6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Custom Post Signature

Bookmark

Aplikasi Budgeting PINA, Bikin Cashflow Stabil dan Aman

Aplikasi Budgeting PINA Bikin Cashflow Stabil dan Aman
Sumber: Canva


“Bunda, seragam sekolah Kakak sudah kekecilan. Apa boleh Kakak pesan seragam baru di sekolah?”
“Bunda, ada teman sekolah Adek yang mau pindah sekolah. Kira-kira kita bisa beri kado apa buat teman Adek, ya?”
“Bunda, ada teman kantor Ayah yang baru melahirkan. Besok weekend kita beli kado untuk bayinya dan nengokin ke rumahnya, yuk!” 


Terbayang kan Gaesss, bagaimana pusingnya kalau kondisi di atas, terjadi saat di tanggal tua? Seluruh anggota keluarga tiba-tiba request pengeluaran uang mendadak, yang efeknya bikin pusing tujuh keliling bagi Bunda, sebagai menteri keuangan di rumah. 


Ya, dialog itu nyata adanya dan pernah saya alami beberapa waktu lalu, sebelum mengenal PINA tentunya. Eits, apa itu PINA? Sabar, yuk lanjut baca dulu. 


Dulu, saya sering mengalami keruwetan hidup seperti dialog di atas. Setelah saya introspeksi dan telusuri, ternyata saya belum disiplin menerapkan perencanaan keuangan atau lazim disebut sebagai budgeting


Yuk, Cerdas Finansial Bersama PINA
Sumber: Canva



Apa itu Budgeting

Budgeting atau penganggaran, BUKAN pengangguran, lho. Budgeting menurut pemahaman saya, merupakan proses pembuatan rencana anggaran keuangan dalam periode tertentu, yang disusun sedemikian rupa, agar tercapai keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. 


A budget is telling your money where to go, instead of wondering where it went,” ujar Dave Ramsey. Seorang penulis buku bestseller, The Total Money Makeover, sekaligus penasihat keuangan yang cukup terkenal di Amerika Serikat dan juga penyiar di program radio Ramsey Show. 


Jadi, cukup jelas ya, budgeting itu semacam proses untuk merencanakan dan mengatur ke mana uang kita akan dialokasikan. Bikin budgeting semacam tugasnya manajer keuangan, gitu deh! 


PINA, Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi
Sumber: Canva dan Dokumentasi Pribadi



Seberapa Penting Budgeting itu? 

Budgeting merupakan hal yang wajib kita lakukan, jika tidak ingin jatuh pada kesulitan-kesulitan terkait keuangan. Seberapa penting? Menurut saya, penting banget dan harus dilakukan sedini mungkin. 


Insight untuk membuat budgeting ini sebenarnya sudah saya pelajari sejak di bangku kuliah. Anak kuliah biasanya kan harus mengatur uang saku yang minimalis banget, untuk keperluan kuliah sehari-hari. Misalnya fotokopi handout kuliah, jajan di kantin kampus, untuk iuran kado ketika ada teman yang berulang tahun, atau bayar kost dan uang makan buat yang kuliahnya jauh dari orang tua. 


Di masa kuliah, saya membuat budgeting yang sangat simple dan cukup diingat-ingat di otak saja. Hal ini karena nilai cashflow yang tidak terlalu besar dan pos-pos kebutuhan juga tidak terlalu banyak. Jadi, berbentuk seperti aplikasi pencatatan keuangan pribadi, sudah mampu mendokumentasikan budgeting saya di masa kuliah. 


Berbeda dengan ketika sudah menjadi Ibu. Tentunya semua jauh lebih rumit, saat jumlah anggota keluarga bertambah, kan. Sekarang, pencatatan keuangan pribadi seperti zaman kuliah, harus berubah menjadi aplikasi perencanaan keuangan untuk keluarga. 


Di awal menikah, saya sudah membuat budgeting yang saya simpan dalam aplikasi perencanaan keuangan keluarga. Semua tercatat rapi dan sukses menjaga cashflow tetap seimbang dan aman, bahkan surplus. 


