6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Custom Post Signature

Bookmark

7 Tips Perbaiki Manajemen Waktu

Manajemen Waktu SETIP Estrilook

Assalamualaikum Februari...

Awal bulan Februari ini, saya berniat ikut (lagi) tantangan menulis di blog bersama Estrilook. Setelah 2 challenge sebelumnya (1 di akhir tahun 2018 dan 1 lagi bulan Januari kemarin) saya gagal sebelum berperang, haha...


Namun tak menyurutkan niat dan semangat saya untuk memiliki blog impian. Mau tahu blog impian saya seperti apa? Blog impian saya itu blog yang tampilannya cantik, berisi penuh tulisan bermanfaat, dan ramai dikunjungi orang tentunya.


Alhamdulillah bulan Februari ini Estrilook mengadakan challenge lagi. Alhamdulillah lagi, tantangannya tidak seberat yang kemarin. Kalau kemarin tantangannya One Day One Posting, kali ini Estrilook mengadakan tantangan seminggu 3 postingan, sehingga disingkat SETIP. Nah, salah satu cara mewujudkan blog seperti keinginan saya di atas, ya ikut tantangan SETIP ini.


Filosofi penamaan SETIP menurut Bu Founder Estrilook ini, selain karena akronim dari Seminggu Tiga Postingan, juga karena "setip" artinya merupakan penghapus dalam bahasa Jawa (eraser kalo bahasa Inggris ya, guys). Diharapkan semua yang mengikuti challenge ini dapat menghapus segala kemalasan dalam menulis. Termasuk menulis di blog masing-masing. Filosofinya keren, kan Guys?!?


Sedikit flashback ya, kenapa di 2 tantangan sebelumnya saya gagal? Sebenarnya jawaban yang paling tepat hanya satu, yakni karena manajemen waktu saya BURUK. Akar pangkal masalahnya cuma itu, alasan-alasan lain seperti kerjaan editing yang kebetulan sedang masuk peak season (ciee kayak hotel aja lagi peak season, hahaha. Maksud saya kerjaan editing Alhamdulillah lagi penuh dan saya hectic dengan deadline), atau musim penghujan jadi sempat banjir hampiiiir masuk rumah (Alhamdulillah gak jadi mampir tuh banjir), dan lain sebagainya hanya situasi dan kondisi yang kebetulan mampir bersamaan dengan pelaksanaan challenge tersebut.


Jika manajemen waktu saya baik, maka segala situasi dan kondisi yang menghadang tentunya bisa tetap dilewati dan sukses ikut challenge kan?!? Berarti, sekali lagi alasan utamanya memang karena manajemen waktu saya buruk. Titik gak pake koma lagi, no debat!


Dari situ, saya mengambil kesimpulan bahwa saya harus segera memperbaiki manajemen waktu saya. Jadi, saya semangat ikut SETIP ini, kenapa? Karena saya ingin memperbaiki manajemen waktu saya plus menantang diri sendiri untuk mewujudkan blog impian saya itu tadi (tampilannya cantik, berisi penuh tulisan bermanfaat, dan ramai dikunjungi orang tentunya).


Nah, dalam rangka memperbaiki manajemen waktu, saya sempatkan membaca beberapa sumber (beberapa website dan buku) yang menulis tentang manajemen waktu. Dari beberapa sumber yang saya baca, saya menarik kesimpulan bahwa manajemen waktu yang baik dapat dicapai melalui 7 langkah, yaitu:


1. Salat Fardhu

Sebagai muslim, kita sangat diuntungkan dengan jadwal salat 5 waktu. Salat fardhu ini mengajarkan kita untuk lebih disiplin dalam manajemen waktu.


Bagaimana tidak, 5 kali dalam sehari kita wajib lapor/curhat pada Sang Pemilik Hidup. Dari aktivitas tersebut, tentunya kita jadi dapat memilah-milah waktu dalam sehari, mana yang untuk urusan duniawi dan mana yang untuk urusan akhirat.


Sesungguhnya segala hal yang kita lakukan seharian hanyalah selingan di antara menunggu waktu salat fardhu. Iya kan?


Jika kita disiplin untuk selalu salat fardhu di awal waktu, InsyaAllah segala urusan akan teratur dan tertata rapi dengan sendirinya. Saya sadar, selama ini saya sering salat tidak di awal waktu, meskipun tidak di akhir waktu juga sih.


