6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Custom Post Signature

Bookmark

Identitas Digital: Pengertian, Kegunaan, dan Rekomendasi Aplikasinya

Privy Identitas Digital Kependudukan

Hai, Sobat Bundamami? Apa kabar? 

Hari ini Bundamami akan membahas tentang Identitas Digital. Semua akan dikupas tuntas, mulai dari pengertian, manfaat/kegunaan, hingga rekomendasi aplikasi yang mantap dan bisa kalian gunakan untuk membuat identitas digital.

Buat kalian yang ngaku Digital Savvy, tapi masih mengandalkan kartu identitas fisik jadul untuk mengurus segala keperluan administrasi, ke mana aja selama ini? Sini merapat, Bundamami kasih tahu.


Pengertian Identitas Digital

Ketika pertama kali membaca tentang identitas digital, kira-kira apa yang terlintas di pikiran Sobat Bundamami? Terkesan ribet, rumit, dan terlalu futuristik, kah?

Eits, jangan salah. Bagi generasi zaman now atau biasa disebut Digital Savvy, justru identitas digital ini tampak lebih menjanjikan masa depan yang cerah karena lebih simple, praktis, dan mudah dibuat, lho. Gak percaya? Yuk, lanjut baca.

Identitas digital adalah segala data pribadi yang diunggah secara online, untuk mengidentifikasi/mengenali seorang individu dalam ruang digital. Data pribadi ini biasanya tergolong unik dan tidak ada yang sama persis di seluruh dunia.

Data pribadi yang mewakili identitas seorang individu, meliputi: nama, tempat tanggal lahir, nomor kependudukan (NIK), alamat, dan sebagainya. Bahkan, sampai data biometrik juga termasuk data pribadi dan bisa terekam sebagai identitas digital. Untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca tentang identitas digital kependudukan di link tersebut.

Data biometrik itu apa, sih? Data biometrik merupakan sekumpulan karakteristik fisik yang unik dan berguna untuk proses verifikasi/autentikasi individu. Data biometrik meliputi: sidik jari, retina mata, pengenalan bentuk wajah, hingga karakteristik darah dan DNA. Nah, data biometrik ini merupakan salah satu bagian dari identitas digital yang paling unik dan spesifik.

Rekomendasi Platform Identitas Digital
Privy, rekomendasi platform identitas digital yang mumpuni.

Kegunaan Identitas Digital

Identitas digital di zaman yang juga serba digital ini, mulai banyak dilirik karena berbagai manfaat dan keunggulannya. Manfaat/kegunaan identitas digital, di antaranya:

Tingkat Keamanan Tinggi

Para digital savvy lebih suka menyimpan identitas digital kependudukan yang telah diunggah secara online, dibanding KTP jadul yang terselip dalam dompet. Kira-kira kenapa, ya? 

Pasalnya, selain alasan simple dan praktis itu tadi, identitas digital juga digemari karena tingkat keamanan yang tinggi sehingga sangat sulit dipalsukan dan ini membuat hati lebih tenang.

Identitas digital yang tersimpan secara online di server terpadu, memiliki tingkat keamanan tinggi karena telah dilindungi oleh beberapa metode keamanan, salah satunya enkripsi end-to-end. Kalian sebagai pengguna juga dapat menjaga keamanan identitas digital melalui beberapa tahap perlindungan, seperti: password, PIN, atau bahkan fingerprint dan face recognition.

Selain aman dari pemalsuan atau pencurian data, identitas digital juga terlindung dari kerusakan secara fisik yang biasanya terjadi pada kartu identitas konvensional. Kerusakan secara fisik yang dimaksud, misalnya terkena air, api, robekan, bahkan kehilangan.

Praktis dan Efisien

Kalian masih ingat enggak, dulu kalau mau berobat ke Puskesmas atau klinik dokter, harus mengumpulkan fotocopy identitas dan kartu asuransi/BPJS terlebih dahulu? Ribet, kan?

Nah, dengan adanya identitas digital, fotocopy jadi gak laku, eh maksudnya gak perlu lagi. Semua identitas digital kalian sudah tersimpan dan terintegrasi secara online serta dapat digunakan secara cepat dan simultan untuk proses pelayanan publik di instansi mana pun. Jadi, semakin praktis, kan.

