Tips Jitu Atasi Kesulitan Keuangan ala IndiHome

Tips Jitu Atas Kesulitan Keuangan ala IndiHome


Kondisi kesehatan finansial merupakan hal penting bagi setiap orang. Namun, tidak semua orang dapat mempertahankan kondisi keuangan yang stabil dan akhirnya mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti penghasilan yang tidak mencukupi, gaya hidup yang kurang bijak, atau bahkan masalah utang yang menumpuk.


Namun, jangan khawatir, ada beberapa tips jitu yang bisa diterapkan untuk mengatasi kesulitan keuangan. Dalam artikel ini, saya akan membahas tips tersebut serta pentingnya menggunakan teknologi dalam mengelola keuangan, demi tercapainya cita-cita kebebasan finansial yang diimpikan semua orang. 



Faktor Penyebab Kesulitan Keuangan

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi kesulitan keuangan, mari kita mengenal beberapa faktor penyebab kesulitan keuangan. Beberapa faktor tersebut antara lain:

- Kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang literasi keuangan.

- Gaya hidup konsumtif yang berlebihan.

- Tidak disiplin dalam melakukan perencanaan keuangan.

- Adanya utang yang menumpuk.

- Penghasilan yang tidak mencukupi kebutuhan hidup.


Dampak negatif dari kesulitan keuangan juga sangat beragam, seperti stres, kecemasan, overthinking, depresi, hingga masalah kesehatan yang mengancam jiwa.



Mengatasi Kesulitan Keuangan Secara Efektif

Ada beberapa tips mengatasi kesulitan keuangan secara efektif, misalnya mengelola keuangan saat Ramadan. Namun, yang akan saya bahas saat ini hanya 3 hal utama, yaitu dengan membuat rencana keuangan yang baik dan disiplin menerapkannya, mengubah pola hidup konsumtif, serta mencari sumber pendapatan tambahan.


Prioritas Atasi Kesulitan Keuangan
(sumber: Canva)

1. Membuat Rencana Keuangan

Langkah pertama dalam mengatasi kesulitan keuangan adalah dengan membuat perencanaan keuangan yang baik, kemudian menerapkannya secara disiplin. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:


a. Membuat budget atau anggaran pengeluaran

Hal ini akan membantu kita untuk memantau dan mengontrol pengeluaran sehingga tidak berlebihan dan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dengan mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan, kita dapat mengetahui ke mana uang kita sebenarnya dihabiskan. Dengan begitu, kita dapat lebih mudah mengontrol pengeluaran selanjutnya.


b. Menabung atau berinvestasi secara bijak

Kita harus menyisihkan sebagian uang dari penghasilan setiap bulannya untuk ditabung atau diinvestasikan. Hal ini akan membantu kita untuk memiliki dana darurat atau bahkan memperoleh keuntungan dari investasi tersebut. Saat ini sudah banyak aplikasi pengatur keuangan yang dapat membantu kita mengontrol pengeluaran serta memonitor tabungan dan investasi.


Perlu diingat, dana untuk tabungan atau investasi ini harus disisihkan sejak awal menerima penghasilan/gaji, ya. Jangan menunggu setelah ada sisa di akhir bulan.


Saat ingin berinvestasi, pastikan kita memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan finansial, serta memiliki profil risiko yang dapat disesuaikan dengan karakteristik kita.


c. Mengurangi utang yang dimiliki

Jika memiliki utang, sebaiknya lunasi hutang tersebut secara bertahap, agar tidak menumpuk dan menimbulkan beban yang lebih besar di kemudian hari.


2. Mengubah Pola Hidup Konsumtif

Selain membuat rencana keuangan, mengubah pola hidup konsumtif juga sangat penting dalam mengatasi kesulitan keuangan. Beberapa tips yang bisa dilakukan, di antaranya:


a. Prioritaskan kebutuhan daripada keinginan

Sebelum membeli barang, pikirkan terlebih dahulu apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya sekadar keinginan belaka. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan, ya.


b. Belanja dengan bijak dan hemat

Cari tahu promo atau diskon yang sedang berlangsung sebelum membeli barang, agar dapat menghemat pengeluaran. Namun, tetap harus berhati-hati, jangan belanja melebihi kebutuhan, meski sedang ada promo atau diskon, ya. Promo atau diskon besar-besaran sering kali memancing kita untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Maka, berbelanjalah sesuai kebutuhan.


c. Hindari gaya hidup konsumtif yang berlebihan

Sebaiknya hindari bergaya hidup mewah dan boros. Usahakan tetap hidup sederhana dan bijak dalam mengelola keuangan. Sebelum membeli barang, coba pertimbangkan lagi apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau sekadar keinginan impulsif saja.