Di tengah-tengah lah ya, misal salat zuhur jam 1, salat ashar jam4,  itu kan masih termasuk di tengah ya, belum akhir waktu hehehe (ngeles aja). Mulai saat ini saya harus lebih disiplin untuk salat di awal waktu. Insya Allah.


2. Tetap Produktif Selagi Bisa

Apa pun kondisinya, usahakan selalu produktif setiap hari selagi bisa. Kenapa? Karena adakalanya kita benar-benar tidak bisa melakukan sesuatu yang sangat ingin kita lakukan ketika Allah menghendaki hal itu. 


Misalnya ketika sehat kita dapat melakukan segala rencana yang telah kita pikirkan, namun saat sakit kita harus berkompromi dan menunda pelaksanaan rencana-rencana tersebut. Makanya, produktif melakukan segala sesuatu selagi bisa itu penting banget. 


Menulis selagi bisa. Ketika badan sakit atau WIFI di rumah mati atau kuota data habis atau pemadaman listrik sehingga baterai laptop/hp limited edition, maka kita tidak bisa menulis kan?!? 


Jadi, jangan sia-siakan waktu untuk dapat produktif ya guys. Jika memang sedang tidak bisa menulis, maka produktiflah dengan hal lain. Misalnya beres-beres rumah, memasak, dan sebagainya. 


Jadi kalopun tidak ada hasil tulisan hari ini, setidaknya rumah sudah bersih, masakan sehat tersaji, dll. Jangan sampai tulisan tidak ada, rumah masih berantakan, dan masakan yang tersaji hasil beli di warteg depan kompleks (itu aku banget kalo pas anak-anak sakit, haha). 


Untuk contoh lain, silakan sesuaikan dengan profesi dan aktivitas harian masing-masing ya. Mulai sekarang saya harus mensugesti diri sendiri agar dapat produktif setiap hari. Aamiin.


3. Jangan Menunda

Wah lumayan sulit langkah ketiga ini menurut saya. Tapi tidak ada yang sulit jika kita sudah bertekad dan niat yang kuat serta Allah menghendaki. Bismillah.


Menunda memang tampak mengasyikkan di awal, namun berubah jadi bencana di akhir. Saya dulu sering terlena dengan panjangnya waktu deadline. Ketika deadline masih 1 minggu, happy rasanya melakukan hal lain sementara tugas tulisan atau editing belum terselesaikan dan masih santai. Tapi saat waktu deadline kurang 1-2 hari, semua seolah berebut minta dikerjakan, otak pun semacam freeze, gak mau diajak bekerja sama, haha


Jadi, kurangi menunda-nunda ya guys. Bismillah, saya harus menghilangkan kebiasaan buruk menunda-nunda pekerjaan, nih.


4. Menghargai Proses

Segala sesuatu butuh proses, no instant (mie instan aja butuh proses dimasak ya, kan). Menghargai proses sangat penting adanya karena sesungguhnya Allah pun sangat menganjurkan untuk berikhtiar/berproses. 


Proses yang terjadi dalam ikhtiar itulah yang akan membuat hasilnya lebih barokah. Barokah di sini bisa berarti banyak hal, misalnya membawa banyak manfaat dan tahan lama (everlasting). Ibaratnya investasi yang suatu saat akan kita nikmati hasilnya.


Misalnya, kita bersusah payah menempa diri untuk berlatih menulis setiap hari, hasilnya insya Allah akan kita panen kelak ketika kita sudah semakin mahir menulis atau bahkan menghasilkan deretan karya best seller yang bermanfaat bagi banyak orang. Masya Allah.


5. Atur Prioritas

Bijaklah dalam memilah-milah aktivitas, mana yang benar-benar penting dan mana yang hanya selingan. Bedakan berdasar prioritas yang benar. 


Misalnya ibadah dan mengurus keluarga prioritas pertama, kemudian berkarya sekaligus eksis dalam pergaulan medsos, dan lain sebagainya. Jangan sampai kita salah memilah prioritas dalam aktivitas harian kita ya guys.


6. Cepat Namun Tidak Tergesa

Nah ini yang saya juga belum bisa. Biasanya kalo saya mengerjakan sesuatu itu agak lama, karena pelan-pelan. Kalo cepat bisa, tapi jadi terburu-buru. 


Nah saya juga masih tahap belajar, bagaimana caranya mengerjakan sesuatu yang cepat namun tidak tergesa.