Seiring waktu berjalan, anggota keluarga bertambah, kebutuhan juga meningkat. Misalnya, kelahiran anak pertama, suami melanjutkan kuliah ke benua seberang, lalu anak kedua juga lahir, dan sebagainya. Dengan aktivitas sebagai Ibu yang seolah tiada akhir, kegiatan membuat budgeting mulai terabaikan dan tergeser oleh kegiatan lain seputar mengurus rumah dan anak-anak. 


Akibatnya, saya hanya mengingat-ingat budgeting yang saya buat. Tidak sempat menuliskannya dalam aplikasi perencanaan keuangan apa pun. Kalau pun menuliskannya, hanya dalam lembaran kertas yang tidak terorganisir dengan rapi. 


Sampai terjadilah peristiwa seperti dialog di atas tadi. Saya pusing tujuh keliling karena kebutuhan anggaran jadi membengkak. Sementara saya tidak menyediakan pos-pos keuangan untuk kebutuhan mendadak dan insidental seperti itu. 


Ditambah lagi, selama 2 tahun pandemi melanda, banyak pos pengeluaran berubah menjadi online. Belanja online, sekolah online yang membutuhkan laptop, transfer sana-sini, berlangganan ini dan itu. Semuanya makin lepas kendali dan tidak dapat tercatat dengan baik. 


Akhirnya, kami (saya dan suami) meninjau ulang seluruh bukti-bukti pencatatan keuangan keluarga dan kondisi finansial keluarga kami. Alhamdulillah, kondisi kesehatan finansial kami masih tergolong baik-baik saja. Hanya saja, karena tidak disiplin dalam aplikasi budgeting, membuat banyak pengeluaran yang kurang terasa manfaatnya untuk jangka panjang. Kami menyebutnya mubadzir


Kami sepakat untuk segera mencari solusinya. Setelah browsing sana-sini, membaca berbagai literatur keuangan, dan berdiskusi dengan beberapa teman, bertemulah saya dengan aplikasi PINA ini. 


PINA Aplikasi Perencanaan Keuangan
Sumber: Canva



Apa itu PINA? 

PINA merupakan sebuah aplikasi perencanaan keuangan dengan berbagai fitur, tools automasi, dan konten, yang dapat membantu kita mengatur keuangan menjadi lebih baik dan menumbuhkan aset sesuai impian kita di masa depan. 


Awalnya saya sempat ragu ketika akan meng-install aplikasi PINA ini. Saya khawatir akan keamanan data pribadi saya yang nantinya akan di-upload. Setelah eksplorasi website PINA tersebut, saya jadi lebih yakin untuk meng-install dan menggunakan Aplikasi PINA, karena: 

  • PINA menggunakan rekening investasi yang disediakan oleh BNI (Bank Negara Indonesia). Bank yang reputasinya cukup baik di negara kita, nih. 
  • Server PINA berada di lokasi yang cukup aman dan memiliki sertifikasi tier 3 ISO. 
  • PINA menggunakan enkripsi data (Sectigo RSA Domain Validation Secure Server CA), sehingga transaksi dan pertukaran data tetap terlindungi dengan baik. 
  • Jika melakukan top up dana di PINA, maka dana nasabah akan disimpan di Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk saham dan Bank Kustodian untuk Reksa dana, sehingga insyaAllah selalu aman. 
  • PINA tidak pernah menyimpan data login bank milik nasabah. Koneksi dilindungi dengan enkripsi 256-bit. 
  • Dan yang terakhir dan terpenting adalah PT. Trust Sekuritas yang menaungi PINA ini, sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kita jadi makin percaya dan lebih tenang, kan. 


Jadi, PINA itu aplikasi catatan keuangan pribadi maupun keluarga, yang dapat membantu sekaligus mengedukasi kita untuk meningkatkan literasi finansial. PINA juga dapat membantu kita membuat aplikasi budgeting, membantu membuat keputusan finansial agar lebih mudah dan relevan, serta membantu untuk berinvestasi lebih cerdas. So, sudah siap untuk mencapai kebebasan finansial bersama PINA? Let’s check this out! 