Selain itu, penggunaan identitas digital juga dapat memangkas waktu layanan. Mantap banget nih, jadi gak perlu lama mengantre. 

Bayangkan, jika petugas administrasi Puskesmas masih pakai fotocopy KTP/BPJS untuk proses pendaftaran pasien. Mereka harus melakukan proses entry data dulu, kemudian masih harus mencari file cetak rekam medis secara manual pula. Kira-kira berapa lama waktu pendaftaran untuk 1 orang pasien? Kalau pasiennya sakit parah, keburu kejang-kejang enggak, sih? Hahaha.

Saya bersyukur saat ini sudah banyak instansi pelayanan publik menuju proses digitalisasi dalam pelayanannya, termasuk yang terkait identitas digital kependudukan. Jadi, waktu pelayanan publik semakin singkat, efisien, transparan, dan sistematis.

Standardisasi Update Data

Kehidupan manusia itu sejatinya dinamis. Seiring berjalannya waktu, akan ada perubahan di beberapa sektor. Misalnya perpindahan alamat, perubahan status pernikahan, perubahan status kepemilikan, perkembangan usia serta kondisi fisik, dan masih banyak lagi perubahan yang terjadi dalam satu siklus kehidupan manusia.

Nah, kegunaan identitas digital yang ketiga ini terkait dengan perubahan data pribadi yang dinamis. Identitas digital dapat meringankan tugas kita untuk proses update data. Jika terjadi perubahan data pribadi, maka kita tidak harus capek mengunjungi semua instansi penyedia layanan untuk melakukan update data.

Seandainya masih pakai identitas konvensional seperti KTP. Misalnya ada perubahan data alamat rumah, kita mesti berkunjung ke kantor Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) untuk melakukan perubahan data. Kemudian, harus membuat KTP baru. Kita jadi harus meluangkan waktu, biaya, dan kesabaran yang tidak sedikit, demi memperoleh sebuah KTP dengan data ter-update.

Hal ini berbeda ketika sudah memiliki identitas digital kependudukan. Kita hanya butuh sedikit effort untuk melakukan perubahan data secara online, cukup masukkan data pada aplikasi/website, data pun berubah di seluruh server penyimpanan.

Bagi pemerintah, identitas digital juga banyak membantu dalam penghematan anggaran negara. Hal ini karena pemerintah tidak harus melakukan kegiatan update data kependudukan secara berkala, seperti sensus penduduk setiap beberapa tahun sekali, yang tentunya berbiaya tinggi dan berpotensi membebani anggaran negara.

Standardisasi data juga dapat dilakukan dengan mudah melalui identitas digital. Jadi, seluruh instansi/lembaga dapat dengan mudah memiliki data kependudukan yang sama dan sudah terstandar. Hal ini tentu memudahkan segala proses pemerintah dalam memberikan layanan tepat guna bagi seluruh masyarakat.

Ikut Mengembangkan Ekonomi Digital

Di era serba digital ini, geliat perkembangan ekonomi tampak menuju ke arah yang lebih maju. Coba kita ingat, di tahun 90-an belum banyak proses dan transaksi ekonomi yang berjalan secara online. Mungkin sudah ada, tetapi tidak terlalu familiar bagi masyarakat umum.

Seiring bertambahnya waktu, coba kita bandingkan dengan tahun-tahun setelah terjadinya pandemi Covid-19. Semua sektor kehidupan mendadak beralih ke arah digitalisasi, kan?

Nah, dengan adanya digitalisasi dan kemudahan dari identitas digital, perkembangan ekonomi digital pun ikut terpacu serta mendapat imbas manfaatnya. Kini, semakin banyak perusahaan e-commerce dan perbankan yang mampu membangun jaringan kuat di antara para pelaku ekonomi dan masyarakat. Hal ini tentunya berdampak positif terhadap peningkatan transaksi elektronik di waktu mendatang.

Teknologi Ramah Lingkungan

Kebayang gak, kalau tiap orang di Indonesia sering fotocopy KTP atau kartu BPJS, berapa banyak kertas yang dihabiskan dalam setahun? Lalu, berapa banyak pohon yang harus ditebang untuk memproduksi kertasnya? Banyak dan ribet menghitungnya, kan.

