6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Custom Post Signature

Bookmark

Tantangan dan Tips Jualan Online di Pedalaman

Tantangan dan Tips Jualan Online di Pedalaman


Di masa krisis ekonomi global yang sedang mengintai seperti saat ini, kita perlu melakukan berbagai manuver untuk membuat roda perekonomian keluarga tetap berputar on the track. Salah satunya dengan memiliki bisnis sampingan, misalnya berjualan online.

Jika domisili tempat tinggal Anda berada di pedalaman atau di desa terpencil, Anda tak perlu berkecil hati. Karena hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang besar bagi bisnis Anda.

Berjualan online memang cukup menjanjikan, apalagi jika lokasi kita di pedalaman atau ndeso. Salah satu alasannya karena jumlah kompetitor yang belum terlalu banyak. Namun, sama seperti bisnis pada umumnya, jualan online di pedalaman juga memiliki berbagai tantangan yang perlu diatasi dengan bijak, di antaranya:

IndiHome dan Bisnis Online di Pedalaman
Tips Memulai Bisnis Online di Pedalaman (Sumber: Canva Pro)

1. Upgrade Keterampilan dan Pengetahuan Bisnis

Tantangan ini sekaligus menjadi peluang dan kesempatan bagi Anda untuk meningkatkan skill. Hal ini dikarenakan ada berbagai kompetitor yang mungkin memiliki keterampilan dan pengetahuan bisnis lebih mumpuni dibanding Anda. Jika demikian, maka perencanaan bisnis pun harus semakin matang.

Dengan memiliki pengetahuan bisnis yang tepat, akan membuat Anda memiliki kemampuan analisis yang baik pula. Sehingga ketika disajikan berbagai data, Anda bisa memahami dan tahu bagaimana mengambil keputusan yang tepat. Bahkan, tak sedikit kelas bisnis online yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan kemampuan diri.


2. Sumber Daya dan Pengemasan Produk

Pengetahuan tentang pengemasan produk juga merupakan hal yang cukup penting. Banyak orang yang belum menyadari, bahwa tidak semua produk bisa dikemas dengan cara dan bahan yang sama.

Tantangan dan Tips Pengemasan Produk
Tantangan dan Tips Pengemasan Produk (Sumber: Canva Pro)

Pengemasan produk yang tepat, dapat menjadi media promosi bisnis, jika dilakukan dengan cara yang tepat pula. Namun, hal ini juga menjadi kendala jika terjadi di daerah pedalaman.

Seperti yang Anda lihat, masyarakat lokal pada umumnya lebih menyukai transaksi konvensional sehingga tidak memerlukan kemasan yang berlebih, seperti pada jualan online.


3. Keterbatasan Teknologi dan Infrastruktur

Infrastruktur merupakan salah satu kendala yang terlihat cukup jelas, jika berbicara mengenai konteks berjualan online di pedalaman. Karena pembangunan yang belum sepenuhnya merata, membuat berbagai akses di pedalaman cukup terbatas. 

Pentingnya Infrastruktur Bagi Bisnis Online di Pedalaman
Pentingnya Infrastruktur Bagi Perkembangan Bisnis Online di Pedalaman (Sumber: Canva Pro)


Tidak hanya itu, perkembangan teknologi di pedalaman tidak setinggi di perkotaan. Jika diperhatikan, budaya dalam masyarakat lokal memang cukup erat. Hal inilah yang menyebabkan beberapa perubahan tidak dapat otomatis mengubah kehidupan mereka. 

Itulah mengapa, ketika Anda memulai bisnis online di pedalaman, paling tidak sudah menguasai berbagai teknologi dasar yang menunjang kegiatan usaha. Sekarang, ada banyak kelas maupun kursus online tentang teknologi yang bisa diakses dengan mudah. 

Selain itu, pastikan Anda sudah menggunakan jaringan internet yang cepat dan stabil, seperti provider internet IndiHome dari Telkom Indonesia. Infrastruktur dan jaringan fiber optic IndiHome telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai ke pelosok desa dan daerah pedalaman.

IndiHome menyediakan berbagai pilihan paket internet yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing pelanggan. 

Di saat yang sama, ISP (Internet Service Provider) yang satu ini juga membantu masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet dalam program Sobat IndiHome. Anda bisa mencari tahu bisnis online yang dijalankan dalam program ini dengan sistem komisi di situs SOBI.


4. Kendala Logistik

Logistik adalah kepanjangan tangan bisnis online Anda. Apa jadinya bisnis online, khususnya jualan, jika tidak ada logistik yang memadai? 

Logistik ini memiliki peranan yang tak tergantikan untuk sebuah bisnis, sebab sistem ini akan membantu Anda untuk mengirimkan barang, menyimpan, hingga manajemen penyediaan stok barang.

