6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Custom Post Signature

Bookmark

Belajar Gak Ribet ala QuBisa, Upskilling dan Reskilling

Aplikasi Siap Kerja yang Bikin Belajar Gak Ribet ya QuBisa
Aplikasi siap kerja yang bikin belajar gak ribet ya QuBisa.


Hai, semangat pagi!!!

Kenapa saya katakan semangat pagi? Padahal orang membaca tulisan ini bisa kapan pun, tidak harus pagi hari, kan?!? Begini, nih... Serumit apa pun hidupmu di hari kemarin, pagi hari selalu membawa harapan dan semangat baru bagi seluruh kehidupan. Jadi, tanamkan dalam diri, untuk selalu bersemangat dalam keseharian kita, seperti semangatnya matahari di pagi hari yang tak pernah lelah ataupun terlambat untuk menyinari bumi. Kalau sampai terlambat bersinar, itu artinya lagi mendung. Hehe.


Hari ini, masih dengan semangat pagi, saya akan membahas tentang aplikasi belajar online. Pastinya kalian sudah tahu kan, kondisi pandemi Covid-19 telah membuat banyak perubahan dalam kehidupan umat manusia di seluruh dunia. Termasuk perubahan dalam aktivitas belajar  di masa pandemi.


Tak heran, pada pertengahan 2021 Indonesia menduduki peringkat ke-3 di Asia dalam hal pengguna internet terbanyak, yakni 212, 35 juta jiwa. Melihat begitu besarnya pengguna internet di Indonesia, mau tak mau hal ini menjadi penggerak adanya perubahan perilaku dan aktivitas dalam masyarakat, salah satunya aktivitas belajar. Kalau dulu, belajar identik dengan pendidikan formal dan nonformal yang semuanya dilakukan secara langsung (tatap muka/luring). Saat remaja saya pun mengalaminya, pagi bersekolah, kemudian di sore hari ikut les/kursus, dan semuanya luring gaesss! Kebayang ribet dan gempor, kan?!?


Berbeda dengan era digital saat ini. Aktivitas belajar formal dan nonformal semuanya dapat dilakukan dalam genggaman. Ya, secara daring atau online. Begitu hebatnya teknologi, ya! Dulu, tak pernah terpikir bahwa kita akan menjalani sekolah online, rapat online, belanja online, kursus online gratis maupun berbayar, dan sebagainya. Sekarang, semuanya berubah menjadi serba online.


Nah, terkait perubahan di atas, saya ingin membahas salah satu aplikasi belajar online yang lagi nge-hits, yaitu QuBisa. Tentunya kalian bertanya-tanya dong, QuBisa itu apa? Cocoknya buat siapa saja? Apa saja benefit yang didapat jika menggunakan QuBisa? Yuk, let's check this out!


Pengalamanku Bersama QuBisa
Pengalamanku Bersama QuBisa


Apa itu QuBisa?

QuBisa adalah sebuah platform digital yang mengusung tagline "Online learning platform to help you learn anything, anytime, anywhere you want".


Aplikasi ini dirilis pertama kali pada Mei 2020, di tengah memuncaknya pandemi Covid-19. Sepertinya memang kondisi inilah yang justru memicu munculnya inovasi-inovasi kreatif untuk membantu orang-orang beradaptasi dengan kondisi sulit bernama pandemi.


QuBisa mempunyai misi yang cukup mulia, yakni mempersiapkan para lulusan baru (freshgraduate) dan profesional muda agar lebih kompetitif dalam kancah MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), melalui peningkatan akses pendidikan dan pelatihan berkualitas bagi semua orang, di mana saja, dan kapan saja.


Namun, setelah saya mengeksplorasi QuBisa, ternyata aplikasi ini tidak hanya bermanfaat bagi para freshgraduate dan profesional muda, lho. Ibu rumah tangga yang bekerja sebagai freelance editor dan blogger macam saya pun, ternyata sangat terbantu dengan adanya aplikasi tersebut.