Identitas digital menjadi solusi terbaik untuk mengurangi penggunaan kertas sehingga tidak menyebabkan hutan semakin gundul. Identitas digital juga dapat membantu proses administrasi berjalan efisien, tanpa harus merusak lingkungan. Jadi, identitas digital sebagai teknologi ramah lingkungan bukan lagi angan-angan semata. Hal ini juga termasuk salah satu kontribusi kita untuk menyelamatkan bumi tercinta.


Rekomendasi Aplikasi Identitas Digital

Dari semua hal yang sudah Bundamami ceritakan di atas, tentunya kalian tertarik ingin merasakan manfaat dan kemudahan dari identitas digital, kan? Don’t worry, Gaess, Bundamami sudah punya rekomendasi aplikasi identitas digital yang mumpuni dan mampu menjawab segala kegalauan kalian terkait legalisasi di ruang digital.

Privy adalah solusi yang Bundamami rekomendasikan sebagai partner terbaik untuk kebutuhan proses legalisasi segala aktivitas kalian di ruang digital. Masih penasaran? Yuk, baca sampai selesai, ya.


Mengapa Harus Privy?

Privy merupakan platform penyedia layanan identitas digital dan tanda tangan digital pertama di Indonesia, dengan misi untuk menciptakan sistem identitas digital secara universal dan terintegrasi dalam dunia digital. Privy mengajarkan kepada kita dasar-dasar transaksi online yang sehat, melalui produk layanan identitas digital dan tanda tangan digital. Bahkan, Privy merevolusi cara pandang kita terhadap identitas diri dalam ranah digital.

Dalam tujuh tahun pertama usianya, Privy mampu tumbuh pesat hingga memiliki 40 juta pengguna pribadi dan 2600 pelanggan yang berupa perusahaan. Privy berkomitmen untuk memberi layanan, kemudahan, kecepatan, dan keamanan yang setara bagi seluruh penggunanya dalam hal legalisasi di ruang digital. Komitmen Privy gak main-main dan sesuai dengan tagline-nya, yaitu #PrivylegeForEveryone.

Selain itu, tampilan Privy sangat user friendly dan mudah dipahami, terutama bagi kaum yang baru saja melek teknologi. Privy juga memberikan tampilan warna yang segar dan menyiratkan semangat positif bagi para pengguna. Bundamami semakin yakin untuk merekomendasikan Privy buat kalian.

Fitur Unggulan Privy
Fitur unggulan Privy sebagai platform identitas digital kependudukan.

Fitur Unggulan Privy

Setelah mengetahui profil Privy, penasaran dong dengan fitur Privy? Yuk, lanjut Gaess! Berikut ini beberapa fitur unggulan Privy, di antaranya:

Tanda Tangan Digital Tersertifikasi

Kalian bisa menandatangani dokumen elektronik dari mana pun, dengan aplikasi mobile dan website Privy. Bahkan, bisa dilengkapi dengan e-meterai juga, lho.

Kelola Dokumen Digital

Buat para akademisi atau pelaku bisnis, kalian dapat mengunggah, mengelola, dan mengirim dokumen penting di ruang digital dengan lebih tenang. Semuanya dijamin dengan keamanan tingkat tinggi dan tentunya fleksibilitas.

Verifikasi Identitas Pengguna (Digital Certificate Issuance)

Proses verifikasi identitas pengguna jadi lebih efisien dan lancar. Jika kalian ingin membuka rekening bank dan pengajuan kartu kredit, semua bisa dilakukan dalam hitungan menit dengan adanya Digital Certificate Issuance ini.

Proses Onboarding Lebih Cepat

Buat kalian yang gemar berbelanja, nih. Kalian bisa mengakses merchant favorit lebih cepat dan membagikan data dengan aman, tentunya melalui Login with Privy.


Penutup

Dunia digital memang sebuah ekosistem yang cenderung bebas dan dapat diselami oleh siapa pun, tanpa terkecuali. Dalam kondisi bebas ini, selalu ingat dan pastikan kita tidak membagikan identitas digital secara sembarangan.

Oleh karena itu, gunakan Privy sebagai perisai kalian untuk melindungi data privasi diri di ranah digital. Hal ini karena Privy memiliki fasilitas perlindungan identitas digital yang terjamin legalitasnya. 

