6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Custom Post Signature

Bookmark

Memantau Kesehatan Lansia Lebih Optimal Bersama IndiHome

IndiHome Bantu Raih Pahala Berbakti pada Ortu

 

"Ibu, kados pundi kabaripun?"

"Dinten menika, hasil ukur tensinipun pinten?"

"Sampun ngunjuk obat tensi sareng obat vertigo menapa dhereng?"

"Ibu kala wau enjing, radi gliyer-gliyer menapa mboten?"


Pentingnya Kesehatan Ibu

Dialog di atas, salah satu contoh percakapan rutin kami (saya dan suami) dengan Ibu melalui video call WA. Mengapa kami harus menyampaikan pertanyaan detail tersebut secara rutin? Semua berawal dari penyakit bernama "vertigo".


Ya, Ibu pernah mengalami vertigo dan menderita hipertensi. Sejak saat itu, kami khawatir dengan kondisi beliau. Usia beliau mendekati 70 tahun. Meski tidak muda lagi, tetapi beliau cukup sehat dan energik untuk ukuran seorang lansia.


Saya dan suami sama-sama hanya memiliki satu orang tua. Suami saya hanya memiliki Ibu, karena bapaknya meninggal 9 tahun sebelum kami menikah. Sedangkan saya, hanya memiliki Papa karena Mama saya meninggal setahun sebelum kami menikah.


Dengan pertimbangan banyak hal, kami mengajak Papa saya tinggal bersama kami di Bandung. Sementara Ibu tetap di Jogja karena sudah ada keluarga Kakak ipar yang menjaga. Meski beda rumah, tetapi rumah Kakak ipar tepat bersebelahan dengan rumah Ibu, menempel dan memiliki pintu penghubung di halaman belakang rumahnya.


Sejak Ibu mengalami vertigo, kami semua merasa khawatir. Keempat anaknya berinisiatif mengajak Ibu untuk tinggal bersama mereka. Kami di Bandung, dua anak lainnya di Jakarta, dan satu anak di Jogja, tinggal pilih mau tinggal di mana. Namun, Ibu tetap berkeras hati ingin tinggal di rumahnya sendiri, tidak mau merepotkan anak cucunya. 


Di situlah problem muncul. Ibu ingin tetap tinggal di rumahnya sendiri, sementara Ibu pernah mengalami vertigo. Menurut dokter, pasien vertigo biasanya berpotensi mengalami kekambuhan di waktu mendatang. Itu yang kami khawatirkan.


IndiHome Bantu Memantau Kesehatan Lansia



Memantau Kesehatan Lansia secara Online

Setelah berdiskusi dengan keluarga besar, akhirnya diputuskan kami akan memantau kesehatan Ibu secara jarak jauh atau daring. Kebetulan di rumah Kakak ipar yang bersebelahan dengan rumah Ibu, sekarang sudah berlangganan IndiHome. Jadi, Ibu tetap dapat menikmati WIFI dari rumah sebelah dengan lancar dan wus, wus, wus, cepat banget. 


Dulu, sebelum Kakak ipar berlangganan IndiHome, kami sering kesulitan ketika melakukan video call dengan Ibu. Aktivitas video call yang seharusnya menyenangkan, berubah bikin kesal karena jaringan internet yang tidak stabil.


Dengan berbagai pertimbangan, salah satunya karena sudah berlangganan IndiHome tadi, akhirnya disepakati bahwa kami akan memantau kesehatan Ibu secara online melalui 3 hal, di antaranya:


a. Rutin Video Call

Aktivitas video call dengan Ibu dilakukan secara rutin dan bergiliran oleh keempat keluarga anaknya. Jadi, Ibu akan merasa tetap dekat dan terhubung dengan anak cucunya, meski terpisah jarak ratusan kilometer jauhnya. 


Dalam setiap sesi video call, kami sepakat untuk selalu menanyakan secara detail mengenai kondisi kesehatan Ibu di hari itu. Persis seperti penggalan dialog di awal tadi. 