Fitur-Fitur Aplikasi PINA 

Selayaknya sebuah aplikasi catatan keuangan pribadi, PINA memiliki beberapa fitur unggulan yang sangat bermanfaat dan menarik untuk ditelusuri. Beberapa fitur PINA yang saya bahas kali ini, yaitu: 


a. NetWorth 

NetWorth, dari segi bahasa bermakna kekayaan/aset bersih yang dimiliki. Fitur NetWorth ini dapat membantu kita mengelola aset-aset tersebut. 

Misalnya uang, emas, properti, kendaraan, saham, reksa dana, surat berharga, hak cipta, bahkan crypto. Semua dapat disimpan pencatatannya di bagian NetWorth ini. 

Selain itu, fitur NetWorth juga dapat dikoneksikan dengan akun jaminan hari tua, akun finansial, dan akun investasi yang dimiliki, sehingga pengelolaan dan pengawasannya menjadi lebih praktis dan simple, hanya dalam satu akun PINA. 

Selain dapat mengelola dan memantau aset, aplikasi PINA juga dapat membantu kita menganalisis aset-aset yang kita miliki. Bagaimana progres perkembangan aset kita, bagaimana proyeksi manfaatnya di masa mendatang, semua dapat dianalisis dengan aplikasi PINA. 


b. Save 

Di fitur save ini, kita dapat membuat aplikasi budgeting yang sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing. Kita dapat mengatur dan mengelola sendiri alokasi dana pemasukan dan pengeluaran di seluruh akun finansial yang kita miliki. 

Kita dapat menghubungkan akun finansial dengan akun PINA. Jadi, cashflow di akun finansial kita dapat terpantau dengan lebih baik dan aman. 


c. Classroom 

Fitur classroom ini berfungsi untuk mengedukasi kita dengan aneka informasi dan artikel terkait keuangan. Fitur ini bermanfaat banget untuk menambah wawasan kita seputar literasi finansial. 


d. Investasi 

Fitur investasi ini membantu kita untuk melakukan dan memantau investasi dengan lebih mudah dan praktis. Kita dapat memilih untuk berinvestasi melalui saham atau reksa dana. Semua investasi kita dapat terpantau perkembangannya melalui aplikasi investasi terpercaya yaitu PINA. 


PINA Aplikasi Investasi Terpercaya
Sumber: Canva


Masih menurut Dave Ramsey, “Savings without a mission, is garbage.” Menabung tanpa ada misi atau tujuan yang ingin dicapai, ibaratnya sampah, sama aja sia-sia, kan. 

 

Jadi, quote di atas sejalan dengan kelengkapan fitur investasi di PINA ini. Sebelum berinvestasi, kita dapat menentukan terlebih dahulu goals/tujuan yang ingin kita capai dengan investasi yang akan kita lakukan. Tanpa goals keuangan dalam aplikasi investasi terpercaya seperti PINA ini, kita tidak dapat memotivasi diri untuk selalu disiplin menabung atau berinvestasi, kan. 



Aplikasi Budgeting PINA Bikin Cashflow Stabil dan Aman 

Salah satu fitur PINA yang menurut saya cocok banget dengan kondisi saya saat ini adalah fitur save, yang berupa pembuatan aplikasi budgeting. Seperti cerita saya di awal, kondisi keuangan saya mulai lepas kendali, ketika saya tidak lagi membuat budgeting untuk keuangan keluarga. Setelah mengetahui fitur PINA yang satu ini, saya langsung tertarik untuk mencobanya. 


Tahap pertama kita harus mendaftar dan menghubungkan akun finansial kita ke aplikasi PINA ini. Setelah itu, buka bagian pembuatan aplikasi budgeting. Kita akan diarahkan untuk mengisi kolom-kolom, seperti jumlah pemasukan dan jumlah alokasi budget yang kita siapkan untuk pos-pos pengeluaran. 


