6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Custom Post Signature

Bookmark

Tips Memilih Restoran dengan Pelayanan yang Baik Saat Ramadan

Tips Memilih Restoran dengan Pelayanan yang Baik Saat Ramadan
(Sumber: Canva Pro)

Bulan Ramadan merupakan salah satu bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Saat Ramadan tiba, umat muslim wajib berpuasa sejak terbit fajar hingga matahari terbenam.


Dengan berlimpahnya pahala dan keberkahan di bulan ini, setiap orang berlomba-lomba untuk beribadah dan melakukan kebaikan. Salah satunya adalah menjalin silaturahmi dan bersedekah memberi makan orang yang berbuka puasa. Oleh karena itu, banyak orang menggelar acara buka bersama orang tua, keluarga besar, kolega, dan teman-teman. 


Keutamaan Memberi Makan Orang Berbuka Puasa
(Sumber: Canva Pro)

Tips Memilih Restoran dengan Pelayanan yang Baik

Momen spesial berbuka puasa bersama orang tua, keluarga besar, kolega, atau teman-teman ini biasanya dilaksanakan di restoran atau tempat makan favorit. Dalam memilih restoran untuk tempat berbuka puasa, bukan hanya kualitas makanan yang menjadi pertimbangan, tetapi juga kualitas pelayanan yang ditawarkan. Berikut ini beberapa tips saat memilih restoran untuk tempat berbuka puasa bersama, yaitu:


1. Cari Tahu tentang Menu dan Harga Makanan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih restoran untuk berbuka puasa adalah menu dan harga makanan yang ditawarkan. Pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu, variasi menu apa saja yang ditawarkan oleh restoran tersebut. Kemudian bandingkan dengan harga yang ditawarkan. Apakah sepadan atau kemahalan? 


Sebaiknya carilah restoran yang menawarkan menu cukup bervariasi dan enak, dengan harga yang sepadan, serta tentunya sesuai budget Anda. 



2. Periksa Ketersediaan Tempat

Seperti dikutip dari Pricebook, sebuah situs perbandingan harga gadget, ketika mencari restoran, pastikan untuk mengetahui ketersediaan tempat terlebih dahulu. Restoran yang baik, biasanya sudah memiliki sistem reservasi tempat untuk memastikan kenyamanan para tamu. 


Reservasi Restoran untuk Buka Puasa Bersama
Cek Ketersediaan Tempat dengan Reservasi Terlebih Dahulu (Sumber: Canva Pro)

Sebelum berangkat ke restoran, pastikan sudah melakukan reservasi terlebih dahulu, agar tidak kehabisan tempat. Reservasi restoran dapat dilakukan via telepon, datang secara langsung, atau booking online



3. Perhatikan Jadwal Buka Puasa

Pastikan restoran yang dipilih sudah buka/dalam jam operasional, saat waktu berbuka puasa tiba. Jangan sampai kecewa karena ternyata restoran tutup menjelang waktu berbuka puasa. 


Untuk memastikan, Anda dapat mengecek jadwal buka puasa dan jam operasional restoran tersebut. Biasanya, jam operasional restoran dapat ditemukan di media sosial atau website resmi restoran tersebut. 



4. Cek Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayanan merupakan faktor penting dalam memilih sebuah restoran. Pastikan untuk membaca ulasan dari para pelanggan sebelumnya, untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan di restoran tersebut. 


Jika banyak ulasan positif mengenai pelayanannya, maka restoran tersebut dapat dipertimbangkan untuk menjadi pilihan tempat berbuka puasa yang tepat. 



5. Pilih Restoran dengan Suasana yang Nyaman

Suasana juga menjadi salah satu faktor penting dalam memilih restoran untuk berbuka puasa. Pilih restoran yang memiliki dekorasi indah dan suasana nyaman untuk menikmati hidangan buka puasa bersama keluarga serta teman-teman. 


Tips Memilih Restoran yang Cozy untuk Buka Puasa Bersama
Suasana restoran yang nyaman. (Sumber: Canva Pro)

Lebih bagus lagi jika desain ruangan restoran cukup instagrammablecozy vibes, dan tidak terlalu crowded, pasti bikin betah menunggu waktu berbuka puasa tiba. Pastikan juga suasana restoran dapat memperkuat rasa kebersamaan dan kekeluargaan saat berbuka puasa. 



6. Pertimbangkan Jarak Tempuh dan Durasi Perjalanan

Pastikan restoran yang dipilih tidak terlalu jauh dari tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Pilih restoran yang dekat, agar tidak perlu menempuh perjalanan jauh dan tidak terjebak macet saat perjalanan sebelum dan setelah berbuka puasa. Hal ini akan membuat waktu Anda bersama keluarga dan teman-teman menjadi lebih berharga. 