Kami harus menanyakan tentang apa yang dirasakan Ibu, apakah sudah minum obat atau belum, kemudian berapa hasil pengukuran tekanan darah di hari tersebut. Kebetulan Ibu sudah bisa mengukur tekanan darahnya sendiri dengan tensimeter digital. Tensimeter itu ada banyak jenisnya, lho. Dalam artikel saya yang berjudul "3 barang yang wajib ada saat isoman," kalian dapat membaca info mengenai jenis-jenis tensimeter.


Termasuk apa saja yang dikonsumsi Ibu dalam sehari, juga harus kami pantau. Biasanya kami sering mengingatkan Ibu, agar tidak lupa sarapan. Sarapan pagi kan penting banget untuk mendukung aktivitas seharian. Info mengenai pentingnya sarapan pagi, bisa kalian baca di artikel saya yang membahas Pekan Sarapan Nasional


Selain hal-hal spesifik tentang kesehatan tadi, tentunya kami juga menanyakan hal seperti suasana hati dan perasaan Ibu. Apakah sedang sedih, gembira, atau sedang kepikiran sesuatu, dan kecemasan apa yang mungkin dirasakan. 


Selain itu, aktivitas Ibu dalam masyarakat juga tidak luput dari pemantauan kami, misalnya tadi pengajian di mana, ada arisan apa dalam minggu ini, ada berita apa di lingkungan sekitar rumah, dan sebagainya. Jadi, semacam sesi curhat gitu, deh! Hal ini untuk menjaga kesehatan Ibu dari berbagai sisi, termasuk kejiwaannya, agar Ibu tetap merasa diperhatikan dan tidak merasa kesepian di hari tuanya, meski tinggal seorang diri. 



b. Install Aplikasi SehatPedia dari Kemenkes

Menurut saya, aplikasi SehatPedia ini sangat bermanfaat dan komplit. Kami melakukan install aplikasi SehatPedia di handphone Ibu. Ketika mudik, kami pun menyempatkan untuk mengulik aplikasi tersebut bersama Ibu. Mengajari Ibu cara menggunakan aplikasi SehatPedia ternyata cukup mudah dan praktis, hanya sekali diajari, Ibu sudah bisa memanfaatkan aplikasi tersebut.


Kami memperkenalkan semua fiturnya pada Ibu. Mulai dari fitur telekonsultasi, chat dokter, reservasi fasilitas kesehatan atau RS, artikel kesehatan dari sumber ilmiah yang valid, serta info-info terkait aktivitas menjaga kesehatan. 


Alhamdulillah, Ibu makin tercerahkan dengan segala info dan manfaat aplikasi SehatPedia ini. Bahkan, Ibu juga dapat menebar manfaat dengan mengedukasi teman-temannya, sesama Ibu pengajian di lingkungan rumah, melalui materi pemantauan kesehatan yang diperolehnya dari aplikasi SehatPedia. Keren, kan!



c. Install Aplikasi Help 119 dari KREKI

Cara ketiga yang kami lakukan adalah meng-install aplikasi Help 119. Aplikasi ini dibuat oleh Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia, sebagai bentuk tanggung jawab untuk membantu mengedukasi masyarakat dalam menghadapi kegawatdaruratan medis. 


Aplikasi ini semacam emergency button yang dapat bermanfaat ketika terjadi kegawatdaruratan. Dalam kasus Ibu, kami menggunakan ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu Ibu mengalami vertigo kembali, maka Ibu sudah tahu harus menghubungi siapa dan harus melakukan apa.



IndiHome Internetnya Indonesia

Dari ketiga upaya pemantauan kesehatan di atas, semua membutuhkan adanya jaringan internet. Nah, di sinilah benar-benar terasa manfaat internet dengan hadirnya IndiHome dari Telkom Indonesia, sebagai provider internetnya Indonesia yang mumpuni dan terdepan, baik dari segi area jangkauan, kualitas layanan, maupun harganya.


