Kupas Tuntas Google Analytics dan Google Search Console

 Kupas Tuntas Google Analytics dan Google Search Console


Assalamualaikum Sobat Bunda...

Di bulan Juni ini saya dapat rezeki nomplok yang tak terduga, yaitu bisa bergabung di Kelas Gratis BRT-SEO. Kebayang dong gimana happy-nya, Emak macam saya yang buta coding ini masuk di kelas yang isinya kebanyakan orang yang paham coding. Tentu saja saya tertatih mengikuti pembahasannya. Namun, cukup memotivasi dan bikin penasaran. Ibarat manusia, saya masih di tahap bayi yang belajar merangkak di dunia blogger dan SEO.


BRT-SEO Class

Kalian tahu apa itu BRT-SEO Class? BRT-SEO Class itu salah satu kelas bikinan BRT Network. Oiya, kepanjangan BRT itu Blogger Ruang Tunggu. Kenapa harus di ruang tunggu? Saya juga gak ngerti. Hehe. Kalau mau kepoin, silakan main ke markasnya.


BRT-SEO Class ini merupakan kelas yang membahas tentang cara-cara memperbaiki dan meningkatkan performa blog melalui SEO. Kelas ini berlangsung selama sebulan penuh dengan metode belajar yang cukup unik.


Uniknya di mana?

Peserta tidak melulu dicekoki/disuapi materi dari para pengajar. Namun, peserta dibiarkan bebas menangkap sendiri semua ilmu yang bertebaran di kelas, yaitu obrolan di WAG dan diskusi saat GMeet. Peserta hanya diberi kisi-kisi materi yang menggiring ke tujuan, misalnya memperbaiki performa blog melalui perbaikan robots.txt, mengecek performa blog melalui Meta SEO Inspector, proses menanam link, dll. Sukses atau tidaknya, semua bergantung pada seberapa keras usaha masing-masing peserta.


BRT-SEO Class kali ini digawangi oleh 5 blogger mastah sebagai pengajar yang sudah tidak diragukan lagi keahliannya di bidang SEO. Mereka adalah Mas Pewe, Mbak Monica, Mbak Gilang, Mas Aldhi Fajar, dan Mas Priyo Harjiyono. Terima kasih banyak untuk sharing ilmu dan pengalaman para mastah semua. Semoga menjadi amal jariyah yang membawa pada surga-Nya kelak. Aamiin Yaa Rabb.


Rangkaian BRT-SEO Class ini juga mencakup Webinar setiap Sabtu malam melalui kanal GMeet yang tema bahasannya berbeda-beda. Nah, di Sabtu ke-3 Webinar GMeet membahas tentang Google Analytics dan Google Search Console.


Pemateri kali ini adalah Mas Priyo Harjiyono. Beliau adalah seorang guru di SMK Swasta Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Selain itu, beliau juga pengajar di salah satu universitas di Yogyakarta pada bidang praktikum kuliah mikrokontroller dan pembelajaran berbasis multimedia. Jadi, sudah tidak diragukan lagi keahliannya, kan!


Audit Web on BRT-SEO Class
Webinar Week 3 @BRT-CEO Class 


Dalam sharing tersebut, Mas Priyo menjelaskan materi bagaimana menggunakan tools audit untuk mengecek performa blog. Nah, kedua tools yang dimaksud adalah Google Analytics (selanjutnya akan disebut GA) dan Google Search Console (selanjutnya akan saya sebut GSC).


Google Analytics ala Bundamami

Google Analytics (GA)

GA ini merupakan salah satu tool milik Google yang berfungsi untuk mengetahui performa blog kita di mata pengunjung/pembaca/users. Nah, di GA ini kita akan mendapat berbagai data yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan performa blog kita. Sebelum mengulik lebih jauh, ada beberapa istilah dalam GA yang harus kita ketahui, di antaranya:


Users

User di sini maksudnya pembaca/pengguna/pengunjung blog kita. Siapa pun yang pernah mengunjungi blog kita, meski hanya 1x, maka dianggap users. Biasanya users diidentifikasi dari IP address yang kita gunakan. Jadi, meski kita mengunjungi sebuah blog berkali-kali, maka tetap dianggap 1 user, karena identitas kita dikenali 1x.