7. Rajin Evaluasi

Kalo evaluasi ini, setiap orang saya kira pasti sering melakukannya ya. Minimal tiap mau tidur pasti pikiran semacam me-review apa yang sudah dikerjakan seharian, terus mulai dipikirkan evaluasi hari ini dan apa rencana esok hari. 


Nah, sekian tips manajemen waktu dari hasil saya mengompilasi informasi buku dan website yang saya baca. Semoga teman-teman dan terutama saya sendiri bisa mengambil manfaat serta istiqomah melaksanakannya. Aamiin.


Oke, doakan saya sukses mengikuti challenge SETIP bareng Estrilook ini yak.
Kalo kalian juga ingin ikutan, cusss ke FB Grup Estrilook atau kalo ingin baca-baca artikel di Estrilook juga boleh bangeet.


Tulisan ini diikutsertakan dalam Challenge SETIP with Estrilook #day1

41 comments

41 comments

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.
  • April Fatmasari
    April Fatmasari
    December 14, 2021 1:35 PM
    Suka salut gitu, sama blogger yang sanggup nulis ODOP, Mbak. Keren ya Estrilook sudah memfasilitasi biar blogger aktif nulis
    Reply
  • Ida Nurfitriana Minsanis
    Ida Nurfitriana Minsanis
    February 10, 2019 10:53 PM
    Tips yang bermanfaat Mbak. Saya juga ikutan Setip. Semoga kita semua sukses ya Mbak🤗
    • Ida Nurfitriana Minsanis
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:29 PM
      Aamiin Yaa Rabb...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi
    February 10, 2019 10:35 PM
    Doakeunn saya juga konsisten yakk..
    • Hastin Pratiwi
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:29 PM
      Siappp.... Semoga semua lancar sampai garis finish ya mbak... hehe
      Semangaaaatttt...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • PWWidayati
    PWWidayati
    February 10, 2019 10:14 PM
    semoga bisa menaklukkan tantang ya mbak
    • PWWidayati
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:28 PM
      Aamiin Yaa Rabb...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Tatiek Purwanti
    Tatiek Purwanti
    February 10, 2019 6:41 PM
    Tips manajemen waktunya oke nih, Mbak.
    Sama juga nih lagi berjuang di SETIP karena pas ODOP bulan kemarin ga nyampe target, hehe. Semangat yuuk! Biar aktip, hehe
    • Tatiek Purwanti
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:26 PM
      Semangaaaat yukk...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Aprilely Ajeng Fitriana
    Aprilely Ajeng Fitriana
    February 10, 2019 5:14 PM
    saya juga ikut SETIP. hehehe...
    semangat bun, semoga bisa selesai sampai akhir yaa
    • Aprilely Ajeng Fitriana
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:25 PM
      Semangaaattt...
      Aamiin Yaa Rabb...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Hindun Uswatun Nisa
    Hindun Uswatun Nisa
    February 10, 2019 3:00 PM
    tipsnya oke bun.... terus terang saya pun masih berantakan manajemen waktunya :(
    • Hindun Uswatun Nisa
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:25 PM
      Yuk, semangaaat perbaiki diri...
      Mbak Hindun jadi editor antologi kemarin kayaknya kan bisa jadi ajang utk semakin disiplin dalam manajemen waktu mbak, hehehe...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Elly Almayra
    Elly Almayra
    February 10, 2019 2:47 PM
    Semangat nyetip, dapat ilmu baru dari Bunda mami ... Terima kasih informasinya, Bunda ...
    • Elly Almayra
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:23 PM
      Yukk, Semangaaatttt nyetipppp...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Nur Widyastuti
    Nur Widyastuti
    February 09, 2019 8:54 PM
    Untuk masalah manajemen waktu, saya masih harus berlatih.
    Makasih tuisannya mb, semangat ikut SETIP
    • Nur Widyastuti
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:22 PM
      Yuk, kita berlatih dan saling menyemangati dalam memperbaiki manajemen waktu...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Denny Lumban Gaol
    Denny Lumban Gaol
    February 09, 2019 9:35 AM
    Aduh, saya belum buat artikel mengenai SETIP nih
    • Denny Lumban Gaol
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:21 PM
      Ayoo bikin mbak, jangan ditunda, hehehe..
      Semangaaattt...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Novya Ekawati
    Novya Ekawati
    February 09, 2019 8:50 AM
    semangat mbak menghapus kemalasan menulis, tapi aku juga masih buruk euy dalam manajemen waktu :(
