Sekolah Daring Makin Asyik dengan ASUS Chromebook Flip C214MA

Siap Hadapi Tantangan Semester Baru di Era Pandemi Covid-19 dengan ASUS Chromebook Flip C214MA

 

Assalamualaikum Sobat Bunda...


Di penghujung 2020 ini, kurang lebih sudah 9 bulan lamanya kita mengalami masa pandemi Covid-19. Tak dapat dimungkiri, bahwa banyak sekali perubahan yang terjadi di berbagai lini kehidupan masyarakat, termasuk saya sendiri.


Perkembangan pandemi sebulan terakhir (Desember 2020) cukup mengkhawatirkan, menurut saya. Mengapa? Karena di negera ini, pandemi gelombang pertama belumlah usai kita hadapi dan kita atasi, kemudian sudah menyusul gelombang kedua, yang kabarnya virus telah bermutasi menjadi 10x lipat lebih cepat penularannya. Meski kita belum tahu seberapa besar derajat keganasan penyakit yang disebabkan oleh virus yang bermutasi ini. Namun, tetap saja mengkhawatirkan, karena ini berarti jika penularan 10x lebih cepat, maka jumlah orang yang terinfeksi akan lebih banyak pula.


Mengingat kondisi tersebut, tidak berlebihan kiranya jika kita wajib meningkatkan kewaspadaan dan berusaha sekuat tenaga untuk tetap melindungi dan menjaga kesehatan seluruh keluarga dengan menjalankan protokol kesehatan yang lebih disiplin dan ketat.


Hal ini juga berimbas pada dunia pendidikan tentunya. Pada 20 November 2020 lalu, Kemdikbud mengeluarkan SKB (Surat Keputusan Bersama) dari 4 kementerian, yakni Kemdikbud, Kemenag, Kemenkes, dan Kemendagri, yang intinya memberikan kewenangan penuh pada Pemerintah Daerah untuk menentukan izin pembelajaran tatap muka pada semester genap tahun akademik 2020/2021, yakni di bulan Januari 2021 mendatang. Lalu, dengan kondisi pandemi yang makin mengkhawatirkan di bulan Desember seperti ini, apakah yakin akan mengizinkan anak-anak untuk mengikuti pembelajaran tatap muka bulan depan?


Saya pribadi cukup khawatir dan belum tega untuk memberikan izin pembelajaran tatap muka di sekolah pada anak saya. Alhamdulillah, pihak sekolah anak saya memberikan kebebasan pihak orang tua yang menentukan, apakah akan ikut tatap muka (2x seminggu) atau tetap full daring dari rumah.


Jika pembelajaran jarak jauh (PJJ) tetap berlangsung, itu artinya kita membutuhkan perangkat dengan kualitas mumpuni, tetapi dengan harga yang terjangkau kantong semua kalangan. Menurut saya, ASUS Chromebook Flip C214MA inilah jawabannya.


ASUS CHROMEBOOK FLIP C214MA

Dari sekian banyak laptop yang beredar di pasaran, saya merekomendasikan ASUS Chromebook Flip C214MA ini yang paling mumpuni dan cocok untuk dipakai anak usia sekolah (terutama usia TK dan SD) dalam proses PJJ. Mengapa? Karena ASUS Chromebook Flip C214MA ini memiliki banyak sekali fitur unggul yang sangat sesuai dengan kebutuhan para siswa maupun guru dalam proses PJJ. Di antaranya:


Durability (Ketahanan)

Dari segi ketahanan, produk ASUS Chromebook Flip C214MA ini memiliki ketahanan yang mumpuni dan telah melalui 7 jenis tes dalam tahap pengujiannya. 

Tujuh Tahap Pengujian ASUS Chromebook Flip C214MA
Tujuh Tahap Pengujian Ketahanan Produk ASUS Chromebook Flip C214MA
(Sumber: ASUS.com)


ASUS Chromebook Flip C214MA ini telah melalui Drop Test, dijatuhkan dari ketinggian 120cm dengan kekuatan tertentu, produk tersebut masih bisa nyala dan berfungsi dengan normal. Kemungkinan terjadinya kecelakaan saat laptop dipegang cukup tinggi, terutama pada anak. Oleh karena itu, cocok banget produk ASUS Chromebook Flip C214MA ini digunakan oleh anak usia sekolah, karena pada umumnya anak usia sekolah (apalagi usia SD), belum bisa menjaga barangnya dengan sangat teliti dan hati-hati.