Sebagai pengguna fasilitas tersebut, kalian akan mendapatkan sertifikat digital yang otomatis akan terhubung dengan identitas pengguna. Sertifikat inilah yang dapat menjamin keabsahan identitas digital kalian, serta dapat melindungi kalian dari penyalahgunaan data saat bertransaksi secara online.

Keputusan untuk melindungi privasi diri, sepenuhnya berada di tangan kalian. Setelah bertahun-tahun menjadi pengguna ruang digital, sudahkah kalian memikirkan keamanan dan perlindungan identitas diri di ruang digital? Ceritakan di komen, ya!

23 comments

23 comments

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.
  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma
    April 21, 2024 11:11 PM
    Tak dapat dipungkiri dunia digital sudah berkembang sedemikian pesatnya sehingga mau tidak mau kita harus mengikutinya bukan sebagai obyek, tetapi sebagai subyek. Salah satu support sistem yang mendukung hal ini adalah tandatangan digital, inovasi cersar dari privy
    Reply
  • GE MAULANI
    GE MAULANI
    April 21, 2024 10:53 PM
    Aku setuju kalau keberadaan identitas digital ini membuat beberapa proses jadi lebih efisien dan cepat. Lebih ramah lingkungan juga karena gak perlu lagi pake kertas. Eh btw Privy keren banget ya. Soalnya di 7 tahun pertamanya aja Dalam tujuh tahun pertama usianya aja udah punya 40 juta pengguna pribadi dan 2600 pelanggan bisnis.
    Reply
  • Ria Nugros
    Ria Nugros
    April 21, 2024 10:45 PM
    Identitas digital wah menarik nih jadi lebih praktis ya, untuk yang aman pakai di Privy ya boleh nih nanti di coba
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    April 21, 2024 10:21 PM
    Salah satu yang saya suka dengan adanya Privy adalah membantu dan turut serta dalam menjaga lingkungan, bagaimana tidak ribuan bahkan mungkin jutaan orang mulai mengurangi photocopy dokumen-dokumen penting tentu saja hal ini akan berpengaruh besar bagi keberlangsungan lingkungan, selain itu pastinya kehadiran Privy juga membuat dokumen lebih aman
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    April 21, 2024 9:57 PM
    relate dengan apa yang pernah saya alami dimana membutuhkan identitas dan lain sebagainya untuk pengesahan dokumen atau syarat pendaftaran itu ribet banget karena harus scan lalu upload foto kartu identitas dan lainnya. pakai privy memudahkan banget prosesnya ya.
    Reply
  • Han
    Han
    April 21, 2024 9:36 PM
    Privy ini bener2 multitalenta wkwkwk selain meterai digital juga ada yang lainnya. kalo kek gni seh generasi 4, 5 dan seterusnya bakal jadi generasi emas Indonesia, eeaa
    Reply
  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari
    April 21, 2024 8:53 PM
    Buat yang butuh untuk membuat tanda tangan digital. Buruan pakai Privy. Aman, legal, dan cara daftarnya mudah. Saya sudah membuktikannya sendiri.
    Reply
  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    April 21, 2024 8:25 PM
    Memiliki identitas digital sangat penting untuk bisnis di era digital ini. Identitas digital dapat membantu bisnis dalam berbagai aspek, mulai dari meningkatkan kepercayaan pelanggan hingga mempermudah transaksi online. Dengan memiliki identitas digital yang jelas dan kredibel, bisnis dapat meningkatkan peluang untuk sukses.
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    April 21, 2024 8:20 PM
    Aku jg pakai Privy nih. Pakai Privy jd lebih praktis dan efisien untuk urusan dokumen dan identitas digital. Bikin hemat waktu dan biaya. Ga perlu ribet lg.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    April 21, 2024 6:30 PM
    Keren ya Privy ini. Belum satu dasawarsa usianya tapi pencapaian nya luar biasa. Mampu tumbuh pesat hingga memiliki 40 juta pengguna pribadi dan 2600 pelanggan perusahaan.