7. Cek Apakah Kids Friendly atau Tidak

Terakhir, jika anggota keluarga atau teman berencana untuk mengajak anak-anak, maka carilah restoran yang kids friendly. Restoran yang kids friendly biasanya menyediakan area bermain anak yang terpisah dengan area makan. 


Tips Memilih Restoran yang Kids Friendly-IndiHome
Restoran Kids Friendly. (Sumber: Canva Pro)

Selain itu, restoran keluarga yang kids friendly umumnya memiliki area lebih luas untuk mengakomodasi anak-anak yang aktif bergerak ke sana ke mari. Menu makanan juga akan menyesuaikan, misalnya restoran menyediakan menu favorit anak-anak seperti ice cream, spaghetti, dan aneka dessert berbahan cokelat sebagai menu takjil buka puasa. Hal ini dapat menjadi penyemangat anak-anak untuk dapat bersabar menunggu hingga waktu berbuka puasa tiba. 



Manfaat Menggunakan Internet IndiHome

Selain tips di atas, ada satu hal lagi yang dapat memudahkan Anda dalam mencari dan memilih restoran untuk berbuka puasa, yaitu menggunakan layanan internet cepat dari IndiHome. 


Booking Restoran secara Online dengan IndiHome
Reservasi Restoran secara Online dengan IndiHome. (Sumber: Canva Pro)

Dengan internet IndiHome, Anda dapat dengan mudah mencari informasi tentang restoran-restoran terbaik untuk berbuka puasa di kota Anda. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan internet IndiHome adalah: 

 

1. Akses Informasi Lebih Mudah

Dengan internet IndiHome, Anda dapat dengan mudah mengakses informasi tentang restoran yang sedang ramai dan populer untuk berbuka puasa. Anda dapat mencari informasi mengenai menu makanan, harga, dan ulasan dari pelanggan sebelumnya. Hal ini akan membantu Anda untuk memilih restoran yang tepat untuk berbuka puasa. 


2. Hemat Waktu dan Energi 

Dengan internet IndiHome, Anda tidak perlu lagi keluar rumah atau berjalan-jalan mencari restoran yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat mencari informasi tentang restoran favorit Anda secara online dan membuat reservasi secara langsung melalui aplikasi atau website resmi restoran tersebut. Hal ini akan menghemat waktu dan energi Anda, sehingga Anda dapat lebih fokus pada pekerjaan Anda atau persiapan berbuka puasa sambil mendengarkan Langit Musik


3. Tawaran dan Promo Menarik

Restoran-restoran biasanya memberikan tawaran dan promo menarik saat bulan Ramadan tiba. Dengan internet IndiHome, Anda dapat memperoleh informasi tentang tawaran dan promo tersebut dengan mudah. Anda dapat mencari promo-promo yang sedang berlangsung di restoran favorit Anda dan memanfaatkannya untuk mendapatkan potongan harga atau hadiah menarik saat berbuka puasa. 


4. Memperluas Pilihan Restoran

Dengan internet IndiHome, Anda dapat memperluas pilihan restoran untuk berbuka puasa. Anda tidak hanya terpaku pada restoran yang berada di sekitar Anda, tetapi Anda dapat mencari restoran-restoran terbaik di kota Anda dengan mudah. Dengan demikian, Anda dapat mencoba berbagai menu makanan dan suasana baru saat berbuka puasa.



Penutup 

Memilih restoran dengan pelayanan yang baik saat bulan Ramadan dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Dengan mengikuti tips di atas dan memanfaatkan internet IndiHome dari Telkom Indonesia, Anda dapat menemukan restoran yang tepat untuk berbuka puasa bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba!