Pasalnya, materi pembelajaran di aplikasi QuBisa ini luar biasa banyak macamnya. Selain itu, pembelajaran tersebut dapat berfungsi sebagai Road Map Karier yang membimbing para freshgraduate dan profesional muda untuk menemukan serta menjalani passion masing-masing. Materi pembelajaran di QuBisa secara umum berbentuk:

  1. Webinar
  2. Microlearning
  3. Belajar Kilat
  4. Paket kursus online gratis dan berbayar
  5. Kelas Pengembangan Karier
  6. Kelas Siap Kerja
  7. Sertifikasi


Bentuk Pelatihan di QuBisa

Nah, bentuk materi pelatihan di atas, terbagi dalam 2 kategori besar yaitu KSM dan KDM. 


Kategori Pembelajaran di QuBisa
Belajar di QuBisa, ada KDM dan KSM


Apa itu KSM?

Program KSM adalah keterampilan sukses milenial. Dalam kategori ini, QuBisa menyediakan aneka kelas yang membahas tentang: kemampuan dasar, agilitas, kepemimpinan, inovasi, dan keseimbangan diri.


Lalu, apa itu KDM?

Program KDM adalah keterampilan digital milenial. Kategori ini membantu para milenial untuk menguasai topik di ranah digital, sejak level pemula hingga level ahli. Mantap, kan! QuBisa menyediakan aneka kelas digital, di antaranya: perkembangan digital, produktivitas digital, analisis data digital, komunikasi dan kolaborasi digital, keamanan informasi digital, serta publikasi konten digital.


Mengapa Harus QuBisa?

Setelah tahu tentang info QuBisa, biasanya kita lanjut kepo bin penasaran, nih. Kenapa harus pakai QuBisa? Apa bedanya dengan aplikasi belajar online dan aplikasi siap kerja lainnya?


Keuntungan Menggunakan Aplikasi Siap Kerja QuBisa
Benefit Menggunakan Aplikasi Siap Kerja QuBisa


Begini... Di era digital ini, banyak orang menginginkan segala sesuatu yang serba cepat dan praktis. Termasuk dalam berbagi pengetahuan dan pembelajaran pun inginnya yang cepat dan praktis. Sementara faktanya, pembelajaran online yang cepat dan praktis itu masih terbatas dan hanya dapat dinikmati oleh segelintir orang dan lembaga tertentu saja. 


Jadi, QuBisa hadir untuk memberi win win solution untuk problem di atas, agar semua orang dapat menikmati fasilitas pembelajaran online secara cepat, tepat, praktis, dan juga aman. Di QuBisa, pemberi materi (coach) dan penerima materi (peserta kursus) dapat bertemu secara online. Benar-benar semudah menjentikkan jari, kan?


Lantas, mengapa harus QuBisa? Apa bedanya dengan aplikasi siap kerja yang lain? Atau aplikasi belajar online lainnya? Berikut ini beberapa benefit yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan aplikasi QuBisa, di antaranya:

  1. QuBisa kaya akan konten bermanfaat yang dapat membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengguna.
  2. QuBisa menyediakan penilaian bakat bagi pengguna. Jadi, kalian tidak perlu khawatir jika belum tahu apa saja bakat, kelebihan, dan kekurangan kalian agar siap kerja.
  3. QuBisa menyediakan webinar yang membantu mengarahkan pada Road Map karier yang sesuai dengan passion pengguna.
  4. QuBisa menyediakan konsultasi karier. Hal ini sangat membantu pengguna yang sedang galau dengan masa depan kariernya, ataupun yang masih benar-benar bingung (blank) dengan kondisi dan tantangan kariernya saat ini.
  5. Di QuBisa, siapa pun dapat menjadi pembelajar dan dapat berbagi pelajaran dengan mudah. QuBisa berkolaborasi dengan berbagai partner (universitas, industri, dan profesional) untuk menyediakan konten pembelajaran berkualitas, bermanfaat, dan up to date


Pengalamanku Belajar Bersama QuBisa

Nah, dengan segala fasilitas dan kelebihan aplikasi QuBisa ini, tentunya aku penasaran dong, ingin ikut merasakan manfaatnya. Meski hanya freshgraduate angkatan 13 tahun lalu, aku juga ingin melakukan upskilling dan reskilling, agar dapat bersaing dalam dunia kerja yang saat ini kutekuni.