Kendala tersebut juga dikarenakan akses transportasi hingga infrastruktur yang belum memadai. Bahkan karena alasan kondisi geografis, sering kali biaya logistik mendominasi komponen penyusun harga yang cukup besar. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan jasa ekspedisi. Perusahaan jasa ekspedisi biasanya memiliki data berbagai wilayah yang termasuk dalam area jangkauan mereka. Jadi, mereka akan membantu kita untuk melakukan distribusi barang dengan lebih cepat dan efisien.


5. Manfaatkan Berbagai Platform Digital untuk Menambah Cuan

Mengembangkan bisnis online sudah tentu akan berkaitan dengan berbagai platform digital. Anda perlu memanfaatkan penggunaan media sosial semaksimal mungkin untuk melakukan promosi dan pemasaran.

Mengapa media sosial penting? Sebab, menurut situs teknologi Pricebook, saat ini media sosial bisa mendatangkan banyak keuntungan. Bahkan, ada banyak akun di TikTok yang sudah berpenghasilan di atas 50 juta dari membuat konten dan menjual produk secara online. Misalnya akun Eat Sambel, Sohib Cemilan, dan masih banyak lagi.


Penutup

Berbagai kendala berjualan dan berbisnis online di pedalaman memang cukup kompleks. Namun sebagai pengusaha, Anda tentu harus mencari jalan keluar yang terbaik, agar bisnis tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Itulah mengapa, sebelum memulai bisnis online, perlu menyiapkan segala sesuatunya secara detail dan matang. Termasuk jangan sampai salah dalam memilih provider internet. Pilihlah provider internet yang menyediakan program-program untuk membantu kita berkembang menjadi lebih baik, seperti program Sobat IndiHome. Ingat, komunitas besar dapat membantu Anda berkembang!