IndiHome merupakan market leader dalam layanan broadband internet terkemuka di Indonesia. Anak perusahaan PT. Telkom Indonesia Tbk ini menyediakan 3 layanan utama, yakni internet, telepon, dan TV interaktif. Ketiganya merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari, kan.


Hingga akhir 2021, tercatat sebanyak 8,5 juta pelanggan telah menikmati manfaat internet dari IndiHome. Sejauh ini, IndiHome telah menjangkau 489 dari 514 kota/kabupaten. Bahkan 10 pulau terluar di Indonesia, seperti Pulau Bintan, Karimun, Kei, Alor, Simeulue, Weh, Sebatik, Rote, Sabu, dan Nusa Penida juga sudah dapat menikmati layanan IndiHome dari PT. Telkom Indonesia Tbk. Hebat, ya!


Bayangkan, serat optik IndiHome telah terbentang sejauh 166.343 kilometer, dari kota besar hingga pelosok desa terpencil. Jarak tersebut jika dibentangkan, setara dengan jarak 4 kali mengelilingi bumi kita. Wow, panjang banget, ya!


Selain memberi layanan broadband yang mumpuni, IndiHome juga memberi layanan entertainment dan konten yang seru banget. Bahkan, IndiHome memiliki jumlah kanal terbanyak, hingga 238 channel. Cocok sekali untuk menemani quality time bersama keluarga, dong!



Kesimpulan

Setiap tahun, penduduk lansia di Indonesia mengalami peningkatan. Di satu sisi hal ini menunjukkan bahwa sistem kesehatan semakin baik karena usia harapan hidup lebih tinggi. Namun, di sisi lain, tingginya penduduk lansia dapat memberi konsekuensi tertentu yang harus benar-benar diperhatikan, misalnya masalah kesejahteraan dan kesehatannya.


Dengan adanya IndiHome internetnya Indonesia, banyak orang merasa terbantu dan dapat beraktivitas tanpa batas. Selain itu, pemantauan kesejahteraan dan kesehatan lansia menjadi lebih lancar serta menyenangkan bagi semua pihak. Manfaat internet semakin terasa dengan IndiHome. Mantap, deh!


Meraih pahala dengan berbakti pada orang tua dapat lebih optimal dengan bantuan teknologi dan jaringan internet yang stabil. Itu baru salah satu manfaat internet, masih banyak manfaat internet lain, yang tentunya akan lebih berdampak positif bagi kehidupan kita. Tidak hanya dalam lingkup keluarga, tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat, bahkan berbangsa dan bernegara. 


Jadi, sekarang keputusan ada di tanganmu, hanya pasrah pada keadaan saja? Atau mau berikhtiar maksimal hingga merasakan manfaat internet jauh lebih besar bersama IndiHome? Jika opsi kedua yang kalian pilih, silakan baca info lebih lanjut di website IndiHome, ya.



Referensi:

  • https://indihome.co.id/news/para-blogger-yuk-ikutan-blog-competition-indihome-2022
  • https://persi.or.id/komunitas-relawan-emergensi-kesehatan-indonesia-luncurkan-aplikasi-kreki-119/
  • Arifin, Defri, et.al. Sistem Informasi Pemantauan Kesehatan Lansia. Journal of Information System Applied, Management, Accounting and Research. 2020; 4(4): p167-172.