Sessions

Sessions artinya koneksi yang dilakukan users ketika dia mengakses sebuah halaman web dalam rentang waktu tertentu. Ketika menjelaskan sessions ini, Mas Priyo menggunakan contoh pada situs mobile banking.


Saat membuka situs mobile banking, jika dalam sekian menit kita tidak melakukan aktivitas apa pun, maka aplikasi akan otomatis logout atau memutus session, demi keamanan data pengguna. Session expired, begitu biasanya notifikasi yang akan muncul dan kita wajib login ulang jika ingin masuk kembali.


Pada blog, session dihitung dalam rentang waktu 30 menit. Begini ilustrasinya, saya membuka blog, saat sedang asyik scroll, tiba-tiba harus menemani anak balita saya ke toilet selama 30 menit. Setelah selesai dari toilet, saya kembali ke depan laptop (sudah cuci tangan tentunya, ya, hehe) dan membuka blog yang sama tadi. Maka interaksi saya dengan blog sudah terhitung 2 sessions, karena lebih dari 30 menit baru ada aktivitas kembali di blog tersebut.


Bagaimana jika setelah 30 menit, saya buka blog yang tadi, kemudian me-refresh halaman tersebut dan scroll sana sini. Maka tidak hanya sessions yang bertambah, page views pun terhitung bertambah 1 lagi. Alhamdulillah, dong ya!


Namun, jangan sampai saat kalian gabut (gak ada kerjaan lagi) lalu standby depan laptop dan bolak-balik refresh halaman blog kalian, biar page views naik. Don't try this at home! Ora ilok jenenge. Hahaha.


Page Views

Setiap halaman web yang kita kunjungi itu disebut page views. Ketika saya berkunjung ke sebuah website. Masuk di homepage, kemudian scroll dan dapat judul artikel yang menarik, masuklah saya ke artikel A.


Kemudian di artikel A isinya kurang seru, maka saya balik lagi ke homepage. Tak lama scroll di homepage saya menemukan artikel lain yang menarik, maka masuklah saya ke artikel B.


Di dalam artikel B saya menemukan link ke artikel C. Masuklah saya ke artikel C. Setelah selesai, saya berhenti membaca karena harus segera salat Dzuhur.


Maka interaksi saya dengan website tersebut:

Homepage - Artikel A - Homepage - Artikel B - Artikel C = terhitung 5 page views.

Jika 5 page views itu saya lakukan dalam waktu 20 menit, maka terhitung 1 session.


Bounce Rate

Bounce rate itu persentase seberapa banyak pengunjung yang masuk ke blog kita, tetapi hanya membuka 1 halaman saja, tak lama kemudian keluar. Ibarat bola basket, setelah kita lempar ke tanah, maka 1x mendarat di tanah, kemudian naik memantul ke udara lagi. Kalau bola sepak beda lagi ya, tidak akan memantul, makanya saya pakai contoh bola basket saja, sudah jangan protes, hahaha.


Bounce rate dihitung dengan rumus jumlah kunjungan yang hanya membuka 1 page, dibagi total kunjungan, kemudian kali 100%. Jadi, jika dalam 100 kunjungan, hanya 20 pengunjung yang buka 1 page saja terus keluar, maka bounce rate = 20% (ngarep banget bisa turun jadi segitu, ya kan! Haha).


Semakin kecil nilai bounce rate, maka semakin baik performa blog kita. Artinya pengunjung betah berinteraksi dengan blog kita!


Namun, jangan terlalu ngebet juga ingin bounce rate-nya turun, ya. Secara default memang bounce rate itu tinggi, karena dihitung dari berapa kali blog kita mengirim data baru ke GA. Misal kita scroll, mengisi form email, klik internal link, itu dianggap tidak bouncing, kan kita berinteraksi dengan page tersebut. Tidak hanya buka page terus ditinggal tidur, ya.


Dalam menyikapi tingginya nilai bounce rate ini, jika memang susah diturunkan, lalu apa yang bisa kita maksimalkan untuk mengimbanginya? Ya maksimalkan di artikel. Misal kita menulis artikel yang topiknya sangat dibutuhkan, dibuat saling berkaitan dengan artikel lain di blog kita sehingga memungkinkan pembaca untuk klik internal link, kemudian menyediakan widget menarik atau program Call to Action yang menarik sehingga pembaca penasaran untuk mencobanya, dll. Intinya buatlah pembaca tertarik dan betah berlama-lama di blog kita.