111 comments

111 comments

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.
  • Arai Amelya
    Arai Amelya
    April 07, 2023 6:24 AM
    Salut buat IndiHome yang jaringannya menembus batas geografis gini. Sekarang bahkan orang pelosok bisa jualan dengan perantara internet. Sambil terus ningkatin ilmu jualan online, cuan tetap ngalir dong
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    April 07, 2023 6:10 AM
    Di pedalaman tuh yang harus dipastikan adalah koneksi internet
    Kalau enggak lancar, sangat sulit melayani pelanggan
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    April 06, 2023 11:53 PM
    Kalau membaca bisnis online yang bisa dilakukan ketika kita berada dimana saja asalkan ada jaringan internet cepat dan lancar ini sangat menguatkan semua pebisnis yang akan memulai bisnisnya. Dengan membaca berbagai macam jenis kendala yang akan dihadapi, semoga bisa diselesaikan dengan solusi terbaik, seperti masalah Kendala Logistik.
    Reply
  • Deny Ir
    Deny Ir
    April 06, 2023 11:25 PM
    menurutku sekarang sudah ada solusi utk tantangan jualan online di pedalaman, cukup dengan provider internet yg kuat, salah satunya indihome, dijamin lngsung wus..wus,,he
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    April 06, 2023 10:30 PM
    Tantangan banget ya berbisnis online di pedalaman, terutama yang transportasinya belum begitu bagus. Duh, yang tinggal di kota dengan fasilitas apa-apa ada rasanya jadi ketabok!
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    April 06, 2023 9:10 PM
    Meski di pedalaman, kalau ada kemauan dan tekad yg kuat, serta mau belajar dan upgrade skill, sudah pasti bisa.
    Reply
  • Allaely Hardhiani
    Allaely Hardhiani
    April 06, 2023 8:21 PM
    Dengan adanya internet, masyarakat di pelosok ttp bisa bersaing dan berkembang. Mereka bisa menghasilkan cuan dgn bisnis online asalkan mereka benar2 mau untuk memanfaatkan internet untuk upgrade skill dan pengetahuan.
    Reply
  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI
    April 06, 2023 8:20 PM
    Biasanya tantangannya di edukasi penggunaan internet sama cara jualan online sih ya kalau di desa mbahku
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    April 06, 2023 6:54 PM
    Meskin banyak tantangan, bisnis online di pedalaman cukup menjanjikan ya mbak. Apalagi kalau didukung oleh internet cepat dan stabil dari IndiHome ini
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    April 06, 2023 5:13 PM
    Sekarang di era serba digital, setiap orang punya kesempatan yang sama untuk bisa berbisnis online, termasuk masyarakat di desa sekalipun. Selain koneksi internet yang stabil, juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya, misalnya saja perusahaan logistik, upgrade pengetahuan seputar bisnis hingga pengemasan produk. Kalo semuanya berjalan dengan baik, bisnis online pun bisa berjalan dengan lancar. Nice article Mba Devi...
    Reply
  • Indra DP
    Indra DP
    April 06, 2023 3:38 PM
    pentingnya dukungan infrastruktur teknologi yang memadai seperti internet cepat dari Indihome bisa sangat membantu para pebisnis di pedalaman agar dapat mempromosikan produknya ke pasar yang lebih luas dengan jualan online
    Reply
  • Han
    Han
    April 06, 2023 2:25 PM
    Alhamdulillah ngga perlu khawatir sih yaa mau bisnis di manapun, udah ada jaringan internet cepat yang jangkauannya luas bangett, bisnis jadi lebih berkembang insyaAllaah, aamiin
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    April 06, 2023 10:54 AM
    Dengan informasi yang valid dan terpercaya, menjalankan bisnis online di pedalaman pun tak jadi masalah. Asal didukung dengan internet yang cepat dan stabil, pegiat UMKM bisa mendapatkan informasi dan tips-tips jualan online di internet
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    April 06, 2023 9:54 AM
    Meski tinggal di pedalaman bisa tetap berbisnis online. Asal internet ada, ga ada alasan lagi buat ga buka usaha
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    April 06, 2023 9:49 AM
    betul kak, yang penting ada internet provider yaa itu biasanya sudah sangat membantu meski ternyata banyak juga kendala jualan di pedalaman ya kak
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    April 06, 2023 9:45 AM
    Baru tau kalau IndiHome ada komunitas nya yaitu Sobat IndiHome. Wah pasti lebih manfaat lagi ya dengan berlangganan IndiHome
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    April 06, 2023 9:28 AM
    Infrastruktur yang rapi dan masuknya akses internet memadai, jadilah memudahkan untuk pelaku usaha yg meskipun berada di pedalaman bisa terus berkembang
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    April 05, 2023 9:03 PM
    Sekarang tuh kalau menurutku ya. Mau itu tinggal di desa atau kota mah sama saja. Soalnya bahkan di desa-desa tuh internet udah cepat dan stabil. Jadi urusan bisnis pun bisa kita lakukan sambil online
    Reply
  • Sugianto
    Sugianto
    April 05, 2023 8:22 PM
    Berkat adanya internet, kendala yang selama ini dihadapi pelaku usaha online sedikit banyak semakin menemukan solusi.
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    April 05, 2023 2:57 PM
    Semenjak ada Internet, desaku semakin maju. Masyarakatnya makin kreatif jadi profesinya juga semakin beragam. Banyak juga diantara mereke yang menawarkan produk atau dagangannya melalui media sosial. Memang keberadaan internet ngebantu banget sih..
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    April 05, 2023 1:27 PM
    Berbisnis itu, tidak selamanya tergantung tinggal di mana. Yang penting jeli melihat peluang dan memanfaatkan sebaik mungkin. Banyak yang bisnis di pedalaman juga sukses. Apalagi potensi di daerah itu sangat bagus. Kemudian sekarang sudah era digital. Bisa promosi dan jualan secara online.
    Reply
  • Anonymous
    Anonymous
    April 05, 2023 11:19 AM