35 comments

35 comments

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.
  • Blogger Surabaya
    Blogger Surabaya
    April 18, 2023 7:04 PM
    Saya kalau mau hunting kuliner, gak pernah ingin jauh-jauh dari rumah. Jadi misal mau ke resto yang lagi viral, saya cek dulu lokasinya.
    Reply
  • lailyfitrianimenulis
    lailyfitrianimenulis
    April 17, 2023 2:21 PM
    Sekarang lebih nyaman berbuka di rumah Mbak, malas nunggu masakannya he..he..emak mals soale.
    Reply
  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah
    April 11, 2023 1:41 PM
    Duh bener banget bunda mami, aku pernah ke restoran buset penuh banget pas bukber keramat hahahah jadi males juga kalo macet, btw emang harus cek2 dulu di internet dan sosmed resto tsb ya apalagi klo bukber wajib reservasi biar ngga riweuh hehe
    Reply
  • Deny Ir
    Deny Ir
    April 10, 2023 7:25 AM
    bener bnget kak, apalagi bulan ramadhan kayak gini pasti byk promo2 mnarik di restoran, jadi harus pilih2 biar makin hemat budgetnya juga, wkwk
    Reply
  • Ririn Wandes
    Ririn Wandes
    April 10, 2023 12:09 AM
    Pelayanan yang baik selalu menjadi kunci utama sih dalam mencari restoran. Malas banget kalo pelayan tidak ramah meskipun makanannya enak.
    Reply
  • Monica Anggen
    Monica Anggen
    April 09, 2023 11:46 PM
    Sekarang mah apa-apa browsing di internet dulu, bahkan saat memilih restoran pun intipin review dari pengguna lain dulu biar nggak kecewa, hahaha
    Reply
  • Nimas Achsani
    Nimas Achsani
    April 09, 2023 11:40 PM
    setelah punya anak yang lagi aktif2nya ini, cari tempat makan yg kids friendly emang sarat penting banget sih, karena kalau bocil2 ini nyaman kita yg dewasa2 pun bisa ikut nyaman dan makan dengan happy :D
    Reply
  • Happy
    Happy
    April 09, 2023 11:23 PM
    tim nyari resto yang promo haha. tapi alhamdulillah ya berkat ada internet jadi semakin gampang buat nyoba makanan di sana sini
    Reply
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    April 09, 2023 10:03 PM
    wah bener nih, kalau ada internet, kita bisa juga nyari review ny dulu tentang tempat makn tersebut biar gak zonk ya :)
    Reply
  • Fatimah Aqila
    Fatimah Aqila
    April 09, 2023 10:00 PM
    Kalau memilih restorang saat pengen berbuka puasa emang harus teliti ya kak. Apalagi dari segi pelayanan dan fasilitas yang mereka miliki. Oh iya, biasa sih kalau memilih restoran penting juga yang ada tempat ibadah/mushola yang memadai biar nggak ribet mau sholat maghrib dimana.
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    April 09, 2023 9:24 PM
    sekarang kalau mau bukber di luar gak perlu repot lagi, cukup cek aja dari medsos resto yang diingkan, kalau semuanya sudah oke bisa banget lagsung reservasi, biar nanti pas hari H saat ingin buber lagi jadi gak perlu nunggu lama.
    Reply
  • Han
    Han
    April 09, 2023 7:31 PM
    Emang yaah sekarang mahh lebih efektif kalo reservasi ajaa gituuu lebih hemat waktu jugaa.. alhamdulillah ya skrg ada internet jadi lebih enakan gituu
    Reply
  • Wahyuindah
    Wahyuindah
    April 09, 2023 7:07 PM
    Nah dari semua tips di atas. Saya dahulukan yang kid friendly. Soalnya gak enak kalau gak ke tempat makan gak bawa anak anak. Mereka harus nyaman dulu baru makan.
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    April 09, 2023 6:57 PM
    Adanya internet ini beneran jadi andalan ya. Mau buka puasa di mana, kita dapat mencari restaurant yang nyaman, dan layanannya baik.

    Enggak perlu lagi tanya ke A, B, D, dll, resto itu gimana, enak apa enggak? Dll.
    Reply
  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI
    April 09, 2023 6:47 PM
    Aku biasanya pake internet buat cari resto via online sih. Kalo bisa buat booking juga
    Reply
  • Wahyu Eko C
    Wahyu Eko C
    April 09, 2023 5:50 PM
    Pernah punya pengalaman apes, pergi ke rumah makan tanpa reservasi utk berbuka puasa, akhirnya makanan Dateng pas org2 udh pada selesai makan. Dan kami hanya minum air mineral + segelas es teh manis.