Nah, setelah paham beberapa istilah dalam GA di atas, kita bisa dengan mudah membaca dan menginterpretasikan data-data yang kita lihat di GA.


Menu dalam Google Analytics

Jika membuka GA, maka akan tampak menu berbaris rapi ke bawah. Ketika klik salah satunya, maka ada sub-menu yang terlihat dan klik lagi untuk menampilkan data yang lebih detail. Berikut menu dan kegunaannya:


Real time

Menu real time ini menunjukkan berapa banyak pengunjung yang sedang mengakses blog kita saat ini. Jika kita membuka menu real time ini tetapi angkanya menunjukkan 0 (nol), padahal kita sedang membuka blog tersebut di tab lain, maka berarti ID property yang kita masukkan tidak tepat. Cek lagi apakah sudah benar setting ID property tersebut mengarah ke blog kita.


Selain menunjukkan jumlah pengunjung saat ini, menu real time juga menunjukkan halaman mana saja yang sedang mereka akses, dari mana lokasi pengunjung, dan jalur mana yang mereka tempuh hingga terdampar di blog kita. Bisa dari jalur referral atau organic.


Audience

Menu audience ini menurut saya merupakan menu paling banyak manfaatnya. Apalagi jika dapat mengunakannya dengan optimal untuk meningkatkan engagement dengan pengunjung blog. Wah, hasilnya bakalan mantap!


Di menu audience ini kita bisa tahu seberapa banyak users baru dan users lama yang kembali lagi mengunjungi blog tersebut. Selain itu, kita juga bisa tahu performa blog kita melalui jumlah sessionpage views, bounce rate, dll.


Hal yang tak kalah penting dapat kita ketahui dari GA melalui menu audience ini adalah karakteristik pengunjung blog kita. Mulai dari lokasi, hobi, perilaku, hingga teknologi dan perangkat/gadget yang digunakan ketika mengakses blog kita. Semua dapat terdeteksi secara jelas.


Nah, apa yang bisa kita lakukan?

Tentu saja kita bisa mengoptimalkan penggunaan data tersebut dengan cara menyediakan/membuat isi blog kita sesuai dengan karakteristik audience. Memenuhi ekspektasi audience blog akan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama mengeksplorasi blog kita.


Misalnya data dari GA menunjukkan bahwa audience kita kebanyakan wanita berusia 24-35 tahun dengan kebiasaan belanja di marketplace dan hobi memasak. Maka kita bisa membuat artikel-artikel seputar resep masakan, review peralatan masak, review tempat kuliner, dan hal-hal lain yang masih berhubungan dengan karakteristik audience tadi. Mudah, kan?

 

Acquisition

Menu acquisition ini menunjukkan dari mana pengunjung blog kita datang. Bukan lokasi kota atau negaranya, ya. Namun, jalur datangnya pengunjung tersebut hingga membuat mereka terdampar di blog kita.


Ada 4 jalur yang terdeteksi di menu acquisition ini, yaitu:

  1. Direct : pengunjung langsung mengetik alamat blog kita atau dari koneksi private. Link yang kita peroleh dari WhatsApp termasuk ke jalur direct ini.
  2. Organic search : pengunjung menemukan blog kita dari mengetikkan keyword tertentu di mesin pencari Google. Kemudian pengunjung menemukan blog kita di deretan web yang disarankan oleh Google. Syukur-syukur blog kita ada di page one ya, hahaha ngarep banget.
  3. Referral : biasanya berasal dari link yang kita tanam di website lain. Jika ada users yang klik link kita dan mengarah masuk ke blog, maka akan terhitung sebagai kunjungan melalui jalur referral.
  4. Social : kunjungan melalui kanal sosial ini biasanya berasal dari link blog yang kita promosikan di medsos.

Behaviour

Behaviour flow di sini berbeda dengan behaviour pada menu audience di atas tadi, ya. Behaviour flow ini lebih mengarah pada tiap halaman di blog kita.


Misalnya setelah membaca postingan A, biasanya pengunjung akan beralih ke postingan C, karena masih 1 tema dengan postingan A tadi. Jadi, alurnya akan terlihat. Di sini kita bisa memanfaatkannya dengan cara menempatkan internal link yang berkualitas dan masih "nyambung" dengan tema postingan.