Kemudian tes selanjutnya yakni Hinge Test. Telah dilakukan tes buka-tutup laptop sebanyak 50.000 kali, dan engsel laptop ini tetap mulus dan berfungsi normal. Sekali lagi tes ini menunjukkan bahwa produk tersebut sangat cocok untuk anak usia sekolah. Tentunya para orang tua sangat paham bagaimana curiosity seorang anak, misalnya di usia 10 tahun. Mereka akan terus mengulik, menyentuh, serta mencoba menggerakan bagian-bagian laptop tanpa kenal lelah, termasuk membuka tutup berkali-kali. 


Port Durability Test juga dilakukan pada produk ASUS Chromebook Flip C214MA ini sebanyak 5000 kali. Hal tersebut untuk memastikan ketahanan port pada proses I/O (in/out). Hasilnya, produk tersebut tetap berfungsi normal. Jadi, tak perlu khawatir jika si kecil memainkan port USB atau bolak-balik menggunakan port tersebut.


Selanjutnya, Panel Pressure Test. Tes ini menggunakan beban seberat 30 kg untuk menekan produk ASUS Chromebook Flip C214MA. Hasilnya sungguh mengagumkan, tidak ada kerusakan apapun yang disebabkan pengujian dengan beban 30kg tersebut, laptop tetap berfungsi normal. Itu artinya, jika anak kita tidak sengaja menindih laptop tersebut dalam aktivitas bermain saat di sekolah atau di rumah, insya Allah tetap aman dan laptop dapat berfungsi normal.


Nah, yang cukup penting juga adalah Keyboard Durability Test. Tes ini memastikan keyboard tidak cepat rusak atau aus jika mengalami proses penekanan hingga 10juta kali, selama pemakaian dengan jangka waktu tertentu. Hasilnya, keyboard tetap utuh dan mulus, serta berfungsi normal. Sekadar berbagi pengalaman pribadi nih, anak pertama saya sejak balita jadi suka sekali bermain dengan keyboard laptop maupun PC, mungkin karena dalam kesehariannya melihat Ayah dan Bunda selalu bekerja di depan laptop. Bahkan di usianya yang baru 2 tahun saat itu, dia sudah merusak 2 keyboard laptop dan PC kami. Mungkin dia suka dengan bunyinya dan sensasi pencet sana-sini dengan aneka huruf dan simbol-simbol menarik bagi anak seusianya. Seandainya saat itu sudah ada ASUS Chromebook Flip C214MA ini, kemungkinan saya tidak perlu berkali-kali mengganti keyboard laptop dan PC di rumah, hehe.


Hal yang juga sangat penting untuk diketahui, bahwa produk ASUS Chromebook Flip C214MA ini telah melalui Spill Resistant Test. Tahu sendiri kan, anak kecil masih seringkali menumpahkan sesuatu yang dipegangnya karena kondisi koordinasi otot dan fokusnya belum terlalu stabil, ditambah lagi dengan ukuran tangan yang masih imut, membuat risiko menjatuhkan sesuatu menjadi lebih besar di usia-usia TK dan SD. Dengan produk ASUS Chromebook Flip C214MA ini, orang tua tidak perlu khawatir karena laptop tersebut telah melalui tes dengan menumpahkan cairan sebanyak 66 cc di atas keyboard. Hasilnya, laptop tetap aman dan berfungsi normal. Luar biasa banget ya! Karena cairan kan biasanya musuhan banget dengan perangkat elektronik apalagi laptop. Namun, laptop satu ini memang beda.