PINA Aplikasi Budgeting
Sumber: Canva


Setelah itu, kita dapat menambahkan detail budget di tahap selanjutnya. Misalnya budget untuk rumah tangga, makanan dan minuman, kebutuhan pendidikan, transportasi, keagamaan, donasi, hadiah, dan sebagainya. Banyak sekali kolom detail budget yang dapat diisi dan kita sesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi masing-masing. 


Setelah mengisi detail budget, maka PINA akan memantau melalui akun finansial kamu. Apakah kamu masih dalam zona aman untuk menggunakan anggaran atau sudah melebihi perencanaan (over budget) yang telah dibuat. Dengan begitu, kita jadi waspada dan lebih aman dalam memanfaatkan cashflow, sesuai dengan pos-pos kebutuhan, kan. 



Kesimpulan 

Setelah menggunakan aplikasi budgeting PINA, saya merasa kondisi keuangan keluarga lebih tertata rapi dan membuat hati lebih tenang. Kapan pun ada kondisi yang membutuhkan alokasi dana dadakan, seperti ilustrasi dialog di atas tadi, semua dananya sudah aman tersedia karena saya mengaturnya menggunakan aplikasi budgeting yang saya buat di PINA. 


Selain segala fitur dan manfaat PINA yang saya ceritakan di atas, PINA juga sedang mengadakan promo cashback gede, lho. Jika kamu disiplin dan rutin menabung per bulan, selama minimal 12 bulan, maka PINA akan memberikan cashback 5%, maksimal hingga 10 juta. Mau? Silakan cari tahu cara ikutan Promo Cashback up to 10 Juta dari PINA! 


Buat kamu yang ingin keuangannya juga tertata rapi dan dapat berinvestasi dengan cerdas, silakan download aplikasi PINA untuk Android dan aplikasi PINA untuk iOSIngat, #SemuaBisaBebas mendapat kemudahan atur uang dan investasi, hanya di PINA. 


Ini pengalamanku menggunakan PINA. Share ceritamu seputar PINA dan literasi keuangan di kolom komentar, ya. Yuk, cerdas finansial bersama PINA!

62 comments

62 comments

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.
  • Nadella | Taruih Baraja
    Nadella | Taruih Baraja
    August 23, 2022 7:11 PM
    Wah saya belum coba nih BundaMami. Terima kasih sudah memperkenalkan PINA untuk saya yang lagi belajar mengatur keuangan ini.
    Reply
  • Lailatul Istiqomah, S.M
    Lailatul Istiqomah, S.M
    July 15, 2022 4:20 PM
    Wah baru tahu nih kak, ada applikasi keren gini, sangat membantu dalam mengatur keuangan
    Reply
  • Lisa Lestari
    Lisa Lestari
    July 04, 2022 2:48 PM
    Informasinya menarik sekali, saya jadi tertarik untuk mencobanya. Selama ini hanya mencatat secara manual di buku tulis
    Reply
  • Dyah happydyah[dot]com
    Dyah happydyah[dot]com
    June 26, 2022 9:22 PM
    lumayan ya PINA ada cashbacknya juga, tapi kalo rutin menabung 12 bulan ya
    Reply
  • April Fatmasari
    April Fatmasari
    June 26, 2022 6:58 PM
    Adanya fitur save ini sangat membantu pos-pos budgeting ya, Mbak. Jadi penasaran pingin langsung praktik abis download