    Nganternyabpake drone yah bundamami🙂
    Reply
  • Rona Desa Indo RnD
    Rona Desa Indo RnD
    April 05, 2023 11:15 AM
    Terima kasih tips-nya mbak devi. Bermanfaat sekali
    Reply
  • Anonymous
    Anonymous
    April 05, 2023 11:12 AM
    Pingin belajar bisnis online, apakah bunda mami ada sesi khusus untuk ini?
    Reply
  • Nana
    Nana
    April 05, 2023 11:09 AM
    Keren tipsnya👍
    Reply
  • Tiwi
    Tiwi
    April 05, 2023 10:08 AM
    Keren banget Mbak Devi, memang di pedalaman tidak hanya penjualnya yang menghadapi tantangan, tapi juga pembeli. Tapi, ada sisi menarik dari tantangan yang ada dalam tulisan ini malah justru menciptakan peluang dan inovasi di desa.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    April 05, 2023 9:48 AM
    menurut saya semua kendala membuka usaha online di pedalaman sekarang gak terlalu sulit karena akses internet stabil dan terjangkau IndiHome udah cukup bantu banget. lewat akses internet ini kita bisa belajar banyak hal terkait bisnis online. selama, pakai IndiHome tentunya.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    April 05, 2023 9:48 AM
    menurut saya semua kendala membuka usaha online di pedalaman sekarang gak terlalu sulit karena akses internet stabil dan terjangkau IndiHome udah cukup bantu banget. lewat akses internet ini kita bisa belajar banyak hal terkait bisnis online. selama, pakai IndiHome tentunya.
    Reply
  • Muyassaroh
    Muyassaroh
    April 04, 2023 4:23 PM
    Bener banget ya, mesti pilih2 provider internet yang tepat. Karena ini termasuk poin penting yang mesti disiapkan sebelum mulai bisnis online, apalagi jika tinggal di pedalaman.
    Reply
  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi
    April 04, 2023 3:42 PM
    Provider internet memang modal terpenting sih menurutku untuk bisnis online. Coba kalau lemot, rasanya pengen gigit tembok.
    Reply
  • Happy
    Happy
    April 03, 2023 10:46 PM
    wah kerasa banget sih kalau saat pengabdian masyarakat tuh kita aja jadi bisa tau kalau potensi-potensi yang ada di pedalaman nih bisa jadi peluang uang yang besar banget kalau tau cara promo dan memasarkannya. untung sekarang banyak platform yang bisa dipelajarin ya
    Reply
  • Nengsi
    Nengsi
    April 03, 2023 12:22 PM
    Meski di pedalaman, tapi sekarang kan internet udah lancar. Kita bisa melakukan bisnis secara online aja di medsos. Tapi di daerahku yang jadi kendala listrik sih. Sering mati. Saat listrik mati, ya sinyal pun ikut hilang.
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    April 03, 2023 5:41 AM
    Dengan masuknya internet ke pedalaman atau desa Insya Allah masyarakatnya bisa menggali potensi diri, memasarkan produk pedesaan jiga lebiu mudah (gustinyeni)
    Reply
  • Aprilely Ajeng Fitriana
    Aprilely Ajeng Fitriana
    April 03, 2023 5:35 AM
    Repot banget emang kalau tinggal di pedalaman. Aku punya reseller yang tinggal di Maluku. Pas proses pendampingan jadi susah karna dia terkendala sinyal mulu. Pengiriman juga cuma bisa pakai 1 ekspedisi aja. Lainnya kaya harus ambil sendiri di kantor ekspedisinya.
    Reply
  • Fatimah Aqila
    Fatimah Aqila
    April 03, 2023 12:11 AM
    Jadi pengusaha itu emang bikin kita kreatif ya. Pasti akan selalu ada tantangan g dihadapi. Nah, ini bakal jadi kesempatan kita buat terus upgrade gimana bisnis yang dikembangkan biar terus berkembang sih menurutku. Emang, kalau jadi pengusaha harus dipikirkan matang-matang sih.
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    April 02, 2023 11:02 PM
    para pemilik UMKM di daeah sangat terbantu dengan adanya internet. Karena saat ini Internet, contohnya IndiHome juga sudah masuk ke daerah daerah,...
    Reply
  • Monica Anggen
    Monica Anggen
    April 02, 2023 10:50 PM
    Dengan adanya internet, masyarakat yang tinggal di pedalaman pun bisa memulai bisnis sendiri ya. Bahkan produk lokal mereka bisa dijual ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri secara online
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    April 02, 2023 10:40 PM
    Seru pastinya bisa berdagang dari pedalaman
    Tidak khawatir sinyal engga oke karena sudah disokong oleh IndiHome
    Hmm besok bakalan share menu apalagi?
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    April 02, 2023 10:22 PM
    Betul sekali bahwa setiap bisnis ada tantangannya masing-masing.
    Dan masa kini, semua tantangan bisa dikelola dengan baik atas bantuan internet cepat yang menjangkau seluruh penjuru dunia. Sehingga bisa mengambil pelajaran untuk atasi kekurangan dan semakin meningkatkan kelebihan yang telah dimiliki.
    Reply
  • Ririn Wandes
    Ririn Wandes
    April 02, 2023 9:45 PM
    Namanya jualan di pedalaman pasti ada aja tantangannya ya,kak. Bahkan yang di kota pun tetep ada nih tantangannya. Keren banget jika sudah tau tipsnya sehingga meskipun di pedalaman tetap bisa cuan donk.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    April 02, 2023 9:36 PM
    Mau di kota mau di desa kalau sudah masuk jaringan internet saat ini apapun bukan lagi jadi kendala. Alhamdulillah ke desa saya juga internet sudah sampai jadi gak tertinggal lagi
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    April 02, 2023 8:57 PM
    Berjualan online di pedalaman tentu memiliki tantangan tersendiri ya mbak
    Namun berkat bantuan internet cepat dan stabil dari IndiHome ini, semuanya bisa mudah ya
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    April 02, 2023 7:30 PM
    keterbatasan teknologi memang menjadi salah satu hambatan orang-orang di pedalaman untuk berkembang, semoga dengan adanya internet cepat dari Telkom Indonesia ini makin banyak ya yang terbantu masyarakat di pedalaman
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    April 02, 2023 1:55 PM
    Dengan adanya internet kini membuka peluang bagi masyarakat di pelosok untuk mengembangkan bisnisnya. Tentunya dengan syarat harus mau upgrade skill biar nggak ketinggalan. Meskipun nggak mudah, pelan-pelan pasti bisa.