Tes yang ketujuh adalah Twist Test. Rangka body laptop ASUS Chromebook Flip C214MA ini telah mengalami tes puntir sebanyak 50.000 kali untuk memastikan rangka tetap kokoh dan tidak berubah bentuk (mleyot). Hasilnya, sesuai harapan. Laptop tetap kokoh sesuai bentuk awalnya dan berfungsi normal, tidak ada kerusakan serta gangguan sedikit pun. Hebat, ya!


Fitur-Fitur Lainnya

Nah, itu dari segi ketahanannya laptopnya. Bagaimana dengan fitur-fitur lainnya? Tentunya tak kalah hebat, karena memang laptop ini ditujukan untuk pangsa pasar dunia pendidikan yang banyak melibatkan anak-anak. Berikut beberapa keunggulan fitur ASUS Chromebook Flip C214MA, antara lain:


Military Grade Standard

1. Military Grade

Dengan segala tes yang tergolong dalam Military Grade, yang meliputi: Altitude Test, Vibration Test, Temperature Test, Humidity Test, dan Drop Test, tentunya sudah tidak diragukan lagi kekuatan dan daya tahan laptop ASUS Chromebook Flip C214MA ini.


2. Layar Sentuh dan Body Anti-Scratch

Kekuatan Layar Sentuh ASUS Chromebook Flip C214MA
Layar sentuh ASUS Chromebook Flip C214MA ini dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3 yang mampu melindungi layar dari goresan yang berpotensi membuat layar rusak/pecah.

Selain itu, body bagian luar juga dilengkapi dengan tekstur 3D yang memungkinkan body aman dari goresan dan bekas sidik jari pengguna.


3. Engsel 360 Derajat

Engsel 360 derajat ini memungkinkan para siswa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih optimal, karena dapat menggunakannya dengan view dari segala arah dan segala posisi. Para Bunda yang sering menemani anak PJJ biasanya sudah paham nih. Anak yang PJJ, biasanya dari awal di pagi hari dapat duduk manis tertata rapi, hingga akhir pelajaran di siang hari bisa sampai tiduran, telentang, atau bahkan menelungkup (tengkurep), sesuka hati anak. Asalkan tetap semangat mengerjakan tugas dan menyimak penjelasan guru. Nah, ASUS Chromebook Flip C214MA ini mampu memfasilitasi hobi anak-anak yang butuh belajar dengan segala posisi.


4. Chrome Os

Salah satu fitur unggulan di ASUS Chromebook Flip C214MA adalah chrome os. Chrome OS ini sangat mudah dipelajari, tidak serumit Os Mac sebagai alternatif Windows. Jika Anda dapat berselancar menggunakan Google Chrome, maka bisa dipastikan Anda dapat mengoperasikan ASUS Chromebook Flip C214MA.


Dengan prosesnya yang berbasis internet dan terkoneksi dengan cloud, maka laptop ini memiliki sistem pengamanan (antivirus) yang sangat mumpuni, karena otomatis terupdate dan tersinkronisasi di semua perangkat Anda.


5. Baterai Tahan Lama

Baterai ASUS Chromebook Flip C214MA
Baterai ASUS Chromebook Flip C214MA ini juga cukup dapat diandalkan. Pasalnya baterainya dapat tahan selama 11 jam. Cocok banget untuk proses PJJ yang biasanya memakan banyak waktu di depan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas dan proses meeting bersama guru.


6. Ada Stylus Pen-nya!

Stylus Pen ASUS Chromebook Flip C214MANah, ini juga salah satu kegemaran anak-anak, ada stylus pen-nya. Anak mana yang tidak suka menggambar? Saya tebak pasti kebanyakan anak suka menggambar. Stylus pen ini seolah memfasilitasi kegemaran anak untuk menggambar dan mencorat-coret sesuka hati di ASUS Chromebook Flip C214MA. Proses belajar berjalan lancar dan kreativitas insya Allah juga terfasilitasi dengan baik. Selain itu, stylus pen bawaannya pun memiliki tempat tersendiri yang memungkinkan agar tersimpan dengan aman, tidak tercecer, atau berserakan.