    Tenang kalau menggunakan produk dari Privy pastinya .
    Semoga layanan, kemudahan, kecepatan, dan keamanan yang setara bagi seluruh penggunanya dalam hal legalisasi di ruang digital tetap terjamin.
    Reply
  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI
    April 21, 2024 6:29 PM
    Praktis sekali ya Privy untuk urusan dokumen digital karena bisa bikin identitas digital, e-Meterai digital, tanda tangan digital, sertifikat digital
    Reply
  • Titi
    Titi
    April 21, 2024 5:05 PM
    Identitas digital ini berarti akan berakhirnya era KTP fisik ya? Karena beberapa bulan terakhir dengar kabar KTP fisik akan berubah jadi digital
    Reply
  • Kang Sugianto
    Kang Sugianto
    April 21, 2024 3:42 PM
    Identitas digital banyak sekali manfaatnya dalam keseharian. Memiliki identitas digital memudahkan diri dalam mengurus berbagai urusan administrasi yang membutuhkan kecepatan.
    Reply
  • Didik
    Didik
    April 21, 2024 3:01 PM
    Heran ya kak. Teknologi udah maju dan zaman trs berubah kok pengurusan dokumen masih harus fotokopi mulu yak. Mana harganya di-mark up lagi.

    Coba donk gandeng kayak Privy gini. Kan pengurusan identitas digital kayak tanda tangan, e-meterai, sertitikat, dan dokumen digital lainnya akan mkin gampang.
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    April 21, 2024 2:08 PM
    Sebab data yang dimunculkan pada setiap pemilik identitas digital bukan hanya berisi nama, tanggal lahir dan alamat, melainkan sidik jari dan segala macamnya, wajar sih kalau setiap orang akan memiliki data yang berbeda pun nggak bisa dipalsukan ya. Wajar bila akhirnya para digital savvy lebih melirik penggunaan identitas digital untuk berbagai urusan legal saat ini.
    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    April 21, 2024 12:29 PM
    Punya identitas digital yang tersimpan secara online di server terpadu, pasti aman ya, karena telah dilindungi oleh beberapa metode keamanan, salah satunya enkripsi end-to-end. Kita sebagai pengguna bisa menjaga keamanan identitas digital melalui beberapa tahap perlindungan, seperti: password, PIN, atau bahkan fingerprint dan face recognition.
    Reply
  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar
    April 21, 2024 12:08 PM
    Identitas digital ini perlu banget buat kelengkapan dokumen digital d jaman yang serba canggih ini. Privy menjawab masalah itu semua dengan hadirnya tanda tangan digital yang legal dan diakui secara hukum. Good inovation
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    April 21, 2024 11:03 AM
    Yang terlintas di pikiranku? Ada dua. Pertama, keren! Kedua, semoga pelaksanaan dan penerapannya di lapangan nanti juga keren. Jangan sampai seperti e-ktp yang katanya elektronik tapi harus selalu difotokopi >.<
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    April 21, 2024 10:57 AM
    ah iya buat update data jatuhnya jadi lebih mudah
    gak perlu lagi numpuk banyak kertas, so sekaligus untuk melestarikan lingkungan ya
    Reply
  • sari widiarti
    sari widiarti
    April 21, 2024 9:54 AM
    bermanfaat nih ketika ada keperluan untuk buka rekening, ematerai untuk dokumen digital, jadi harus cari layanan yang aman dan juga legal karena menyangkut keamanan data pribadi
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    April 21, 2024 9:13 AM
    Digital savvy ngga cocok deh kalau masih pake identitas fisik yang jadul. Jaman serba digital ya identitas wajib digital buat mengurus segala keperluan. Untung ada layanan Privy yang bantu bikinidentitas digital jadi lebih mudah. Keamanan terjamin, lebih praktis dan efisien.
    Reply
  • hani
    hani
    April 21, 2024 7:55 AM
    Alhamdulillah, aku udah lama bikin akun di PrivyId. Memang praktis dan cepet buat ttd digital. Udah gitu ada QR code-nya jadi dijamin aman. Bukan sembarang asal insert image ttd kita.
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    April 20, 2024 11:44 AM
    Punya identitas digital tuh pokoknya enak. Bisa dengan mudah kalau ada keperluan kayak mau tanda tangan dokumen secara online. Kita bisa bikin identitas digital dulu sekalian tanda tangannya. Privy emang keren sih. Aku juga direkomendasikan sama teman menggunakan Privy.
    Reply