Jika memilih barang, pikirkan fungsi utama dan manfaatnya. Jangan memilih barang karena faktor brand atau gengsi, ya.


3. Mencari Sumber Pendapatan Tambahan

Terakhir, cara untuk mengatasi kesulitan keuangan adalah dengan mencari sumber pendapatan tambahan. Beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya:


a. Mencari pekerjaan sampingan

Kita dapat mencari pekerjaan paruh waktu yang cocok dengan jadwal pekerjaan utama kita, untuk memperoleh penghasilan tambahan. Namun, tetap ingat untuk menyesuaikan dengan kemampuan dan kesehatan kita, ya.


b. Membuka bisnis sampingan

Jika memiliki keahlian atau passion tertentu, kita dapat membuka bisnis sampingan yang bisa dilakukan tanpa mengganggu jadwal pekerjaan utama. Misalnya Anda memiliki kemampuan mengajar les pelajaran sekolah. Maka, Anda dapat membuka bisnis tempat les di lingkungan sekitar rumah Anda. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga berpotensi mendapat pahala karena membantu orang sekitar yang membutuhkan jasa Anda.


c. Menjual barang bekas yang masih layak pakai

Kita dapat menjual barang bekas yang sudah tidak diperlukan di rumah, untuk mendapatkan uang tambahan. Selain mendapatkan uang tambahan, kita juga membuat rumah terasa bersih dan lebih lega, serta terhindar dari potensi menjadi hoarder (suka menumpuk-numpuk barang tidak bernilai, hanya sebagai koleksi yang tidak jelas penyimpanannya).



Kelola Keuangan Lebih Baik dengan Dukungan Teknologi

Di era digital seperti sekarang, teknologi dapat menjadi sahabat terbaik dalam mengelola keuangan. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah internet banking atau e-banking. Melalui layanan ini, kita dapat melakukan transaksi perbankan seperti transfer uang, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya dengan cepat dan mudah tanpa harus datang ke bank secara langsung.


Manfaatkan Teknologi untuk Atur Keuangan
(sumber: Canva)


Seperti dilansir dari situs perbandingan harga gadget, teknologi juga membuat kita lebih mudah dalam memantau pengeluaran dan pendapatan melalui aplikasi pengatur keuangan yang disediakan oleh bank. Aplikasi tersebut dapat membantu kita mengontrol pengeluaran dan memonitor tabungan serta investasi dengan lebih mudah.



Manfaat Internet IndiHome

IndiHome merupakan layanan internet cepat dari Telkom Indonesia yang bisa menjadi solusi bagi kita dalam mengelola keuangan. Melalui layanan ini, kita dapat menikmati internet cepat untuk berbagai aktivitas seperti bekerja, belajar, hingga melakukan transaksi perbankan melalui internet banking.


Layanan IndiHome juga menyediakan beragam paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kita. Paket-paket tersebut antara lain paket combo yang terdiri dari internet, TV kabel, dan telepon rumah, serta paket internet only yang cocok untuk mereka yang hanya membutuhkan akses internet.


myIndiHome Semua Transaksi dalam Genggaman
(Sumber: Canva)

Dengan menggunakan layanan IndiHome, kita dapat menghemat biaya dalam penggunaan internet karena paket yang ditawarkan sangat terjangkau. Selain itu, IndiHome juga memberikan kemudahan dalam membayar tagihan melalui aplikasi myIndiHome yang dapat diakses melalui smartphone.


36 comments on "Tips Jitu Atasi Kesulitan Keuangan ala IndiHome"

  1. Salah satu kendala pengaturan keuangan saya saat ini agak kendor, karena harga-harga kebutuhan mulai naik lagi. Padahal pas puas, dan menjelang lebaran, sudha melambung tinggi hahaha. Akhirnya perlu pengaturan ulang lagi. Tapi tetap poin-poin utama saya terapkan, Mbak. Sesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan. pastinya wajib sekali mencari tambahan penghasilan lewat Jajanan Kurcaci Pos hehehe.