Di menu ini juga kita bisa mendapat insights, kira-kira halaman mana saja yang kecepatannya sudah baik, mana yang belum. Kemudian halaman mana yang lebih disukai pengunjung, dan lain sebagainya. Kemudian gunakan insights tersebut untuk membuat artikel-artikel baru yang sesuai agar performa blog kita meningkat.


Conversions

Menu conversions ini menurut saya lebih banyak bermanfaat jika blog kita difungsikan sebagai online shop. Menu conversions ini memungkinkan kita untuk menentukan tujuan/sasaran/goals dari setiap postingan yang kita buat.


Jika berbicara mengenai online shop, maka goals akhir pastilah adanya pengunjung yang memasukkan barang ke keranjang kemudian mengklik tombol 'buy'. Jika blog kita bukan online shop, kita bisa memanfaatkannya untuk menjaring data pengunjung, misal mendapatkan emailnya, membuat pengunjung mengklik download dari file yang kita bagi, mengetahui jumlah pengunjung, dan sebagainya.


Nah, itulah sekelumit ilmu tentang Google Analytics yang berhasil nyangkut di kepala saya ketika ikut Webinar Week 3 @BRT-SEO Class bersama Mas Priyo. Setelah ini, kita lihat seberapa banyak ilmu tentang GSC yang nyangkut di kepala saya, ya!


Google Search Console (GSC)

Google Search Console ala Bundamami

Apa sih GSC itu? Dan gimana cara pakenya? Biasanya itu yang pertama kali ditanyakan oleh blogger newbie macam saya.


Nah, menurut Mas Priyo, kalau tadi GA untuk mengecek performa blog kita di mata pembaca, sedangkan GSC ini untuk mengecek performa blog kita di mata mesin pencari Google.


Masih serupa dengan GA tadi, GSC juga merupakan tool bikinan Google yang gratis dan dapat diakses siapa saja yang terhubung dengan Google.
GSC terdiri dari beberapa menu dan sub-menu, di antaranya:


Overview

Overview ini berisi rangkuman semua data yang biasanya ditampilkan oleh GSC. Namanya juga rangkuman, jadi yang ditampilkan secara singkat saja, tidak terlalu mendetail.


Performance

Performance ini menunjukkan kinerja blog kita, salah satunya terkait dengan queries misalnya. Keyword apa saja yang biasanya dicari pengunjung melalui mesin pencari Google, kemudian membuat pengunjung terdampar di blog kita. Termasuk halaman apa saja di blog kita yang biasanya dibuka pengunjung berdasarkan saran dari mesin pencari Google.


Selain itu, negara asal pengunjung dan jenis device yang digunakan juga terlihat di menu performance ini. Jenis device dibagi ke dalam 3 macam yaitu desktop, tablet, dan mobile. Jadi, jangan khawatir, merk device kalian gak akan ketahuan, kok. Tenang aja! Hehe.


Performance ini menampilkan beberapa hal, di antaranya:

Total Clicks

Total clicks ini menunjukkan berapa banyak total pengunjung yang mengklik alamat blog kita hingga mereka sampai masuk ke homepage/artikel blog kita.


Total Impressions

Jika total clicks tadi pengunjung sudah mengeklik, maka lain halnya dengan total impressions ini. Total impressions ini seberapa banyak blog kita ditampilkan oleh Google.


Jadi saat ada yang mencari keyword 'gizi' misalnya, maka blog saya mungkin akan ditampilkan. Namun, belum tentu diklik oleh calon pembaca, kan! Jadi, banyak-banyaklah berdoa dan beberes performa blog juga, biar calon pembaca tertarik untuk klik blog kita. Enggak cuma ditayangkan, doang! Hahaha.


CTR (Clicks Through Rate)

CTR ini masih berhubungan dengan klik-klik di atas tadi. Jadi CTR itu merupakan persentase total clicks dibagi total impressions.


Average Position

Nah, ini nih angka yang menunjukkan di mana posisi kita ketika ditampilkan di Google. Apakah di page one dengan nomor urut 1 (ngarep!) atau nomor urut ke sekian dan page ke sekian? Hal itu tergantung keberuntungan dan kerja keras dalam memperbaiki performa blog, ya! Hahaha.


URL Inspection

Fitur ini berfungsi untuk mengecek apakah URL tulisan di blog kita sudah ter-index oleh Google atau belum. Jika memang belum ter-index, maka kita bisa mengeklik request indexing pada Google. Kemudian Google akan mulai crawling URL tersebut di blog kita.