    Makasih rekomendasinya, Mbak
    Reply
  • Risma Mualifatun Ni'mah
    Risma Mualifatun Ni'mah
    June 26, 2022 2:01 PM
    Penting banget nih pake aplikasi PINA bisa membantu ibu rumah tangga kayak aku buat atur keuangan
    Reply
  • Fadmala A
    Fadmala A
    June 26, 2022 1:43 PM
    Aku jg sudah mencoba PINA, suka sama fitur save nya nih.. Kita bisa ngelola uang kita jg, jadi lebih terarah dan tau kmana aja uang kita pergi.. Hehee,,
    Reply
  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani
    June 25, 2022 2:39 PM
    Bener deh Bunda, Aku pun kalau Pas tanggal tua ada yang lahiran, ultah anak, selametan hajatan, ke dokter dll kadang agak puyeng juga kalau engga ada budgetnya. Makannya penting juga ya punya aplikasi keuangan kaya PINA biar lebih praktis dan terencana
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    June 24, 2022 9:46 PM
    cocok banget buat saya yang selalu bikin budgeting manual, kalau ada aplikasi begini jadi lebih simpel dan pastinya semuany ake kontrol tanpa terlewat atau keliru itung-itungannya
    Reply
  • Muyassaroh
    Muyassaroh
    June 24, 2022 4:04 PM
    Wah, enak ya, Mbak. Jadi ketahuan semua deh pemasukan serta pengeluaran. Ini sih PR banget buat saya yang belum pakai PINA. Jadinya masih ruwet banget urusan keuangan. Mau coba pakai PINA juga kalau gitu...
    Reply
  • Fatimah Aqila
    Fatimah Aqila
    June 23, 2022 9:42 PM
    Wah jadi penasaran sama aplikasi budgeting PINA ini. Kayaknya lebih simpel ya karena bisa terhubung dengan aplikasi finansial/bank yang lainnya. Jadinya budgeting lebih efisien hanya dengan satu aplikasi.
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    June 22, 2022 10:40 PM
    aplikasi budgeting PINA ini lengkap banget ya Mbak, dengan menggunakan PINA harusnya sih kita gak kebobolan lagi ya soal keuangan, jadi bisa lebih mengontrol diri ya :)
    Reply
  • Sitaturrohmah
    Sitaturrohmah
    June 21, 2022 7:56 PM
    Pengeluaran tak terduga ditanggal tua emang bikin dilema ya,gimana nggak kita sebagai istri sekaligus pengelola keuangan mesti pintar mengelola uang. Kalau gak ya abis tanpa jelas peruntukannya kemana aja ya
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    June 21, 2022 2:19 PM
    Kayaknya apps.y bagus karena ada budgeting.y jd ada yg ngingetin kalau kalap belanja
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    June 20, 2022 9:31 PM
    iya nih mba, aku juga beberapa kali melesettt saat budgeting. padahal itu kunci banget yaa biar kita bisa tertib sama pengeluaran bulanan dan bisa menabung serta menyisihkan sebagian uang untuk invest atau tujuan tertentu
    Reply
  • Anisah
    Anisah
    June 20, 2022 10:30 AM
    Aplikasi ini tergolong aman ya berarti,karena sekuritasnya tinggi dan bagus,nasabah jadi merasa aman. Terimakasih ya infonya.
    Reply
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    June 20, 2022 7:21 AM
    senengnya ada aplikasi finansial gini, ngebantu banget sih buat budgeting sehari-hari ya, jadi minim pengeluaran tak terduga
    Reply
  • Helloinez.com
    Helloinez.com
    June 20, 2022 5:09 AM
    Byk manfaatnya y aplikasi pina. Selain budgeting bs buat invest jg
    Reply
  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah
    June 20, 2022 4:02 AM
    setuju banget penting dan wajib melakukan budgeting ini, huhu. Kalau kita gagal merencanakan, gagal juga kan jalan kita mencapai tujuan ya Bun. Jadi merasa terbantu pas gunain aplikasi PINA ini. Mantap
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    June 19, 2022 11:47 PM
    Sebelum mengenal apps PINA memang jadi super ribet yaa..
    Aku juga gak telaten disuruh catat mencatat. Biasanya hanya bertahan di bulan ketiga, lalu bye~