    Reply
  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi
    April 02, 2023 1:50 PM
    Tantangan jualan online di pedalaman sangat kompleks apalagi berhubungan dengan pasar dan media promosi. Beruntung ada provider internet yang menjangkau hingga pelosok, jadi semakin memudahkan dalam jualan online
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    April 02, 2023 12:36 PM
    Jaringan internet yang sudah menyebar ke berbagai tempat memang menjadi solusi khususnya dalam berbisnis. Jadi bisnis di manapun bisa lancar dilaksanakan
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    April 02, 2023 11:42 AM
    Infrastruktur itu penting banget ya untuk kelancaran bisnis di daerah yang terpencil. Bukan hanya jalan saja, tapi juga internet saat ini menjadi hal penting agar bisnis kian tumbuh dan berkebang walau jauh dari perkotaan.
    Reply
  • Han
    Han
    April 02, 2023 10:45 AM
    Adanya internet ini mau di pedalam ataupun kota kek kayaknya untuk bisnis insyaAllaah akan sama yaa peluangnya, udah terbantu banget adanya internet cepat yang menjangkau seluruh daerah di Indonesia. jadi ngga perlu takut pasarnya ngga ada.
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    April 02, 2023 8:51 AM
    Tinggal di pedalaman tak menjadi kendala untuk bisa jualan online saat ini, ya, Alhamduliilah disyukuri sekali, apalagi dengan adanya penunjang akses internet yang sudah bisa dinikmati sampai pelosok, proses jualan online pun jadi lancar
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    April 02, 2023 6:14 AM
    Wah setuju banget kalau kendala infrastruktur bikin bisnis masyarakat pedalaman sulit berkembang. Eh tapi untung sekarang ada IndiHome yang bisa menjangkau pelosok pedalaman lewat jaringan internet. Jadi bisa sukses jualan online dan lebih luas pemasarannya.
    Reply
  • ungayossydotcom
    ungayossydotcom
    April 01, 2023 11:12 PM
    semakin banyak tantanagn semakin banyak kita improvisasi ya kak. Semoga semakin lancar juga usaha kita. Karena semua pasti ada hambatan tapi tidak membuat kita untuk menyerah.
    Reply
  • Laily
    Laily
    April 01, 2023 8:53 PM
    Tantangan banget untuk berbisnis di pedalaman ya Mbak? dengan dukungan skill terbait dan internet terbaik dipastikan bisnis berjalan lancar jaya.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    April 01, 2023 4:58 PM
    Seiring hadirnya internet, maka berbagai kendala bisa teratasi ya, Mbak. Misalnya dulu, kalau tinggal di pedalaman, akses informasi susah, sekarang lebih mudah. begitu juga dengan peluang jualan online. Bisa saja ada potensi bagus dari pedalaman. nah, lewat jualan online, bisa kita kembangkan dan menghasilkan cuan.
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    April 01, 2023 1:51 PM
    Bener banget, berjualan online saat ini memang sudah jadi tren. Karena memang saat ini orang memilih yang praktis dan menghemat waktu. Dan alhamdulilah banget ya sekarang ini internet tidak hanya bisa diakses di kota-kota besar saja, di pelosok pun sudah bisa. So, yang tinggal di pedalaman pun juga bisa jualan online dengan memanfaatkan internet.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    April 01, 2023 9:48 AM
    Saya termasuk tinggal di pedalaman nih. Tapi betul, berkat internet masuk desa, sekarang saya tidak minder lagi untuk bisa beraktivitas seperti teman-teman yang tinggal di kota. Begitu juga dengan bisnis online. Mau jadi penjual atau pembeli sekarang saya punya kesempatan yang sama juga
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    April 01, 2023 8:32 AM
    Kendala akses internet memang kendala berbisnis online di pedalaman. Tetapi semenjak Telkomsel menjangkau pelosok, banyak desa yang berkembang pesat.
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    April 01, 2023 6:15 AM
    Setuju kak kalau pengemasan produk kudu baik. Karena customer ada yg tertarik beli kalau bungkusnya bagus. Dengan cara ini maka jualan di desa pun lancar ya. Apalagi kalau pake internet marketing dan wifinya pasti IndiHome.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    April 01, 2023 12:38 AM
    saya gak kebayang dehk kalo buka bisnis online di pedalaman. yang paling krusial soal jarak tempuh ke logistik dan akses internet. itu penting banget. jarak terlalu jauh tentu akan memakan waktu tidak sebentar dan akses internet lemot dan ak stabil udah deh bisnis online rungkad alias ripuh atau yaa susah gitu ngejalaninnya. untungnya IndiHome ini udah ada dimana-mana ya termasuk pedalaman. bisnis online sekarang bisa lebih lancar.
    Reply
  • sarrahgita
    sarrahgita
    March 31, 2023 1:53 PM
    dengan adanya jaringan internet di seluruh pelosok, sekarang semua orang sudah bisa berjualan online dari berbagai tempat. Walopun masih ada beberapa kendala hal tersebut pastinya masih bisa teratasi. btw saya baru tahu ada program sobi dari Indihome, nice info
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    March 31, 2023 1:49 PM
    Iyak bener banget. Jaringan internet emang bisa bawa berkah buat banyak orang. Bahkan, di pedalaman sekalipun
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    March 31, 2023 9:38 AM
    Tetep bisa jualan online meski di pedalaman, ya. Asalkan upgrade skill dan pengetahuan, serta didukung provider internet andal
    Reply
  • Gusti yeni
    Gusti yeni
    March 31, 2023 8:20 AM
    Alhamdulillah ikut seneng Indihome dari Telkom menjangkau internet sampai pedesaan. Dampaknya sangat bagus bagi masyarakat karena mereka bisa langsung menawarkan produkny secara online.
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    March 30, 2023 6:51 PM
    Perkembangan teknologi yang melesat cepat membuat pegiat usaha jg semakin punya peluang mengepakkan sayapnya, nggak cuma di perkotaan aja tp bisa jg di daerah terpencil, cuma ya itu, mesti jeli melihat kondisis seperti yg disebutkan di atas