    ReplyDelete
  2. Di zaman modern ini, keberadaan internet sangat membantu untuk mempermudah proses pengelolaan keuangan. Misalnya saja pakai aplikasi keuangan atau platform lainnya. Nah, kalo sudah pasang WiFi IndiHome di rumah, manfaatkan sebaik-baiknya untuk membantu mempermudah hidup kita

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillaah aku merasa beruntung sih bisa ada internet dan kenal sama mobile banking jadi bisa nabung atau saving bahkan investasi dan belajar soal itu di rumah ajaa, selama itu ada internet

    ReplyDelete
  4. Bener banget sih part yang mencari pendapatan tambahan. Karena pemasukan kalau nggak dicari hasilnya akan segitu-segitu aja kan? hehehe...

    ReplyDelete
  5. Utang menumpuk ini emang selalu masalah ya. Apalagi kadang kita pny piutang ckp bnyk dari org. Yg ditagih, orgnya marah. Kita lg kesusahan, dia malah senang2. Kan cashflow kita jd terganggu. Perencanaan keuangan kita pun bermasalah.

    ReplyDelete
  6. Menggunakan aplikasi keuangan dan didukung koneksi internet tidak hanya memudahkan proses transaksi, tapi juga memudahkan dalam melihat penggunaan keuangan kita, sehingga bisa tahu pos mana yang harus di rem pengeluarannya

    ReplyDelete
  7. Astungkara, pengin banget mengatasi masalah keuangan saya yakni belum ada usaha yang jalan. Mohon doanya 😭

    ReplyDelete
  8. Teknologi juga bisa banget dijadikan batu loncatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Kak. Biar bisa mengatasi kesulitan keuangan juga. Salah satu contohnya menjadi konten kreator atau bisnis online...

    ReplyDelete
  9. Keadaan ekonomi sekarang begitu sulit aku juga sedang usaha cari kerja sampingan..dengan andalin jaringan internet yang stabil

    ReplyDelete
  10. Tidak disiplin dalam keuangan, sumber bencana awal mula terjadi utang piutang, dan hidup susah

    ReplyDelete
  11. Betul. Tak semua orang bisa bertahan dalam kesulitan keuangan. Ada yang jeli lihat peluang di kala sulit, ada yang terpuruk. Karena itu penting belajar literasi keuangan sejak dini biar ga pusing

    ReplyDelete
  12. Mengubah pola hidup konsumtif itu penting banget. Sekarang banyak godaannya untuk hidup hedon. Jangan sampai bikin kita bangkrut ya.

    ReplyDelete
  13. emang penting banget punya perencanaan keuangan yang baik. mesi sudah nabung tapi kalo gaya hidupnya konsumtif mah aduh sama aja ya hehe

    ReplyDelete
  14. Betul, Bun. Kesulitan keuangan itu berdampak banget pada kondisi psikis. Saya sudah melihat banyak contohnya, terutama yang kesulitan keuangan karena terbelit utang. Duh!

    ReplyDelete
  15. Aplikasi keuangan bisa jadi teman yang asik buat kelola finansial lebih baik.
    Apalagi terhubung dengan internet, sehingga sat-set-sat-set buat belajarnya

    ReplyDelete
  16. Mengalami kesulitan bukan untuk dihadapi dengan cara mengeluh tetapi tetap optimis untuk mencari jalan keluar agar keuangan kembali stabil. Jadi memang penting untuk tahu tips-tips untuk mengatasi kesulitan keuangan dengan cara yang benar, ya

    ReplyDelete
  17. Sekarang ini, saya sedang terus belajar dan mencoba mencari tambahan penghasilan. Selain kerja di perusahaan, saya juga ngeblog biar dapat cuan. Dan semua itu berkat koneksi internet yang lancar.

    ReplyDelete
  18. Internet IndiHome yang cepat dan stabil juga bisa membantu kita dalam mengatur keuangan dengan baik ya mbak

    ReplyDelete
  19. Literasi keuangan seperti ini memang sangat penting dinera digital. Thank you sharingnya mba

    ReplyDelete
  20. Noted nih tipsnya, karena jujur akutuh belum bisa disiplin dalam perencanaan keuangan. Sering banget ada kebocoran dalam pengeluaran.