    Kini gak ada alasan untuk itu, karena semuanya terekam dengan baik melalui apps PINA.
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    June 19, 2022 10:54 PM
    PINA sudah sangat membantu saya juga mengatur keuangan
    Meski belum verifikasi tetapi saya sudah sangat terbantu
    Reply
  • Laily M Octavia
    Laily M Octavia
    June 19, 2022 10:43 PM
    Mantab banget emang pakai PINA ini. Aku juga suka atur keuangan aku pakai PINA kak. Selain itu bisa inves juga.
    Reply
  • ginanelwan
    ginanelwan
    June 19, 2022 7:23 PM
    aplikasi ini sangat memudahkan bagi saya yang males banget manual, pas banget jadi mau instal si aplikasi pina, thanks for rekomendasinya
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    June 19, 2022 6:13 PM
    budgeting itu emang penting banget ya, lebih penting lagi untuk terus konsisten ya.
    PINA ini detail banget ya, aman juga lah ya karena rekening investasi milik Bank Negara.
    Reply
  • Wahyu Eko C
    Wahyu Eko C
    June 19, 2022 4:40 PM
    sejak jadi freelance, kudu pinter ngatur keuangan, aplikasi PINA ini solusi banget sih bisa ngebantu lebih baik dalam budgeting
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    June 19, 2022 2:28 PM
    Salah satu indikator merdeka finansial adalah punya cash flow yang aman dan stabil ya mbak
    Aplikasi PINA ini memudahkan kita untuk mengatur cash flow biar aman dan stabil
    Reply
  • Iim Rohimah
    Iim Rohimah
    June 19, 2022 11:30 AM
    Punya aplikasi PINA pasti bisa bikin keuangan jadi makin sehat. Saya wajib punya nih di Smartphone.
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    June 19, 2022 11:22 AM
    Aku juga harus download aplikasi PINA ini nih, secara pencatatan pengeluarannya masih acakadul. Kalau budgeting rapi kan merencanakan apa2 juga enak ya.
    Reply
  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas
    June 19, 2022 3:14 AM
    PINA aplikasi yang wajib ada di HP nih. Nggak cuma bisa budgeting, bisa bantu pilihin investasi yang tepat sampai diajarin caranya. Mantap punya nih.
    Reply
  • hastinpratiwi.com
    hastinpratiwi.com
    June 19, 2022 1:17 AM
    Duhhh, itu quote-nya Dave Ramsey bikin keder. Menabung tanpa tujuan ibarat sampah. sia-sia. Hikss.. Untung udah pakai PINA juga, jadi paham goals apa yang diinginkan.
    Reply
  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan
    June 18, 2022 11:48 PM
    Aplikasi PINA emang bisa jadi andalan banget untuk mengatur pengeluaran. Semua terdata dengan naik dan kita tahu kalau sudah masuk batas maksimal. Jadi ngga sempat bablas karena rem sudah dipasang
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    June 18, 2022 10:32 PM
    Wkwkwkw sama deh, kenapa pada mintanya bareng2 pas akhir bulan yah?
    Aku juga udah nyobain PINA ini mba buat financial goalsku. Cocok banget buat yang masih berantakan ngatur keuangan sih ya. Semakin nyoba fiturnya juga makin ketagihan buat bikin perencanaan keuangan lebih baik lagi.
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    June 18, 2022 10:00 PM
    Perlu aplikasi PINA kayaknya. Aku nih yang udah kehabisan stok uang, padahal baru tanggal segini. Ga tahu uang pada ke mana, haha. Emang penting mencatat pengeluaran ya. Jadi tahu uangnya buat beli apa aja.
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    June 18, 2022 9:47 PM
    Ouw, rupanya aplikasi PINA ini berkolaborasi dengan BNI ya.