Setelah cek sana-sini, akhirnya pilihanku jatuh pada Kursus Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dengan Konsep 3K. Kenapa memilih kursus ini? 


Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dengan Teknik 3K

Menurutku, manusia hidup itu hanya untuk beribadah dan menyelesaikan rangkaian masalah, masalah, dan masalah. Pantas saja beredar joke yang mengatakan bahwa, "Manusia hidup itu pasti diliputi masalah. Kalau diselimuti wijen itu namanya onde-onde. Atau jika bertabur kelapa, kemungkinan itu klepon. Bukan lagi manusia namanya." (silakan jika ingin tertawa, sebelum tertawa itu dilarang, kata Warkop DKI).


Selain itu, problem solving merupakan salah satu soft skill yang wajib dikuasai setiap individu, apa pun profesinya dan berapa pun usianya. Jadi, mantaplah kupilih kursus ini.


Coach di kursus tersebut adalah Dr. Abdul Latief. Beliau adalah praktisi, akademisi, sekaligus penulis. Wah, cocok banget dengan dunia literasi yang kugeluti saat ini. Beberapa contoh yang beliau berikan juga seputar aktivitas membuat tulisan.


Tingkatkan Kemampuan Problem Solver dengan Teknik 3K
Salah satu kursus di QuBisa, problem solving dengan teknik 3K


Konteks (Context)

Konteks ini merupakan sesuatu yang melatarbelakangi terjadinya suatu masalah. Kalau dalam sebuah buku, kita bisa menjabarkan konteks ini di bagian pengantar, di bab-bab awal sebuah buku. Biasanya konteks ini membicarakan mengenai fenomena yang akan dibahas dan keresahan yang muncul sebagai pemicu, serta mengarahkan pada pembahasan konten. Perlu diketahui, bahwa konteks ini ada yang tersirat dan ada pula yang tersurat. Kita harus pandai mengamati keduanya, agar dapat menjadi problem solver yang kreatif dalam keseharian kita.


Konten (Content)

Konten inilah masalah sesungguhnya yang akan kita kupas tuntas. Kita harus memahami dan melihat masalah dari berbagai sudut pandang, agar konten yang akan kita tulis/akan dibicarakan cukup berbobot. Sesuai dengan konteks yang ada, maka kita akan mudah membahas konten sesungguhnya.


Kesimpulan (Conclusion)

Kesimpulan ini adalah sesuatu atau insight yang dapat kita tarik benang merahnya, berdasarkan konteks dan konten yang sudah dibahas sebelumnya. Kesimpulan biasanya berbentuk goal-goal tertentu yang akan dicapai atau berupa kebijakan yang akan diterapkan dalam rangka menyelesaikan masalah tersebut.


Nah, seringnya orang terburu-buru ingin menyelesaikan konten masalah dan menarik kesimpulan, tanpa tahu lebih dalam mengenai konteks yang melatarbelakanginya. Inilah yang berbahaya dan berpotensi menambah rumit masalah yang ada. Bukannya menyelesaikan masalah.


Kesimpulan Setelah Mengikuti Kursus di Aplikasi QuBisa

Kursus meningkatkan kemampuan problem solving dengan konsep 3K ini menurutku praktis banget. Benar-benar belajar gak ribet ala QuBisa, nih! Hanya dengan 2 video pembelajaran berdurasi total 15 menit, sudah mendapat insight yang bermanfaat dan cukup membantu bagiku.


Jika diterapkan dalam keseharianku, teknik 3K ini sangat bermanfaat jika diterapkan saat aku akan membuat tulisan di blog dan saat menghadapi bocah-bocah lucu di rumah.