Sebelum dipasarkan di Indonesia, Chromebook sudah dipasarkan di Amerika dengan target pasar sekolah-sekolah, sekitar tahun 2013. Menurut para siswa di sana, Chromebook cukup efektif dalam proses pembelajaran online, karena menggunakan penyimpanan berbasis cloud, yang selalu tersinkronisasi dalam semua perangkat yang terhubung dengan internet. Sehingga siswa dapat mengerjakan tugas-tugas sekolah kapan pun dan di manapun. Selain itu, adanya fitur Google Apps for Education (GAFE) membuat pihak sekolah dapat mengontrol segala aktivitas online para peserta didik di manapun berada, karena para siswa hanya dapat menggunakan aplikasi yang disetujui oleh pihak sekolah.


Webinar "Sustainable Growth with Chromebook"

Oiya, dalam rangka peluncuran beberapa produk baru dari ASUS, pihak ASUS Indonesia bekerja sama dengan IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) mengadakan rangkaian webinar selama bulan Desember, yang salah satunya membahas mengenai "Sustainable Growth with Chromebook" pada 13 Desember 2020 lalu. Dalam webinar tersebut ada 2 pembicara yakni pertama Bpk. Rifan Fernando (selaku ASUS ID Commercial FAE) dan kedua Bpk.Victor Asih (motivator, public speaker, IT consultant, Mentor Bussines Start Up).


Pada pembicara pertama, Pak Rifan menjelaskan mengenai product knowledge ASUS dari seri Chromebook. Ada 2 tipe yang dijelaskan saat itu, antara lain: ASUS Chromebook Flip C214MA untuk target pasar para siswa dan pelaku bisnis pendidikan dan ASUS Chromebook Flip C434 dengan target pasar pebisnis profesional dan pemilik UMKM.


Kemudian Bpk. Victor Asih membahas mengenai Growth Mindset yang harus dimiliki oleh para pebisnis UMKM di tengah Pandemi yang melanda saat ini. Bpk. Victor memberikan beberapa syarat utama jika kita ingin bertahan dalam persaingan bisnis di tengah pandemi ini, yakni memiliki growth mindset, open mind dalam setiap peluang yang ada, menguasai 80% soft skill dan 20% hard skill, tetap berpikir dan bertindak kreatif, jeli dalam melihat peluang dari hal-hal sederhana di sekitar kita, serta mampu berkolaborasi dengan pihak lain dalam memajukan bisnisnya.


Dari penjelasan Bpk. Victor Asih tersebut, saya pikir juga masih relatable dengan dunia pendidikan di masa pandemi ini. Ketika PJJ masih berlangsung, tentunya orang tua, terutama para Ibu yang senantiasa menemani anak dalam PJJ harus selalu berpikir kreatif mencari peluang kegiatan yang membuat anak terus bersemangat dalam proses PJJ tersebut. Dengan memanfaatkan perangkat yang ada dan mengoptimalkan penggunaan fitur-fiturnya seperti pada ASUS Chromebook Flip C214MA, maka prestasi akademik insya Allah akan tercapai dan anak juga menjadi lebih bahagia menjalaninya, tidak stres dan jenuh dengan rutinitas PJJ selama ini.


Kesimpulan

Tantangan dunia pendidikan di Era Pandemi sekarang ini adalah menjalani PJJ dengan bahagia dengan produktif bagi anak maupun orang tua yang mendampingi. Khususnya para Ibu yang menemani anak PJJ, optimalkan kreativitas dan penggunaan perangkat mumpuni yang sesuai dengan karakteristik anak yang cenderung bebas, ceria, dan penuh rasa ingin tahu. ASUS Chromebook Flip C214MA adalah jawaban atas kebutuhan dalam mendampingi anak dalam PJJ dengan harga yang sangat ramah di kantong. Bebaskan anak mengeksplorasi segala pembelajaran tanpa khawatir perangkat mengalami kerusakan apapun. Flip, Explore, and Learn!