    Reply
  • Rhoshandhayani KT
    Rhoshandhayani KT
    March 30, 2023 4:46 PM
    iya nih, kudu pinter2 milih provider internet, apalagi kalau untuk kerja online kayak olshop atau content creator seperti kita
    Reply
  • Dian farida ismyama
    Dian farida ismyama
    March 30, 2023 3:55 PM
    Bener juga ya jualan di pedalaman banyak tantangannya. Tapi kalau sudah go digital sih jadi lebih mudah pastinya
    Reply
  • Era Wijaya Sapamama
    Era Wijaya Sapamama
    March 30, 2023 12:56 PM
    Urusan kekuatan jaringan internet memang nadinya bisnis online ya mba. Semangat
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    March 30, 2023 9:13 AM
    Iya ya mba, aku baru mikir nih ternyata jualan online nggak menutup kemungkinan bisa berjalan dan sukses mesti di pedalaman, jd terbuka lagi pikiranku, jangan nyerah kalau emang mau buat bisnis
    Reply
  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian
    March 30, 2023 12:29 AM
    setuju sekali kak sebelum memulai bisnis online kita memang perlu menyiapkan segala sesuatunya secara detail dan matang. Termasuk jangan sampai salah dalam memilih provider internet ya
    Reply
  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI
    March 29, 2023 10:31 AM
    Betul mba ini jadi tantangan banget untuk jualan online di desa atau pedalaman. Untung ada IndiHome dengan program SOBI nya ya
    Reply
  • Aprilely Ajeng Fitriana
    Aprilely Ajeng Fitriana
    March 29, 2023 10:01 AM
    Sebagai mamak-mamak olshop, aku terbantu banget sama IndiHome. Kerja dari rumah jadi makin gampang.
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    March 29, 2023 9:49 AM
    sekarang walau tinggal di pedalaman asal ada internet yang stabil kita tetap bisa jualan online ya, mbak. apalagi kalau yang dijual itu produk yang unik dan banyak dicari dikombinasikan dengan digital marketing yang baik insyaAllah jualannya bisa laris
    Reply
  • Zeneth Thobarony
    Zeneth Thobarony
    March 29, 2023 9:30 AM
    Hebatnya jaman digital sekarang, semua bisa berdaya. Dulu yang di pedalaman susah berkarya sekarang kesempatannya sama kayak yang di tengah kota
    Reply
  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta
    March 29, 2023 7:49 AM
    Yup jadi tantangan tersendiri ya kalau mau buka usaha atau bisnis di pedalaman gitu. Syukurnya zaman sekarang sudah canggih di tambah lagi dengan adanya dukungan internet yang cepat dan stabil hingga ke pelosok yang dapat membantu dan melancarkan usaha kita
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    March 29, 2023 7:43 AM
    Iya sekarang kalau tanpa internet semuanya jadi suram. Di pedalaman kalau dipake jualan online bakalan bisa datangkan untung banyak.
    Reply
  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani
    March 29, 2023 6:52 AM
    Memulai bisnis online di pedalaman pasti banyak tantangannya, tetapi keberadaan internet terutama internet cepat dari IndiHome pasti sangat membantu terutama dalam memperluas promosi.
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    March 29, 2023 5:14 AM
    Asalkan menguasi teknik berjualan secara online, Insya Allah bakal bisa mengembangkan potensi bisnis yaa meskipun tinggal di pedalaman. Koneksi internet yang stabil jadi kuncinya nih.
    • Uniek Kaswarganti
      R Palupi
      April 02, 2023 6:43 AM
      Setuju mbak. Sekarang yang lagi trend kan jualan via LIVE. Nah itu tuh butuh banget internet yang cepat dan stabil.
    • Uniek Kaswarganti
      Lintang
      April 06, 2023 1:29 PM
      Nah berkat internet cepat saat ini kita bisa upgrade skill juga dengan belajar bisnis atau tips marketing lewat online, Jadi bisnis di pedalaman tetep bisa berkembang.
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    March 28, 2023 7:24 PM
    Modal jualan online ya internet itu sendiri ya Mbak hehehe. Itulah kenapa punya akses internet cepat, seperti Indihome ini penting banget. Promosi lancar, jualan makin laris.
    • SHalikah
      ANGGITA RAMANI
      April 01, 2023 5:10 PM
      Setuju mba, apalagi di era digitalisasi saat ini. Memang harusnya mereka butuh untuk dibekali skill berjualan online
    Reply
  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma
    March 28, 2023 4:36 PM
    kalau IndiHome mah percaya bisa diandalkan sampai pelosok desa, sinyalnya kuat jadi ga perlu khawatir sinyal lup lep
    • Dyah Kusuma
      hani
      April 05, 2023 10:57 PM
      Bener loh Mbak. IndiHome tuh sinyalnya kuat di seluruh wilayah Indonesia. Aku lihat menara BTS-nya ada dimana-mana, bahkan dipuncak gunung. Kita lagi di lautan di Maluku engga perlu khawatir, nyambung terus internetnya...
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    March 28, 2023 3:16 PM
    Sekarang jualan di pedalaman lebih terbantu dengan adanya internet cepat seeprti IndiHome yang menjangkau pelosok negeri. Bayangin, kita jadi bisa upgrade ilmu dan skill terkait bisnis dan bisa jualan online juga. Membantu UMKM banget.
    Reply
  • Dyah (Author roemahaura.com)
    Dyah (Author roemahaura.com)
    March 28, 2023 9:09 AM
    Saya turut bahagia dengan adanya infrastruktur dan jaringan fiber optic dari IndiHome yang telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia, sehingga orang-orang di pelosok desa dan daerah pedalaman bisa meraih peluang bisnis online ya mbak.
    Reply
  • khairiah
    khairiah
    March 28, 2023 8:43 AM
    pendalaman itu kendalanya biasa karena faktor transportasi yang mahal dan internet, seperti dipedalaman papua, satu kg gula harganya seratus ribu, sabun , shampoo seratus ribu
    Reply
  • Lia Lathifa
    Lia Lathifa
    March 28, 2023 8:34 AM
    jualan online meski di pedalaman gak jadi alasan lagi tidak bisa berkembang, memanfaatkan internet yang mumpuni dan kencang seperti Indihome serta menggunakan promosi di beberapa platform, yakin banget bakalan bisa tembus pasaran luas