28 comments

28 comments

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.
  • Asih Mufisya
    Asih Mufisya
    August 14, 2022 10:47 PM
    Dukungan internet yang mantap memang bikin hati tenang. Semakin memudahkan dalam mendukung kebutuhan kita. Semoga kondisi Ibu terus terjaga ya Mba.
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    August 12, 2022 8:04 PM
    Alhamdulillah ya Mbak berkat IndiHome, bisa tetap pantau orangtua yang sedang sakit.
    anak-anaknya jadi bisa lebih dekat dengan ortu walau terpisah jarak ya.
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    August 08, 2022 2:05 PM
    memang internet ini membantu banget di segala lini kehidupan ya, mbak. makanya meski sudah berumur sebaiknya orang tua kita juga diajarkan menggunakan gadget biar kita lebih mudah berkomunikasi dengan mereka
    Reply
  • Anggi Putri
    Anggi Putri
    August 08, 2022 12:59 PM
    Saya juga pengguna indiehome, memang internet sangat penting banget untuk semua urusan saat ini. Semangat semoga dimudahkan
    Reply
  • Muyassaroh
    Muyassaroh
    August 08, 2022 10:26 AM
    Zaman dulu saya hanya menelepon dengan Ibu di kampung, sekarang sudah terbiasa video call seiring berkembangnya zaman, makin canggih, makin memudahkan aktivitas kita. Namun, sayang sekali Ibu sudah sulit diajak komunikasi. Saya lebih banyak menghubungi kakak untuk bertanya kabar Ibu. Semoga orang tua dan mertua kita sehat-sehat, ya, Mbak. BTW, kami juga pakai Indihome. Alhamdulillah lancar :)
    Reply
  • Novri Yanti
    Novri Yanti
    August 07, 2022 3:24 PM
    Semoga ibunda sehat selalu Mba.. akupun sama, Ibu nun jauh did kampung halaman.. ada adek yg stand by.. secara berkala kontak via video call untuk tahu kabar dan kesehatan beliau. Internet benar² membawa manfaat mendekatkan yg jauh
    Reply
  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah
    August 07, 2022 12:17 PM
    Alhamdulillah berkat Indihome jadi lebih lancar komunikasi. Sehat terus ya ibu mertua dan keluarga mba Devi btw aku juga di Bandung, semoga nanti bisa ketemu ya hehehe.
    Reply
  • denik
    denik
    August 01, 2022 4:40 PM
    Benar sekali Mba. Manfaat internet tuh mencakup semua. Untuk itu perlu bijak memilih provider. Dan IndiHome by Telkom pilihan tepatn
    Reply
  • Mini Food
    Mini Food
    July 30, 2022 2:15 PM
    Kehadiran internet sangat membantu terhubung dengan keluarga. Itu juga yang saya rasakan mbak. Alhamdulillah jadi lebih tahu kondisi orang tua, adik, dan keluarga yang jauh di sana.
    Reply
  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta
    July 25, 2022 9:30 PM
    Syukurlah teknologi sekarang sudah canggih ditambah lagi dengan adanya jaringan internet yang stabil sehingga kita bisa ikut memantau kesehatan orang tua bahkan meskipun berjarak
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    July 24, 2022 11:52 PM
    Emang kalau sinyal enggak stabil itu bikin emosi. Aku dulu juga gitu, kalau telp / video call Bapak sama Ibu udah kayak orang marah. Padahal enggak marah, tapi gara gara sinyal ga stabil ngomong kudu diulang ulang. Dan ga sengaja volumenya bertambah keras juga hehehe
    Reply
  • Happy
    Happy
    July 24, 2022 11:24 PM
    semangat terus kak, semoga dimudahkan segalanya selalu.
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    July 24, 2022 11:01 PM
    kehadiran internet, IndiHome di rumah sangat membantu kita semua ya, terlebih lagi jika orang tua memilih untuk tinggal sendiri kita jadi bisa memantaunya dari jauh.
    semoga Ibunya sehat selalu ya Mbak, vertigonya gak kambuh lagi.
    Reply
  • Nimas Achsani
    Nimas Achsani
    July 24, 2022 10:36 PM
    Bener deh, internet ini memang berasa banget manfaatnya ya mbak, bahkan buat pantau kesehatan ortu pun bisa. Nanti deh aku coba donwload aplikasi kayak di atas buat ibu di rumah
    Reply
  • Witri
    Witri
    July 24, 2022 10:24 PM
    sinyal internet yang enggak bersahabat emang bikin komunikasi terhambat dan tentunya bikin kezel. kalau pakai IndiHome, sinyal was wus, mantau kesehatan orang tua lebih mudah, vc juga makin lancar.
    Reply
  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani
    July 24, 2022 8:52 PM
    Yap, gak ada alasan lagi untuk tidak berbuat baik terutama kepada orang tua sendiri, internet memang benar-benar mempermudah kebutuhan ya mbak.
    Reply
  • Ainun
    Ainun
    July 24, 2022 8:31 PM
    IndiHome bener bener membantu masyarakat untuk selalu terhubung dengan keluarga dimana pun berada ya.
    Saat awal pandemi sepertinya penggunaan internet yang lebih banyak, hari raya nggak bisa pulang kampung atau ke rumah sodara dan video call adalah solusinya
    Reply
  • T. Retno
    T. Retno
    July 24, 2022 8:26 PM
    Masya Allah, hebat ibu, Mbak. Usia 70 tahun dan masih semangat belajar menggunakan kemudahan berinternet. Anak mantu di rantau juga jadi lebih tenang karenanya ya.
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    July 24, 2022 3:49 PM
    Alhamdulillah,
    Masih ada orangtua yang merupakan pintu syurga bagi anak-anaknya.
    Semoga Allah mudahkan dan sehatkan selalu yaa, kak.