#PerfectDevicebuiltforyourbusiness

#ASUSExpertSeries

#IbuIbuDoyanNulis


Daftar Pustaka:

https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/pemerintah-daerah-diberikan-kewenangan-penuh-tentukan-izin-pembelajaran-tatap-muka/

https://tekno.kompas.com/read/2016/05/23/13060047/NaN?page=all



16 comments on "Sekolah Daring Makin Asyik dengan ASUS Chromebook Flip C214MA"

  1. Wah kak.. Pandemi makin tambah parah. Tapi kalau temennya Asus mah kerasan, bisa ngikuti pelajaran, nanti sambil ibunya ngetik-ngetik.. sama nih pencinta Asus.

    ReplyDelete
  2. Laptop emang penting banget sih di dunia digital kaya sekarang. Chromebook ini menjawab kebutuhan siswa SD SMP yang membutuhkan sih. Semoga tetap bisa produktif dan belajar dengan baik.

    ReplyDelete
  3. dududu, jadi ngiler sama laptopnya mbak. cocok banget buat PJJ di semester baru ini uy! Apalagi ada Stylus Pen-nya makin praktis buat mendukung mobilitas sehari2.. tapi aku lebih ngiler yang ASUS Chromebook Flip C434 nih mbak, uhuy

    ReplyDelete
  4. Belakangan laptop jadi barang wajib yang dibutuhkan anak-anak buat belajar online. Duh, pasti anak-anak akan senang jika laptop yang dipakai sebagus ASUS ini. Jadi makin semangat belajarnya :)

    ReplyDelete
  5. Ngiler pingin beli ASUS Chromebook Flip C214MA.

    Tuk webinar, nge-game, belajar online, desain kayaknya oke nie bisa lebih semngat di depan monitor hehe.

    ReplyDelete
  6. Asus Chromebook flip ini keren bgt ya selain cocok dipake buat PJJ juga cocok lah dipakai mamah sih anak kaya saya hehe

    ReplyDelete
  7. Tulisan bagus mbak. Bikin aku pengen ganti laptop ke Asus Chromebook. Ups

    ReplyDelete
  8. Waahhhh keren sekali Mbak Asus Chromebook flip ini..
    Benar2 cocok buat anak ya
    Jatuh dari ketinggian 120cm gpp
    Ketumpahan cairan gpp

    Karena 2 hal ni yang paling sy takutkan jika Si Kakak bawa laptop ke skul.

    Semoga ada rezeki tuk membelinya

    ReplyDelete
  9. waahh, keren banget ya ASUS Chromebook Flip terbaru ini, tangguh dan cocok banget ya buat anak sekolah yang biasanya pakai sesuatu itu yaa gitu deh :D
    penting juga nih baterainya yang besar dan tahan lama dong pastinya.

    ReplyDelete
  10. Mantap dong ya. ada stylus pen nya dan layar sentuh. Beneran bikin happy smua yang pake terutama anak anak menjalani masa daring di rumah saja. Semangat deh

    ReplyDelete
  11. Wiiih keren ya mbak Asus chorembook flip. kayaknya ini rekomen buat aku yang sedang cari pengganti laptop lama.

    ReplyDelete
  12. Masa pandemi ini, para ibu memang jadi punya banyak tugas, salah satunya PJJ. Nggak salah kalau untuk memudahkan anak belajar dipilih fasilitas yang benar-benar mendukung.

    ASUS Chromebook Flip selain keren bisa jadi pilihan yang mendukung kegiatan online kita juga keluarga.

    ReplyDelete
  13. Keren ya asus chromebook flip nya. Cocok bgt buat anak. Gadget tangguh yg bikin hepi

    ReplyDelete
  14. Daya tahannya sampai 11 jam, ini bagus banget nggak hanya untuk yang SFH ya, buat yang WFH juga bagus nih, biar nggak sering nge-cas

    ReplyDelete
  15. Perangkat baru, apa lagi Asus bisa nambah kesiapan diri di semester ini ya. Lebih semangat dan dimudahkan pastinya, dengan akses lancar tanpa kendala.

    ReplyDelete
  16. Wah, berhadapan dengan Asus yang satu ini kayaknya bakalan sangat betah berlama-lama dengan nya hehehe

    Produk the best...!

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.

Custom Post Signature