Queries

Queries ini semacam keyword atau sekelompok kata yang biasanya digunakan pengunjung di mesin pencari Google, yang akhirnya membawa pengunjung masuk ke blog kita.


Dari menu queries ini, kita bisa mempelajari kira-kira keyword apa saja yang diminati pengunjung. Kemudian kita bisa memperbanyak artikel mengenai keyword tersebut. Harapannya seperti yang di atas saya jelaskan tadi, pengunjung betah berlama-lama mengeksplorasi isi blog kita.


Kesimpulan

Jadi, dari penjelasan saya di atas tadi, dapat disimpulkan bahwa:


Google Analytics (GA) itu tool untuk mengetahui performa blog kita di mata pengunjung. Data yang disajikan GA dapat dimanfaatkan untuk membuat artikel-artikel yang sesuai dengan karakteristik audience.


Google Search Console (GSC) itu tool untuk mengetahui performa blog kita di mata mesin pencari Google. Data dari GSC ini pun dapat kita manfaatkan untuk memenuhi ekspektasi pengunjung, dari segi memperhatikan keyword yang paling banyak dicari, halaman yang paling banyak dikunjungi, kecepatan halaman yang disukai pengunjung, dll.


Dari optimasi GA dan GSC itu, semuanya bermuara pada membuat blog kita tampil awesome di mata pembaca maupun mesin pencari, membuat pembaca betah berlama-lama di blog kita, serta Google pun senang menampilkan blog kita di halaman pencariannya. Ngarep Page One, dong! 


Alhamdulillah, akhirnya selesai juga tulisan marathon kali ini, hahaha. Memang pejuang deadline garis keras. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sesama blogger pemula seperti saya. Jika ada informasi yang kurang tepat, mohon sampaikan di comments, agar bisa diperbaiki. Terima kasih.


Semoga barokah dan bermanfaat!







28 comments on "Kupas Tuntas Google Analytics dan Google Search Console"

  1. Memang ya mbak, Google Analytics dan Google Search Console ini penting bgt buat para blogger. Karena kadang beberapa klien yang minta pageview, trs rentang usia pengujung blog kita, dll. Biar makin profesional dan paham untuk branding dg blog kita, mau ga mau mesti tahu seluk beluk Google Analytics dan Google Search Console mininal dasar2nya dulu. Yuk semangat yukk🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, bener banget. Minimal tau dasar2nya dulu, ya. Bisa ditingkatkan ilmunya tentang GA dan GSC nanti seiring bertambahnya jam terbang sebagai blogger.
      Kalo Mbak Ella pastinya udah mahir, karena udah blogger profesional dan sering menang lomba pula... Bikin mupeng, hehe.

      Delete
  2. Mau juga ikut kelasnya. Sangat bermanfaat. Terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pantengin info di FB-nya aja Mbak... Biasanya ada pengumuman kalo mau ada kelas baru... Sama-sama, Mbak. Salam sehat dan semangat, yaaaa...

      Delete
  3. Mantuullll... Tulisannya lengkap dan panjanggggg seperti Choky-Choky *bukan endorse lo yaa
    Alhamdulillah, kelas ini beneran bikin aku pusing tujuh keliling, tapi juga di sisi lain bikin ilmu bertambah, meski aku yang gaptek ini harus tertatih-tatih jalannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, tosss.... Sama kita. Tertatih mengikuti materi, maklum sudah emak-emak kayak saya gini, jadi lemot kalo mikir utak-atik coding. Hwkwkwkkk...

      Delete
  4. Sayang banget aku ga ikutan padahal penting banget ya sebagai Blogger. Makasih resume nya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Sandra mah gak ikutan juga udah ahli. Blognya udah cantik bangettt... Sama-sama Mbak :)

      Delete
  5. Alhamdulillah, sangat lengkap ulasannya, Mbak. Benar-benar berat belajar beginian. Memang kalau mau serius nggak bisa hanya sekadar nulis dan posting. Mesti paham apa itu GSC dan analilytics. Tapi, sampai sekarang saya juga belum jago-jago :( Nanti ajarin, ya, Buk... hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sama saya mah jadinya belajar bareng ya Bu... Karena belum mumpuni untuk mengajari orang lain. Kalo siap belajar kelompok, hayukkk sini... Jangan lupa bawa roti yaaa...
      *upsss, kabuuur... takut ditimpuk talenan... hwkwkwkkk

      Delete
  6. Wah jadi pengen ikutan belajar di sana kak. Semoga saya bisa ikutan kelasnya nanti. Sangat ingin memahami lebib dalam lagi kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp... Yang penting tetap semangattt nulis di blog dan semangat cari ilmu lagi ya Mbak...