Saat akan membuat tulisan di blog, sudah jelas aku harus mengumpulkan banyak referensi untuk menggali ide sehingga bisa membahas suatu masalah sesuai konteks. Pola pikir dengan teknik 3K ini sangat membantu dalam membuat outline tulisan. Jadi, tulisan akan lebih rapi dan terarah.


Teknik 3K ini juga membantuku menghadapi anak-anak ketika terjadi sibling rivalry. Sesama Emak-Emak pasti tahu rasanya menghadapi sibling rivalry. Ya, ketika Bunda harus berperan layaknya hakim agung yang harus memutuskan suatu perkara di antara anak-anak. 


Saat kondisi sedang kondusif, biasanya Bunda menerapkan teknik 3K ini, dengan cara lebih sabar dan lebih teliti menggali konteks lebih dalam jika ada pengaduan dari salah satu anak. Kemudian Bunda akan membahas satu-persatu konten masalahnya dengan anak. Dan, di akhir akan menarik kesimpulan bersama, yang biasanya berupa kebijakan yang akan diterapkan di rumah, baik berupa aturan baru atau konsekuensi yang harus dijalani salah satu anak atau keduanya.


Alhamdulillah, dengan adanya QuBisa ini aku bisa meningkatkan kemampuan upskilling dan reskilling, upgrade ilmu pengembangan diri dengan praktis, serta bisa tahu cara meningkatkan personal branding. Belajar gak ribet dan tahu cara belajar efektif bersama aplikasi QuBisa.


Kompetisi Blog QuBisa

QuBisa mengadakan kompetisi blog dengan hadiah jutaan rupiah
Kompetisi Blog QuBisa


Oiya, QuBisa juga mengadakan lomba blog yang bisa kalian ikuti, lho. Info lengkapnya silakan lihat di Lomba Blog QuBisa yang aplikasinya bisa kalian download di Playstore untuk pengguna berbasis Android dan di Apps Store untuk pengguna produk Apple.


Nah, sekian dulu ceritaku tentang QuBisa kali ini. Sudah siap menjadi individu yang lebih bermanfaat dengan ilmu menarik seperti meningkatkan kemampuan upskilling dan reskilling, cara belajar efektif, dan cara meningkatkan personal branding yang lebih mumpuni dengan prestasi gemilang? Siap, dong! 


Aku bisa, kamu bisa!