    Iya ya, kadang aku pun cukup keteteran karena selama ini, baru sampai tahap pencatatan untuk pemasukan dan pengeluaran saja. Tahap perencanaan keuangan seringnya terlewat setiap bulannya. Waduw, gawat banget kalau tiba-tiba butuh pengeluaran besar nan dadakan, apalagi karena nggak dipersiapkan porsi dananya sebelumnya.
    Reply
  • Didik
    Didik
    June 18, 2022 8:58 PM
    Keren sekali ya kak aplikasi PINA ini. Buat atur cashflow biar jgn sampe kebobolan. Fitur pengingatnya mantap. Kita dikasih th jgn sampai besar pasak dr tiang. Plus ada fitur buat saving dan invest lg.
    Reply
  • Siti Nurjanah
    Siti Nurjanah
    June 18, 2022 6:51 PM
    Dengan teknologi segalanya jadi simpel juga memudahkan ya..
    Dan Aplikasi PINA ini bisa membantu untuk membuat rencana pengeluaran dan anggaran/budgeting sesuai dengan kebutuhan
    Reply
  • Dian farida ismyama
    Dian farida ismyama
    June 17, 2022 11:08 PM
    Bener banget. Budgeting saat kuliah paling beli jajan, uang fotocopy, beli /sewa buku pelajaran, ya gitu2 aja sih. Begitu udah jadi ibu, ya allah banyak bener ya jenis pengeluaran nya. Untung ada PINA ya
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    June 16, 2022 11:54 PM
    Punya anak usia sekolah, terutama..kudu siap banget budget tambahan karena adanya pengeluaran tak terduga.
    Dengan apps PINA, pengaturan keuangan bisa lebih jeli dan akuntable yaa..
    Reply
  • Happy Hawra
    Happy Hawra
    June 16, 2022 10:05 PM
    aku juga pakai PINA, kak. penting banget nih biar bisa ngerem pengeluaran biar gak besar pasak daripada tiang T_T
    • Happy Hawra
      Siska Dwyta
      June 19, 2022 11:23 PM
      Iya kak, selain memudahkan untuk urusan budgeting bisa bikin kita jadi lebih hemat juga ya. Sangat menariklah aplikasi PINA ini.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    June 16, 2022 9:35 PM
    Cash flow stabil dan aman itu harapan semua pihak ya mbak
    Sekarang makin mudah bikin budgeting, ada aplikasi PINA
    Reply
  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta
    June 16, 2022 7:59 PM
    Aplikasi andalan saya juga nih buat atur budgeting. Dan yap bener bisa bikin cash flow aman terkendali ya. Fitur2nya juga sangat menarik, apalagi bisa dipake juga buat investasi
    • Siska Dwyta
      Happy Hawra
      June 20, 2022 8:09 AM
      nah iya, fiturnya 3in1 banget ini teh
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    June 16, 2022 6:44 PM
    promo cashbacknya menggiurkan, jadi rajin nabung dan simpen uang di pina nih, auto donlot dong ya lanjut kepo kepo dengan fiturnya pina
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    June 16, 2022 6:22 PM
    Kalau tidak bisa mengatur bujeting dengan baik, serasa dalam satu bulan tanggal tua terus ya mbak.
    Maka perlunya pengaturan keuangan dengan baik, bisa manfaatkan PINA
    • Fenni Bungsu
      Lita Lestianti
      June 19, 2022 7:53 AM
      Wkwkwk.. sampai suami kadang bilang. Lah masih tengah bulan udah habis aja. Duh, kacau bener pokoknyaa.. tabungan terpaksa dipake lagi..
    Reply
  • Mita Oktavia
    Mita Oktavia
    June 16, 2022 5:34 PM
    Memang ya kalo nabung gitu aja tanpa tujuan kayak sia-sia. Selain pasti jd kalah sama rasa males juga bikin kurang semangat capai goalsnya. Wah, aplikasi budgeting ini bikin kegiatan nabung pasti seru karena semua tercatat dengan rapi
    Reply
  • Wahyu Eko C
    Wahyu Eko C
    June 16, 2022 4:14 PM