    Itulah pentingnya internet utk riset dahulu sebelum datang ke rumah makan apalagi restoran, jadi makanan sudah siap saat tiba di sana sambil menunggu bedug maghrib
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    April 09, 2023 4:23 PM
    Kalau aku, sebelum memilih, sebenarnya hal pertama yang kuperhatikan adalah review pelayanan dan menunya dari berbagai pelanggan yang sudah lebih dulu datang ke sana. And of course semua mengamdalkan internet cepat nan stabil sebelum meng-ok-an mau makan dimana.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    April 09, 2023 1:25 PM
    Kalau mau bukber memang kudu reservasi sih biar nyaman, soalnya kalau datangnya jam 5 gitu tanpa reservasi yang ada udah kehabisan tempat
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    April 09, 2023 11:07 AM
    Udah musim-musimnya bukber ya. Jadi, emang kemungkinan restoran ya rame sama orang-orang yang ingin buka bersama di luar gitu. Baiknya memang reservasi dulu yang nggak perlu mendatangi restoran secara langsung. Dalam artian kita bisa booking dari rumah dengan memanfaatkan internet gitu deh.
    Reply
  • hani
    hani
    April 09, 2023 10:59 AM
    Nah, pertimbangkan jarak tempuh tuuuh bener banget. Di Bandung macetnya ampun deh, menjelang berbuka puasa plus susah banget cari parkir. Keren nih aplikasinya...engga takut kehabisan tempat di restonya ya, karena udah booking duluan...
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    April 09, 2023 10:42 AM
    Praktis sih kalo cari rekomendasi restoran. Jadi ga perlu pusing muterin kota buat survey sendiri. Yang ada malah ga jadi makan hehe
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    April 09, 2023 9:16 AM
    Bener banget, memang lebih baik cari tahu dulu di intenet. Syukur-syukur ada yang pernah mengulas secara jujur. Jadinya bisa secermat mungkin memilih tempat nyaman, harga makanan terjangkau, layanan oke, dan ada tempat shalat yang memadai.
    Reply
  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah
    April 09, 2023 8:05 AM
    Memang sih kehadiran IndiHome sebagai provider internet cepat ini sangat membantu aktivitas kita ya, Bun. Cari restoran bisa lebih mudah, sat set gapake rewel yaa. Mantap banget dah
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    April 09, 2023 5:20 AM
    keberadaan internet cepat meman sangat membantu sekali ya mba dalam hal urusan booking membooking restoran favorit kita, terutama pas mau buka puasa begini, dan pastinya kita juga dapat menemukan beberapa restoran yang kita inginkan
    Reply
  • Eko Prasetyo
    Eko Prasetyo
    April 09, 2023 1:27 AM
    Tentunya yg sy lihat harga dan menu dulu, klu sesuai baru deh reservasi lebih enak jadi pas datang di TKP.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    April 09, 2023 12:43 AM
    bener banget nih kalo nyari restoran tuh harus teliti dan detail. apalagi yang punya anak, kids friendly itu its a must! untungnya ada internet sih yang bantu banget nyari rekomendasi restoran yang sesuai dengan kriteria
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    April 08, 2023 11:43 PM
    Memilih restoran untuk buka puasa di bulan Ramadan memang ga boleh sembarangan, ya. Kalau salah pilih bisa runyam urusannya, bukan nikmatnya berbuka yang kita rasakan, malah bisa jadi ngedumel selama pas waktunya buka puasa
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    April 08, 2023 8:48 PM
    Berbuka di restoran bakal menyenangkan kalau sebelumnya sudah browsing dan memilih tempat dan menu yang tepat. Efisien waktu, internet memudahkan banget.
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    April 08, 2023 7:46 PM
    Internet saat ini sangat membantu. Review restoran juga bisa ditemukan di berbagai tempat termasuk Youtube dan Tiktok.
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    April 08, 2023 4:50 PM
    Nah, dulu seringkali reservasi mengabaikan checking apakah restoran tersebut kids friendy atau tidak. Hal ini penting lho ternyata, coba bayangkan kalau di sana tidak ada tempat duduk khusus buat anak-anak atau makanan buat anak-anak, ini sangat merepotkan nantinya.
    Reply
  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar
    April 08, 2023 2:05 PM
    Banyak pilihan restortan kadang kita jadi bingung, solusinya ya cari di internet. browsing tempat makan favorit buat makan bersama keluarga lebih lengkap informasinya. Apalagi klo internetnya waswus, kita bisa lebih eksplore lagi detailnya
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    April 08, 2023 1:30 PM
    Beruntung banget kita pny jaringan internet cepat dr IndiHome. Kita bs browsing informasi restoran yg kita mau. Bahkan bs melihat kualitas pelayanannya hanya dari browsing. Cek aja bintangnya di platform. Kalo banyak yg suka ya berarti emg rata2 enak sih ya.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    April 08, 2023 9:56 AM
    Seiring sudah tidak berlaku pembatasan sosial, maka acara berbuka bersama pun sudah marak lagi ya, Mbak. dan pastinya semakin banyak orang memesan tempat saat jam berbuka. Makanya dengan kemudahan zaman now, bisa pesan tempat lewat online. Terus bisa cek dulu review tempat dan makanannya.
    Reply
  • Indra DP
    Indra DP
    April 07, 2023 11:47 PM
    cari tempat bukber yang nyaman itu perlu banget demi kelancaran bukber. sekarang mudah, bisa googling dulu tempat2 yang recommended dan tentunya menu makannya juga enak
    Reply
  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi
    April 07, 2023 2:29 PM
    Tips memilih restoran bersama IndiHome ini sangat bermanfaat, Kak. Saya suka manfaatkan internet untuk membaca review khususnya pelayanan yang dirasakan oleh konsumen
    Reply