    • Novya Ekawati
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:20 PM
      Yuk, semangaaattt memperbaiki diri..
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • iidyanie
    iidyanie
    February 09, 2019 8:44 AM
    Setuju banget mba manajemen waktu itu penting, agar kebiasaan2 kita yang kurang baik dapat diatasi, yuk semangat setip :)
    • iidyanie
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:20 PM
      Semangaaatttt...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta
    February 09, 2019 7:37 AM
    Manajemen waktu saya juga masih buruk sekali Mbak. Postingannya jadi reminder nih buat saya, ya kalau bisa mengatur waktu dengan baik tentu ajang seperti ODOP maupun SETIP ini bisa kita taklukkan ya Mbak. Semangat😊
    • Siska Dwyta
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:19 PM
      Yup, setuju mbak...
      Yukk semangat memperbaiki manajemen waktu kita...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Salbiah
    Salbiah
    February 09, 2019 6:26 AM
    Semangat Mbak...sama-sama ikut kegiatan setip, semoga membawa barokah dan menjadi penulis yang konsisten memberikan informasi bermanfaat buat semua.
    • Salbiah
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:18 PM
      Aamiiin Yaa Rabb...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Meykke Santoso
    Meykke Santoso
    February 09, 2019 2:52 AM
    MasyaAllah tipsnya jadi bikin JLEB banget mbak karena saya juga salah satu orang yang susaaaaah sekali manajemen waktu. Semoga ke depannya kita bisa konsisten dan makin menjadi orang yang lebih baik lagi. Semangat ikutan SETIP ya, pasti BISA!
    • Meykke Santoso
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:17 PM
      Aamiiin Yaa Rabb...
      Semangaaaattt memperbaiki manajemen waktu kita yuk...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    February 07, 2019 9:47 PM
    tooosss Mbak, saya pun mengakui manajemen waktu saya ini masih buruk, huhuhuh. apalagi soal Shalat ini, masih sering menunda, ntarr deeh, masih ada waktu, padahal mana tahu waktu itu masih berpihak ke kita apa kagak, hikkss.
    semoga dengan SETIP ini kita bisa jadi orang yang menghargai waktu dan konsisten, komitmen bisa lulus sampai garif final *macam lari marathon aja yaaakk* hihihih
    • Diah Alsa
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:16 PM
      Aamiiin Yaa Rabb...
      Semangaaaattt memperbaiki diri...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Meilawati Nurhani
    Meilawati Nurhani
    February 07, 2019 9:14 PM
    Nah bener banget mbak yg masalah atur prioritas, jgn sampai dgn menulis tugas utama kita jadi terabaikan ya
    • Meilawati Nurhani
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:15 PM
      Yup setuju banget mbak.
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Mega Rachma
    Mega Rachma
    February 07, 2019 4:03 PM
    Aku juga ikutan ini loh bun. Mudah-mudahan kedepannya kebiasaan menunda ini sudah bisa diatasi hehe
    • Mega Rachma
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:14 PM
      Aamiiin Yaa Rabb... Ayo semangaaaat memperbaiki manajemen waktu kita semua..
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • HAERIAH SYAMSUDDIN
    HAERIAH SYAMSUDDIN
    February 07, 2019 2:50 PM
    Semangat Mba, ikut SETIP. Semoga bisa menaklukkan SETIP ini. Ganbatte.
    • HAERIAH SYAMSUDDIN
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:13 PM
      Aamiiin Yaa Rabb...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • emje
    emje
    February 07, 2019 12:17 PM
    Manajemen diri ditambah evaluasi dari setiap tantangan. Bagus mba, lanjutkan, semoga kali ini gak kalah dalam peperangan lagi ya, huehehe.
    • emje
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:12 PM
      Aamiiin Yaa Rabb...
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply
  • Hafizhah Ramadhani
    Hafizhah Ramadhani
    February 06, 2019 3:59 PM
    Salam kenal ya mba, manajemen waktunya bagus bgt mba, kadang kita suka menunda nunda itu ya mba yang bikin kacau, hehe
    • Hafizhah Ramadhani
      Bundamami Devi
      February 11, 2019 1:11 PM
      Saya belum ahli menerapkannya mbak, masih harus banyak belajar.
      Nah, menghentikan kebiasaan menunda itu yang berat untuk diterapkan, hehe.
      Salam kenal mbak Hafizhah Ramadhani.
      Makasih sudah mampir di wwww.bundamami.com
    Reply