49 comments

49 comments

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.
  • Sylviana
    Sylviana
    December 16, 2021 2:05 PM
    saya baru tau nih mbak sama aplikasi Qubisa, banyak banget bisanya ya, terimakasih atas sharing nya
    Reply
  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta
    December 14, 2021 8:21 AM
    Bagus sekali aplikasinya QuBisa ini. Banyak kursus dan webinar menarik yang bisa bantu kita upgrade skill dari rumah. Termasuk buat IRT seperti saya juga merasakan manfaat dari aplikasi belajar online ini.
    Reply
  • Erin Herlina
    Erin Herlina
    December 13, 2021 10:10 AM
    QuBisa memang platform belajar online untuk semua kalangan. Tidak terbatas status pendidikan dan sosial. Kita bisa upskilling dan reskilling dengan mengikuti kelas-kelas di QuBisa sesuai dengan minat dan kebutuhan.
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    November 29, 2021 12:29 PM
    alhamdulillah ya sekarang ada aplikasi qubisa ini yang bisa membantu kita meningkatkan berbagai softskill yang pastinya berguna dalam banyak hal
    Reply
  • Happy Dyah
    Happy Dyah
    November 21, 2021 7:29 PM
    Ikutan upgrade skill di Qubisa ah. Biar tambah canggih. Gak kudet di dunia digital
    Reply
  • Putri Santoso
    Putri Santoso
    November 21, 2021 6:56 PM
    Aku beberapa kali baca review tentang QuBisa
    Memang platform yang membantu banget ya kak untuk upskill. Walaupun di rumah aja harus tetep belajar biar nggak ketinggalan
    Reply
  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi
    November 20, 2021 3:06 PM
    Aku donggg.. hobi ngumpulin sertifikat QuBisa, wkwkwkwk..
    Reply
  • Ella Fitria
    Ella Fitria
    November 19, 2021 8:46 AM
    Dari kapan hari mau cobain aplikasu qubisa blm sempet2 nih.. Byk bgt ilmu yg bisa kita dptin kl ikutan kelasnya ya. Weekend ini wajib ikut ah, apalagi byk kelas gratisnya😍
    Reply
  • Nisya Rifiani
    Nisya Rifiani
    November 19, 2021 7:55 AM
    memang "fresh graduate" kaya kita-kita ini butuh belajar lagi sesuatu yang baru...
    kita butuh sesuatu yang bisa menambah skill and knowledge.
    QuBisa bisa memenuhi apa yang kita butuhkan untuk upgrading self
    Reply
  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani
    November 19, 2021 5:36 AM
    Uwow menjentikkan jari ini mudah banget ya Mba. Belajar di QuBisa emang menyenangkan. Bisa meningkatkan keahlian di berbagai bidang lewat aplikasi siap kerja QuBisa
    Reply
  • Nunung Yuni Anggraeni
    Nunung Yuni Anggraeni
    November 18, 2021 8:06 AM
    Udah pakai Qu Bisa tapi baru ngeh kalau QuBisa menyediakan konsultasi karier. Membantu banget ya buat pengguna yang sedang galau dengan masa depan kariernya
    Reply
  • Susi Susindra
    Susi Susindra
    November 17, 2021 10:23 PM
    Memang mengasyikkan sekali kalau bisa belajar skill-skill penting, dan sebagiannya sangat up t date di QuBisa. Saya juga belajar dari situ
    Reply
  • Diaz Bela
    Diaz Bela
    November 17, 2021 6:06 AM
    Seru banget sih di QuBisa ada banyak materi dengan beragam jenis cara pengajaran.. Mau belajar di aplikasi atau web sama2 menyenangkan ya
    Reply
  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas
    November 16, 2021 11:41 PM