    Reply
  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman
    March 27, 2023 9:42 PM
    Bener banget Kak. Untuk daerah pedalaman yang paling sulit sebelum memutuskan untuk berbisnis adalah lancar atau nggaknya koneksi internet. Era sekarang mau bisnis udah harus ada internet soalnya ya, walaupun bisnisnya dibuka secara offline. Minimal pakai internet buat delivery barang gitukan~
    Reply
  • Utie adnu
    Utie adnu
    March 27, 2023 5:30 PM
    Tantangan banget ya mba..klo punya rumah dipedalaman terbatas nya akses internet jadi kendala mau show up juga agak sulit. hrs dimanfaatkan bngt nih program Sobat IndiHome.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    March 27, 2023 4:55 PM
    Bersykur ada IndiHome dengan layanan internetnya yang menjangkau hingga pelosok ya, kak. Jadinya banyak membantu menjawab tantanagn pelaku usaha kecil menengah untuk bisa mengenalkan produknya
    Reply
  • Irra Octaviany
    Irra Octaviany
    March 27, 2023 4:40 PM
    Senangnya karena sekarang IndiHome telah hadir di pedalaman sehingga dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet.
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    March 27, 2023 4:35 PM
    Betul banget dengan memilih provider internet yang tepat seperti IndiHome yang menyediakan program-program untuk membantu penjual menjadi lebih baik, dapat membantu mereka berkembang!
    Reply
  • April Hamsa
    April Hamsa
    March 27, 2023 4:34 PM
    Sepertinya di manapun jualannya asalkan punya kemauan kuat utk selalu upgrade skill jualannya dan juga udah riset pangsa pasarnya bakalan tetep cuan ya mbak bisnisnya. Apalagi kalau didukung internet yang cepat dan stabil. Wah ini sebuah modal yang perlu dimiliki hehe.
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    March 27, 2023 4:18 PM
    Nggak hanya di pedalaman sih. Mau di mana saja pun akan selalu ada kendala soal bisnis. Baiknya emang kita jadikan tantangan saja sih. Biar jadi nambah semangat belajar.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    March 27, 2023 3:56 PM
    Di era digital seperti ini, semua bisa mendapatkan peluang ya mbak, termasuk bagi masyarakat pedalaman
    Selama ada jaringan internet yang mumpuni, maka bisa dimafaatkan untuk melakukan bisnis digital ya
    Reply
  • Ila Rizky
    Ila Rizky
    March 27, 2023 3:02 PM
    Aku setuju dengan artikel ini. Berjualan online di pedalaman memang memiliki banyak keuntungan, namun juga memiliki tantangan yang perlu dihadapi. Untuk menghadapi tantangan ini, aku pikir kita harus memiliki strategi yang tepat dan tahu cara mengoptimalkan sumber daya yang tersedia. Kita juga harus terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi. Dengan begitu, kita bisa memaksimalkan potensi pasar di pedalaman dan membuat bisnis kita semakin sukses.
    Reply
  • Rafahlevi
    Rafahlevi
    March 27, 2023 2:24 PM
    bagaimanapun bisnis online saat ini adalah salah satu jalan mendapatkan cuan. kalo internet tak berjalan maka usaha tak mungkin dilakukan hihi.. internet adalah modal sekaligus kebutuhan. akan selalu ada kendala tapi banyak tips yang bisa dicoba buat menaklukan kendala itu.
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    March 27, 2023 2:03 PM
    Dengan adanya internet cepat dan stabil, tetap optimis untuk bisa melakukan bisnis dari mana saja. Berbekal ilmu strategi marketing, semoga semakin dikenal dan meningkatkan pelayanan agar banyak yang ikutan promo.
    Reply
  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri
    March 27, 2023 1:03 PM
    Setuju nih poin tentang manfaatkan platform digital untuk menambah cuan.. karena cara dan akses platform digital sekarang tuh mudah banget ya mbak
    Reply
  • Windi astuti
    Windi astuti
    March 27, 2023 12:42 PM
    bener banget, internet provider yang mampu mendukung aktivitas di daerah pedalaman harus dipikirkan matang sebelum memilihnya. Cari yang akses internetnya stabil saja kayak IndiHome
    Reply
  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro
    March 27, 2023 11:52 AM
    Saya sekarang tinggal di kampung jadi cocok banget tips nya
    Bisnis di pedalaman beda dengan di kota tapi semua lancar berkat internet cepat dari IndiHome
    Reply
  • Nanik nara
    Nanik nara
    March 27, 2023 10:41 AM
    Emang tantangan tersendiri juga ya kalau mau jualan online, tapi posisi ada di daerah pedalaman. Karena tentunya butuh banget koneksi internet yang stabil dan juga jasa ekspedisi yang bagus
    Reply
  • Tria TR
    Tria TR
    March 27, 2023 10:29 AM
    Akses internet ini seperti menghapus sekat antara pedalaman dan kota ya. Dengan akses internet kencang, yang di pedalaman juga bisa dapat pendidikan bagus, bisa mengembangkan bisnis juga.
    Reply
  • Annie Nugraha
    Annie Nugraha
    March 27, 2023 8:31 AM
    Dari yang saya baca sih masalah utama sebagai penjual on-line di pedalaman adalah sambungan internet dan logistik. Sebagian besar harus ke kota yang lebih besar agar urusan ini bisa lancar dan memudahkan proses perdagangan. Semoga kendala-kendala ini bisa segera teratasi ya. Biar perkembangan ekonomi bisa lebih merata.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    March 27, 2023 5:13 AM
    Dengan punya jaringan internet yang lancar, berbisnis apapun dan dimana pun jadi lebih mudah, bebas hambatan
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    March 27, 2023 5:10 AM
    Asal masih terjangkau IndiHome, bisnis online tetep bisa lancar walau di pedalaman, ya
    Reply
  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid
    March 26, 2023 7:32 PM
    bisnis dimanapun itu akan sellau memiliki tantangan yaa, tapi bila disikapi dengan bijak sembari mencari solusi untuk memecahkan tantangan tersebut tentu bisnisnya akan berkembang
    Reply
  • nurul rahma
    nurul rahma
    March 26, 2023 3:44 PM
    ini pentiiing bgt dibaca buat yg mau bisnis online.

