Wicha
    December 14, 2021 5:47 AM
    bener-bener kelas yang luar biasa ya, hebat bisa melewati tiap tugasnya lho..
    smoga bisa lulus bersama kita ya mba
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    December 14, 2021 5:39 AM
    Emang ya mbak
    materinya daging banget
    mentornya juga kece
    kelas BRT Network ini emang bukan kelas biasa
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    December 14, 2021 3:37 AM
    Asli luar biasa nih kelas. Selamat ya udah bisa masuk dan semoga keluar dengan performa blog yang terus meningkat
    Reply
  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro
    December 13, 2021 11:59 PM
    ngiriiii
    saya pernah daftar Kelas BRT Network sayang gak lolos
    beruntung alumnusnya diwajibkan menulis ya?
    sehingga saya kecipratan ilmunya
    Reply
  • hastinpratiwi.com
    hastinpratiwi.com
    December 13, 2021 11:03 PM
    Lanjutkannn, Ibookk cantik salihah... wkwkwkwk
    Reply
  • Shinta Shyntako
    Shinta Shyntako
    December 13, 2021 10:05 PM
    pastinya mba bukan kelas sembarang kelas, tapi kelas daging banget buat para blogger, banyak ilmunyaaa tuh
    Reply
  • Reyne Raea
    Reyne Raea
    December 13, 2021 10:01 PM
    Setuju banget sih saya, menurut saya, kelas BRT ini bukan semata mengajarkan tentang blogger jadi ngerti teknologi, tapi yang paling penting adalah disiplin dan konsisten, semoga bisa bertahan sampai akhir kelas ya :)
    Semangat
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    December 13, 2021 9:54 PM
    wah iya, klo ikutan kelas gratis dari BRT Network ini emang bukan kelas biasa ya mbak
    Materinya aplikatif banget
    Reply
  • Dennise Sihombing
    Dennise Sihombing
    December 13, 2021 8:42 PM
    Menarik sekali penjelasan bunda tentang kelas Gratis BRT Network,beruntung ya berkesempatan menimba ilmu
    Reply
  • Rania Fardyani
    Rania Fardyani
    December 13, 2021 3:21 PM
    Aku pun udah ketiga kalinya ikut kelas di BRT
    Kayak ada nagih-nagihnya gitu ya, hehehe
    Aku ga sempet ikut yang BRT Juni, Alhamdulillah masih bisa ikut yang Desember
    Reply
  • rhehanluvly
    rhehanluvly
    December 13, 2021 1:11 PM
    Semangat belajarnya kak! Aku alumni kelas Juni jadi paham banyak hal seputar blogging yang sebelumnya nggak aku tau. Mau ikutan kelas Desember lagi repot sama kerjaan. Moga jodoh next class
    Reply