    Dengan pantauan dari ipar dan apps kesehatan yang membantu Ibu kalau ada keluhan, jaringan internet cepat memang menjadi andalan.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    July 24, 2022 2:44 PM
    Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan internet ya mbak.
    Termasuk memantau kesehatan lansia
    Meski berjauhan tetap bisa ya memantau kesehatan orang tua
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    July 24, 2022 2:38 PM
    Sebagai anak yang sudah memiliki kehidupan sendiri-sendiri dg jarak yang jauh dari orang tua, rasanya pasti nano-nano. Untung sekarang ya, teknologi udah canggih. Kangen bisa video call bareng-bareng tanpa hambatan karena koneksi kenceng.
    Reply
  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan
    July 24, 2022 11:28 AM
    seneng banget kalau internet lancar. komunikasi dengan orang tua juga lancar dan kita bisa tahu keadaannya. Jadi terasa tenang walaupun berada jauh. Semoga selalu sehat orang tuanya ya kak
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    July 24, 2022 11:10 AM
    Untuk unduh lalu instal aplikasi dan menjalankannya di gawai memang membutuhkan internet. Jadinya bisa dapat dipantau selalu
    Reply
  • Gusti yeni
    Gusti yeni
    July 24, 2022 10:52 AM
    Hadirnya internet memberikan manfaat dari berbagai sisi kehidupan mulai dari pendidikan, kesehatan sampai area dapur.
    Alhamdulillah ya bun ikut seneng dg internet kesehatan orang tua bisa di monitoring tanpa ribet.

    Semoga kedepannya Indihome bertambah jangkauannya sampai pelosok.negeri
    Reply
  • Leyla Hana
    Leyla Hana
    July 24, 2022 8:28 AM
    Duh bener banget ya kalo masih punya orangtua nih harus dipantau terus. Aku pun sesekali video call ayahku yang udah sepuh, melihat kondisinya apakah sehat atau sedang sakit.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    July 24, 2022 8:11 AM
    Alhamdulillah, sekarang lebih dimudahkan ya, Mbak dengan kehadiran internet. Termasuk dalam memantau kesehatan. Kalau harus langsung, padahal jarak berjauhan, kan repot juga ya, Mbak. Intinya harus terus berikhtiar.
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    July 24, 2022 6:50 AM
    Untung banget, ya, ada Indihome. Ibu saya juga memanfaatkan internet untuk registrasi rumah sakit dan ini sangat memudahkan.
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    July 23, 2022 10:19 PM
    Di satu sisi anak-anak ingin memantau keadaan ibu secara langsung, sementara ibu tetap ingin melanjutkan hari di rumah sendiri. IndiHome dengan jaringan internet lancarnya memang jadi solusi yang tepat mengatasi situasi tersebut. Bisa video call kapan pun diperlukan,
    Reply