    selalu ada jalan yah
    Reply
  • nurul rahma
    nurul rahma
    March 26, 2023 2:01 PM
    klo pakai provider internet yg siippp, pastinya urusan apapun jd makin mudah bangettt

    Indihome terbaiikkk yha
    Reply
  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani
    March 26, 2023 12:45 PM
    Di mana pun berbisnis pasti ada tantangannya ya, tapi memang lebih sulit kalau di pedalaman karena akses dan ketersediaan kebutuhannya terbatas. Cuma kelebihannya mungkin saingannya nggak sebanyak kalau di kota. Kalau di kota, semua serba ada jadi saingannya juga lebih ketat buat berjualan online.
    • Imawati A. Wardhani
      Eka FL
      April 01, 2023 12:41 AM
      aku setuju nih mba soal akses dan ketersediaan kebutuhan. tambahin logistik juga yaa. tapi emang bener, kalo bisnis online di pedalaman emang masih jarang ada saingan
    Reply
  • Katerina
    Katerina
    March 26, 2023 12:14 PM
    Dulu internet jangankan jadi kendala para penjual yang tinggal di pedalaman, yang di kota pun masih sama sulit. Tapi belakangan internet udah menjangkau masyarakat hingga pelosok, dan aktivitas berjualan udah lancar dan semakin gencar dilakukan bukan hanya oleh orang yang tinggal di perkotaan. Indihome salah satu provider terdepan dengan berbagai program unggulan menarik.
    Reply