    QuBisa emang pilihan terbaik buat mempersiapkan diri cari kerja atau menambah kemampuan. Salah satu keuntungan tinggal di zaman now, belajar bisa dari mana dan kapan saja.
    Reply
  • Mutia Nurul Rahmah
    Mutia Nurul Rahmah
    November 16, 2021 11:03 PM
    Aku sangat butuh menyisihkan waktu untuk belajar, nampaknya qubisa dapat menjadi pilihan nih. Makasih ya
    Reply
  • Rania Fardyani
    Rania Fardyani
    November 16, 2021 10:49 PM
    QuBisa emng yop banget sesuai jadi situs belajar.
    Materinya ok di donlot dulua4
    Reply
  • Santi Suhermina
    Santi Suhermina
    November 16, 2021 10:01 PM
    Aku udah ikut kelasnya kak. Dan emang suka banget karena nambah insight biar makin pinter di dunia digital
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    November 16, 2021 9:10 PM
    iya senang banget sekarang sudah ada Qubisa ini
    bisa meningkatkan skill dengan mudah ya mbak
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    November 16, 2021 7:50 PM
    Aku suka "jalan-jalan" di QuBisa. Masuk ke kelas-kelas gratisnya yang buanyak banget itu. Puas aja rasanya bisa dapat banyak ilmu :)
    Reply
  • K. Niken
    K. Niken
    November 16, 2021 7:34 PM
    Benar banget kalau Qubisa merupakan salah satu aplikasi belajar online yang lagi nge-hits. Penasaran juga dengan kemampuan problem solving dengan konsep 3K ini. Memang kelihatannya praktis ya
    Reply
  • Erin Herlina
    Erin Herlina
    November 16, 2021 6:59 PM
    QuBisa lengkap banget, ya. Bahkan gak cuma buat freshgruade naupun professional, semua orang bisa akses dan mengikuti kelas online gratis sesuai bidang yang ingin dikuasai.
    Reply
  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji
    November 16, 2021 4:04 PM
    QuBisa ini tuh membantu banget, banyak loh materi kursusnya dan yang penting ada kursus gratisnya. Yang enggak punya uang, asal ada smartphone dan internet, tetep bisa deh belajar.
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    November 16, 2021 3:02 PM
    Aplikasi QuBisa emang cocok banget buat upskilling dan reskilling apalagi buat personal branding. Banyak materi daging dengan narsum oke.
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    November 16, 2021 2:25 PM
    Baru tau kalau ada aplikasi sekeren ini, kebetulan pas pandemi ini sy jd lumayan suka belajar online soalnya lebih fleksibel
    Reply
  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika
    November 16, 2021 2:10 PM
    ah K3 ini bisa banget nih dipraktekkin dalam membuat tulisan blog ya mbak, jadi konten itu memang harusnya sudah matang secara konsep juga.. qubisa memang andalan banget jadi aplikasi siap kerja nih
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    November 16, 2021 11:36 AM
    Saya merasakan manfaat setelah belajar di QuBisa juga mba.
    Mana bisa diakses lagi kalau ilmunya lupa. Kalau sama mentor lain kan sungkan ya.
    Reply
  • Han
    Han
    November 16, 2021 5:59 AM
    Mantep yaa mbaa. aku kemarin jg ikutan QuBisa ini lhoo. alhamdulillah dapat banyak banget ilmu. terutama ilmu soal public speaking. apalagi gratisss
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    November 16, 2021 5:52 AM
    Yes betul banget. Baca kata "semangat pagi", memang punya pengaruh yang cukup baik lho. Jadi bikin semangat gitu deh, hehehe.