    ReplyDelete
  21. Mengelola keuangan supaya efektif memang butuh 3 hal utama, yaitu dengan membuat rencana keuangan yang baik dan disiplin menerapkannya, mengubah pola hidup konsumtif, serta mencari sumber pendapatan tambahan. Cateet!

    ReplyDelete
  22. Hal kecil namun berdampak adalah kalau memang terpaksa harus utang, biasakan untuk berusaha bayar secepatnya

    ReplyDelete
  23. Adanya akses Internet sekarang menjadi solusi segala permasalahan ya, Kak. *eh. Dan memang IndiHome ini menjadi internet provoder yang baik

    ReplyDelete
  24. Betul bgt kakal, teknologi bs bantu kita atur keuangan. Seperti internet yg lancar bs memudahkan sy dlm transaksi keuangan dan cek mutasi keuangan.

    ReplyDelete
  25. Iya sih ya..
    Cita-cita tertinggi tuh di masa tua uda Financial freedom gitu.. Gak mikirin keuangan, uda fokus sama ibadah aja. Dan hal ini bisa dicapai kalau pengelolaan keuangannya rapih dan sistematis sejak masa produktif seperti saat ini.

    ReplyDelete
  26. Tiga hal itu benar semua kak, terutama harus mmbuat anggaran atau rincian apa saja yang mau dikeluarin. Jadi tahu totak yang baka dihabisin.

    ReplyDelete
  27. Setuju dengan semua poin di atas. Memang untuk bisa mengatasi masalah keuangan kita harus disiplin ya dalam membuat perencanaan keuangan ini

    ReplyDelete
  28. Penghasilan yang tidak mencukupi bikin menabung jadi hal yang mustahil ya. Jalan lain untuk mengatur keuangan dengan baik adalah menambah penghasilan dan hasil dari side job itu diinvestasikan. Untung ada IndiHome yang mendukung terciptanya pekerjaan2 digital sekarang ini.

    ReplyDelete
  29. Huhuhu, menyusun anggaran itu sebenernya mudah. Yang agak bikin males ketika rekapannya wkwk, tapi zaman sekarang lebih mudah karena banyak aplikasi dan didukung sama internet cepet. Demi cash flow yang lebih baik~

    ReplyDelete
  30. Wah mantul ka tipsnya apalagi di era sekarang udah maju, dengan adanya internet kita bisa kerja dimana aja ya termasuk di rumah sama IndiHome

    ReplyDelete
  31. Nah setuju nih bisa buka bisnis online dari rumah bisa jadi solusi untuk atasi masalah keuangan tapi ya teteup harus gunakan jaringan inet mumpuni seperti IndiHome ini ya mbak

    ReplyDelete
  32. Internet IndiHome memang nggak bisa lepas dari kehidupan sehari2 sih. Asalkan kita bisa memanfaatkannya, insya Allah akan memudahkan kita dalam berbagai hal termasuk dalam mengatur keuangan ya, mbak.

    ReplyDelete
  33. Aku termasuk individu yang gak bagus manajemen keuangannya, hahahaa...
    *ngakuuuu...
    *padahal udah belajar tips finansial segala
    Doaku cuma satu, selalu ada rezeki tak terduga dari Yang Maha Kaya. Aamiin. 😍

    ReplyDelete
  34. Iya nih, kalau misal nggak bisa ngurangin gaya hidup konsumtif yah mestia siap buat nambah pendapatan. Tapi akan lebih baiknya ngga berlebihan belanja plus banyak pendapatan sih. Apalagi sekarang banyak side job di internet ya

    ReplyDelete
  35. Tips mengatur keuangan didukung dengan internet lancar seperti IndiHome bisa bikin tambah happy nih.

    ReplyDelete
  36. Betapa teknologi informasi yang didukung sarana plus prasarana oke seperti internet andal Indihome ini bisa sangat membantu kejutekan masalah keuangan. Mungkin memang ngga langsung dapat duit, tapi dengan melek literasi keuangan dan banyak dapat peluang maka apa yang tidak mungkin.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.

Custom Post Signature