    beberapa bulan ini saya banyak belajar literasi keuangan, salah satu faktor penting dalam pengelolaan adalah budgeting, beruntung hadir aplikasi PINA ini dapat membantu kita dalam mengelola keuangan terutama soal budgeting
    Reply
  • Han
    Han
    June 16, 2022 3:51 PM
    Aku jadi team ngga boros lagi setelah ada PINA, karena jadi kentara bangett pas ada budgeting dan itu kesambung sama ATM dan gofood wkakaka, jadinya mikir seribu kali kalo mau konsumtif deh
    Reply
  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti
    June 16, 2022 3:08 PM
    Memang jadi rapi pencatatan seperti ini. Tapi aman kan ya.. mrmabg cocok untuk yang telaten mencatat keuangan ya..hehe..
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    June 16, 2022 2:07 PM
    Menurutku budgeting juga penting banget sih. Gimana ya? Kadang kalau nggak dibudgetin kita nggak tahu apakah uang kita cukup untuk segala pengeluaran kebutuhan atau nggak. Kalau dibudgetin kan enak. Sekalipun kurang, kita bisa cari tambahannya dengan segera. Iya nggak sih?
    • Yuni Bint Saniro
      Mita Oktavia
      June 19, 2022 8:33 AM
      Bener banget ini mbak. Jadi gak tercatat gitu ya. Sama bikin jadi boros juga kalo dibudget jadi arus keuangan juga lebih terjaga antara pemasukan, pengeluaran, investasi dan tabungan juga
    Reply
  • Munasyaroh
    Munasyaroh
    June 16, 2022 2:04 PM
    Saya baru seminggu cobain aplikasi PINA, ternyata membantu banget dalam pengelolaan keuangan. Nyesel kok gk tau sedari dulu
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    June 16, 2022 8:07 AM
    Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat. Semoga bisa segera punya penghasilan tetap jadi bisa dipraktikkan ☺
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    June 16, 2022 7:02 AM
    wah makasih nih mba informasinya, bisa beajar menata keuangan pakai aplikasi PINA ini ya. Perlu banget ini buat ibu rumah tangga kaya saya yang kalau belanja suka kalap
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    June 16, 2022 5:37 AM
    Yang paling penting, ada uang yang akan diatur ya, Bun. Hehe.... Kuperhatikan sekarang banyak aplikasi keuangan seperti ini. Tinggal pilih mana yang paling sreg. Aplikasi begini memang bermanfaat banget untuk membantu pengalokasian dana biar nggak abis tanpa jejak.
    Reply
  • Iim Rohimah
    Iim Rohimah
    June 16, 2022 2:03 AM
    Kalau ada aplikasi PINA gini, pengeluaran jadi lebih terkendali dan makin teratur. Khususnya buat freelance kaya aku juga Mbak. Harus coba nih.
    • Iim Rohimah
      Fenni Bungsu
      June 19, 2022 9:44 PM
      Idem mbak Iim, jadi penasaran buat mencoba juga. Soalnya tata kelola keuangan ini memang kudu dirapikan dengan apik ya
    Reply
  • Didik
    Didik
    June 15, 2022 8:38 PM
    Aplikasi PINA ini bagus banget buat mantau cashflow ya kak. Soalnya bs menghubungkan dgn semua rekening hingga aset kita. Jadi ketahuan semua deh duit kluar masuknya. Plus kita bs saving dan investasi jg di sini. Keren banget. Komplit.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    June 15, 2022 7:28 PM
    Pina ini sangat membantu sekali untuk pencatatan keuangan ya. Boleh dicoba ih
    Biar manajemen keuangan juga makin stabil
    • Okti Li
      Eka FL
      June 19, 2022 10:20 PM
      saya juga pengen nyobain, urusan keuangan pasti lebih terorganisir dan termenej, apalagi bisa juga investasi
    Reply
  • Arni
    Arni
    June 15, 2022 3:17 PM
    Aku langsung download dong
    Udah nyobain fitur-fiturnya juga
    Kerasa banget terbantu ngatur cash flow sejak pakai aplikasi PINA
    Gak ada lagi deh cerita bocor-bocor
    Reply