    Ngomongin soal skill, kayaknya saya juga perlu banget nih upgrade skill. Terutama untuk dunia kerja, biar bisa bersaing dengan calon pelamar lainnya. Secara zaman pandemi gini, nyari kerja susahnya setengah hidup. Semua serba praktis belajar online di aplikasi QuBisa. terima kasih atas ulasan super kerennya Mba Devi.
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    November 11, 2021 11:41 PM
    Anak sekarang memang terkenal dengan generasi instan. Semua bisa dicari hanya dengan mengetikkan sesuatu di mesin pencari. Kalau zamanku dulu, kudu buka buku satu per-satu.
    Tapi dengan teknologi pun, kini bisa belajar dengan nyaman dan usaha yang dikeluarkan semakin minim dengan hasil yang besar.

    Sukses ya, kak..
    Belajar memang proses yang harus dijalani dalam sebuah proses menggapai kesuksesan.
    Reply
  • Happy Hawra
    Happy Hawra
    November 11, 2021 10:56 PM
    aku juga udah ngerasain gimana asyiknya pakai QuBisa karena bisa belajar di mana pun dan kapan pun. belajar sambil rebahan juga bisa, udah gitu banyak pilihannya lagi huaaaa seneng banget :')
    Reply
  • Atanasia Rian
    Atanasia Rian
    November 11, 2021 10:33 PM
    wah menarik ini tentang QuBisa, kayaknya mau coba ngulik-ngulik ah. Siapa tau ada yang cocok dan bisa dipraktekin
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    November 11, 2021 9:28 PM
    kebetulan banget kak saya juga kursus QuBisa di sini, bagus memang aplikasinya banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan kita kelasnya, gratis pula dna banyak
    • Sabrina
      Fenni Bungsu
      November 16, 2021 4:37 PM
      Iya kak, dapat disesuaikan apa yang menjadi kebutuhan kitanya ya. Sehingga untuk upgrade skill di QuBisa sangat mudah
    Reply
  • Santi Suhermina
    Santi Suhermina
    November 11, 2021 7:58 PM
    Wah, betul nih problem solving emang salah satu soft skill yang wajib kita kuasai karena kita emang bukan onde2. Haha...
    Reply
  • Damar Aisyah
    Damar Aisyah
    November 11, 2021 4:52 PM
    Saya ikut kelas Personal Branding di QuBisa. Sejauh ini materinya sangat sederhana dan mudah diaplikasikan. Selain itu bisa dibuka via website, jadi lebih nyaman saat belajar.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    November 11, 2021 4:10 PM
    Noted nih konsep 3K nya bisa diterapkan buat kita sebagai blogger.
    Inilah asiknya belajar bareng QuBisa karena banyak dapat insight dan bisa kapan aja belajarnya
    Reply
  • Diaz Bela
    Diaz Bela
    November 11, 2021 3:06 PM
    Aku juga terbantu banget nih dengan adanya skill yang didapat dari QuBisa! Aplikasi yang handy dan banyak manfaat!
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    November 11, 2021 2:15 PM
    iya, emang sekarang klo mau belajar untuk meningkatkan skill makin mudah
    bisa ikut kursus online di Qubisa ya mbak
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    November 11, 2021 12:55 PM
    Berkat kecanggihan teknologi sekarang mau nambahin ilmu dan keterampilan bisa dengan mudah kita lakukan dari rumah saja ya. Asalkan punya gadget yang terkoneksi dengan internet, Insyaallah bisa belajar di QuBisa.
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    November 11, 2021 12:00 PM
    Aku juga merasakan belajar melalui aplikasi siap kerja QuBisa memang gak ribet.
    Materi mudah dipahami. Cocok banget utk meningkatkan skill agar makin profesional di dunia kerja ya.
    Reply
  • Irfa Hudaya
    Irfa Hudaya
    November 11, 2021 10:39 AM
    Tempo hari aku juga sudah nyobain QuBisa, nyobain assesment juga. Ternyata masih banyak yang perlu diperbaiki nih supaya makin percaya diri dan kompeten
    Reply
  • Han
    Han
    November 11, 2021 7:18 AM
    Aku kemarin juga belajar di QuBisa nih mbaa, alhamdulillah seneng banget bisa dapat ilmu tentang public speaking gratisss, padahal biasanya biaya di luaran sampai 3jutaan huhu.
    Reply
  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika
    November 11, 2021 6:41 AM
    Favorit banget aplikasi siap kerja qubisa ini buat upskilling diri ya mbak.. aku juga nih kemarin ambil kelasnya pak abdul latief. enak enak banget tutornya kalau nngejelasin tuh, sesuai dengan kompetensinya ya
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    November 10, 2021 9:43 PM
    Asyik dong, tinggal menjentikkan jari kayak thanos. Banyak kursus gratisnya lagi, ya
    Reply
  • Mita Oktavia
    Mita Oktavia
    November 10, 2021 7:40 PM
    Mbak, kemarin aku juga tertarik sama materi yg tentang konsep 3K ini . Memang enak dan nyaman belajar di QuBisa ya mbak. Semoga kita makin tambah ilmunya ya mbak setelah banyak ikut kelas-kelasnya nanti. :D
    Reply
  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani
    November 10, 2021 5:39 PM
    Baca tulisan ini membuat saya jadi tambah semnagat, duh insightful banget sih mbak, seneng banget deh.

    Asik nih ada Qubisa, belajar apa pun sesuai passion bisa dilakukan aku juga lagi ambil kelas Public Speaking di Qubisa loh mbak.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    November 10, 2021 12:40 PM
    Saya juga sangat terbantu dengan adanya QuBisa, Mbak. Saya bisa menambah pengetahuan kapan saja dan di mana saja. Misalnya saya sudah pernah ikut kursus bisnis kopi. Selain kelas-kelas keran, banyak juga webinar.
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    November 08, 2021 11:07 PM
    Mbak, aku sangat terhibur baca tulisannya, hehe...
    Memang QuBisa ini cara belajar efektif dan gak ribet. Aku berencana mau ikutan kursus KDM lagi...huhu bikin nagih emang...
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    November 08, 2021 11:02 PM
    Mbak, aku sangat terhibur baca tulisannya, hehe...
    Memang QuBisa ini cara belajar efektif dan gak ribet. Aku berencana mau ikutan kursus KDM lagi...huhu bikin nagih emang...
    Reply