      Delete
  7. Ye ye lengkap di sini penjelasannya. Ntar kalau lupa lagi tinggal main ke blog Mba Devi.

    Help dong Mba, haha ... Cara nurunin Bounce rate gimana tuh? Gede banget angkanya di blog punyaku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo penjelasannya bisa dipahami dan bermanfaat.
      Gimana mau nolongin, lha bounce rate-ku sendiri juga gede Mbak... *Kabuuurr... hwkwkwkkk...

      Delete
  8. Wah info Mantep Mbak
    Saya jadi tau apa itu "GSC" dan "GA" selama ini belum terlalu mendalam, semoga dengan banyak belajar SEO pengunjung kita semakin banyak.

    Sehari bisa 10K saja saya sudah seneng wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo sehari bisa 10K itu sudah blogger profesional kayak Pak Arif Rudiantoro, wkwkk..

      Delete
  9. Aku tuh gak bosan kalau baca materi tentang GA dan GSC karena memang belum memahami 100%. Hehe.... Kalau GSC ini sering aku jadikan referensi saat edit artikel lama, kata kunci yang muncul di GSC aku masukkan ke artikel tersebut. Kadang saat jadi internal link di artikel baru aku gunakan anchor text dari GSC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mbak, memang banyak banget yang bisa dimanfaatkan dari fitur GA dan GSC ini, ya. Makanya ini saya lagi semangat utak-atik blog dan selalu berusaha baca-baca lagi dari banyak sumber, biar beneran paham dan bisa mahir dalam menggunakannya. Semangattt yuk, Mbak...

      Delete
  10. dulu saya awal punya blog belum paham kedua tool ini tapi sekarang alhamdulillah mulai paham dan pelan-pelan menggunakannya agar blognya makin maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip.. Jadi semangat ya Mbak kalo belajarnya bareng-bareng gini... :)

      Delete
  11. Keren banget tema kelasnya ya Mbak Learn to Earn. Emang nih GA dan GSC tool wajib yang setiap harinya kudu dibuka sama bloger profesional, gak cm nulis trus publish tetapi juga melihat performa blognya agar trafik selalu bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Selama ini saya juga asal nulis dan publish aja. Ternyata itu belum cukup ya. Kudu belajar utak-atik data dari GA dan GSC agar beneran maksimal performa dan manfaat blognya.

      Delete
  12. Wah, penjelasanya detail dan jelas Mbak. Saya sudah lama kepengin masuk BRT tapi belum rezeki. Mungkin tahu kalau saya nggak kuat kalau dapat materi yang jlimet dan koding pula. Padahal materinya penting untuk meningkatkan traffik blog. Semoga ada kesempatan di lain waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk semangat nyobain ikut lagi Mbak. Saya pun buta codingan ini, meski mencerna materinya sambil tertatih, tapi berusaha menuntaskan hingga kelas selesai, hehehe.

      Delete
  13. Kak, berapa waktu yang diperlukan Google Analytic untuk siap membaca detail data blog dari pertama pasang? soalnya ada blogkku yang baru pasang, belum juga terbaca GA nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya 12-24 jam sudah bisa terbaca datanya di GA Kak...
      Atau mungkin ID property-nya belum tepat, bisa jadi gak terbaca juga.

      Delete
  14. Wah senang sekali ya Mbak bisa dapat ilmu gratis dari kelas yang diadakan BRT. Materinya juga mantap banget nih, tentang GA dan GSC. Saya pun meski sudah pasang kedua tools tersebut dari beberapa tahun lalu tapi sampai sekarang masih belum menguasai fitur-fiturnya jadi masih harus belajar lagi.

    ReplyDelete
  15. Dulu aku nggak paham apa itu GA n GSC, alhamdulillah ya sekarang banyak banget blogger2 yang mau berbagi gimana cara memasang kedua tools di atas.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.

Custom Post Signature