Tips Menjadi Copyeditor Andal

Tips Menjadi Copyeditor Andal


Hai halo... Hari ini saya masih membahas tentang copyeditor, lanjutan dari post sebelumnya, ya. Namun, kali ini saya akan membahas tips cara menjadi copyeditor andal. Yuk, baca sampai selesai, ya.


Jika melihat tugas-tugas seorang copyeditor di artikel Mengenal Profesi Copyeditor, sebenarnya area lingkup pekerjaan copyeditor itu cukup luas, ya. Seorang copyeditor minimal harus menghadapi 3 karakter manusia dalam bidang pekerjaannya, yaitu pihak penerbit, rekan kerja satu tim (editor, layouter, proofreader), dan penulis itu sendiri. 


Skill Copyeditor Andal


Tentunya tidak mudah menghadapi 3 karakter manusia sekaligus dalam setiap proyek pekerjaan. Nah, agar proses pekerjaan copyeditor dapat berjalan lancar, dibutuhkan karakter copyeditor yang andal. Seperti apa syarat menjadi copyeditor yang andal itu? Yuk, lanjut.



1. Pola Komunikasi Efektif

Seorang copyeditor harus mampu membangun komunikasi efektif di antara 3 karakter sekaligus, yakni penulis, rekan satu tim, dan penerbit. Mengapa? 


Copyeditor yang andal mampu berkomunikasi dan menangkap tujuan yang diinginkan oleh penulis, sehingga dapat mengarahkan tulisan dengan lebih presisi/tepat sasaran. Sementara itu, dengan rekan satu tim dan pihak penerbit, copyeditor harus mampu mengomunikasikan konsep tulisan seperti apa yang ingin dibangun oleh penulis dan disajikan dengan bantuan copyeditor. 


Pada kondisi tertentu, ada kalanya penulis dan penerbit tidak sejalan sepemahaman. Hal ini dapat menghambat proses kerja copyeditor. Untuk itulah, seorang copyeditor harus mampu membangun pola komunikasi yang efektif agar tercapai win-win solution yang terbaik bagi semua pihak.  



2. Mampu Menulis dengan Baik

Copyeditor yang baik, tentunya orang yang juga mampu menulis dengan baik. Hakikat pekerjaan copyeditor kan memperbaiki kesalahan-kesalahan penulisan agar sesuai dengan kaidah tata bahasa yang berlaku. 


Ketika copyeditor sudah paham akan kaidah tata bahasa yang berlaku, otomatis dia harus lebih disiplin dalam menerapkan kaidah tata bahasa tersebut terhadap tulisan-tulisannya sendiri. Jadi, copyeditor yang andal, sudah pasti mampu menulis dengan baik. 



3. Fokus pada Detail

Inilah salah satu skill yang harus dimiliki seorang copyeditor maupun editor, fokus pada detail. Ibaratnya, copyeditor dan editor itu menjadi mata ketiga bagi penulis, untuk mengoreksi tulisannya. Mata ketiga tentunya harus lebih jeli dan teliti dibanding mata pertama dan kedua, kan. 


Copyeditor yang andal berfokus pada hal yang mendetail dan kadang tak terpikirkan oleh penulis, tapi berpotensi mengganggu kenyamanan pembaca. Misalnya, penempatan tanda baca yang salah, typo, atau pengaturan tata letak tulisan yang kurang estetis, dll. 



4. Pola Pikir Kreatif dan Sistematis

Copyeditor harus kreatif terutama dalam mengatur pola pemilihan kata, penempatan alur tulisan, serta pengaturan tata letak penyajian buku. Hal ini agar buku yang dihasilkan dapat menarik minat pembaca. 


Keteraturan dan pola bekerja secara sistematis juga sangat dibutuhkan dalam proses penyuntingan. Untuk itulah copyeditor harus membuat timeline yang sistematis tentang proses penyuntingan yang sedang dilakukan. Hal ini agar penulis tahu sudah sejauh mana tulisannya dikerjakan. Sedangkan untuk penerbit, juga menginginkan sistematika pekerjaan yang jelas agar sesuai dengan jadwal terbit dan alur bisnis dalam usaha penerbitannya. 



5. Networking Luas

Networking yang luas sepertinya dibutuhkan oleh berbagai macam profesi, tidak hanya copyeditor, kan. Dengan adanya networking yang luas, copyeditor pun memiliki wawasan yang lebih luas untuk mengkreasikan buku yang sedang dalam proses penyuntingannya. 


Networking yang luas juga dapat bermanfaat untuk proses benchmarking dengan buku-buku yang sudah terbit sebelumnya. Jadi, copyeditor mampu mengarahkan penulis untuk menyajikan tulisan yang benar-benar baru dan berbeda dari terbitan pendahulunya. 


Networking yang luas juga mampu membawa sebuah buku menjadi best seller, bahkan viral, kan. Jadi, pihak penulis dan penerbit pun diuntungkan dengan skill networking yang dimiliki oleh seorang copyeditor.


Quote tentang Copyeditor


Penutup 

Nah, itulah 5 skill yang harus dikuasai seorang copyeditor, untuk menjadi copyeditor yang andal, pekerjaan beres, dihormati penulis, dan disayangi penerbit. Di balik sebuah buku yang hebat, menjadi best seller, serta mampu menggugah semangat pembaca untuk berbuat lebih baik. Maka, pasti ada penulis yang hebat serta tim penerbit (copyeditor, editor, layouter, proofreader, desainer grafis, marketing, dll.)  yang tangguh di belakang proses penciptaannya. 


So, buat para penulis, jalinlah hubungan baik dengan tim penyuntingan, hilangkan ego dan arogansimu. Karena tanpa mereka (tim penyuntingan), tulisanmu tak akan tersaji menjadi buku yang hebat dan menarik untuk dibaca. Thank you for reading!


Be First to Post Comment!

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.

Custom Post Signature