Ayo Berkunjung ke Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung Tampak Depan
Museum Geologi Bandung Tampak Depan


Weekend
ke Museum

Sabtu kemarin, kami sekeluarga berniat memenuhi request si sulung, untuk mengunjungi museum. Sudah lama sih dia request ke museum, tapi baru sekarang kami bisa mewujudkannya. Selain karena orang tuaya yang sibuk, anaknya juga tak kalah sibuk. Sibuk main, sibuk latihan taekwondo, sibuk bobo, dan kesibukan ala bocah lainnya. Hehehe.


Sejak dulu sebenarnya kami sudah menjadwalkan, tiap weekend minimal sebulan sekali untuk mengunjungi tempat wisata edukasi, museum salah satunya. Namun, belum terealisasi dengan rutin. Maklum, banyak faktor yang bikin orang tua tampak sok sibuk.


Dengan rutin menjelajah museum, kami ingin anak-anak mempelajari sejarah dan ilmu-ilmu lainnya dengan suasana yang lebih menyenangkan. Selain itu, kami juga ingin memanfaatkan waktu kebersamaan dengan anak-anak ini, diisi dengan aktivitas yang berkesan dan menyenangkan.


Mumpung anak-anak masih kecil dan mengekor orang tuanya ke mana-mana. Kalo sudah gede dan punya seabrek aktivitas sendiri, bisa jadi orang tuanya yang kesepian karena sulit mengajak anak jalan-jalan.


T Rex... Roaarrr!!!
Di belakang itu tulang Gajah dari Blora,
ternyata gede banget lho!

Persiapan ke Museum

Sejak bangun pagi, sudah dijelaskan pada si sulung, kalo hari ini akan ke museum. Wah, ekspresinya sumringah banget. Soalnya emang dah lama dia pengen ke museum.


Kunjungan kali ini dimulai dengan museum yang lokasinya paling dekat dulu, yaitu Museum Geologi. Selain itu, beberapa minggu lalu saya sempat ke Museum Geologi ini untuk menghadiri acara Soft Launching Buku Cagar Budaya Indonesia yang kebetulan saya masuk sebagai Tim Editor.


Setelah pulang dari acara tersebut, semakin penasaran si sulung untuk cepat-cepat ke Museum Geologi. Salah satu penariknya adalah saat itu saya dan si bungsu berfoto dengan background tulang dinosaurus T-Rex.


Pagi itu, Kami mulai dengan aktivitas pagi mempersiapkan keberangkatan ke museum, termasuk menyiapkan bekal camilan kentang goreng dan minum. Setelah semua siap, berangkat deh, cussss!


Sesampainya di Museum Geologi, hari masih pagi, tapi suasana hiruk pikuk museum sudah terasa. Maklum weekend, banyak rombongan tour anak sekolah memanfaatkan libur weekend untuk field trip ke museum ini.


Tiket

Setelah beli tiket, yang ternyata murah banget (gak menyangka semurah itu), tiket seharga Rp 3000 untuk dewasa, dan Rp 2000 untuk anak-anak dan pelajar. Trus, kami masuk deh.


Lantai 1

Pertama kali yang terlihat di lobby utama, -selain petugas dan security tentunya-, adalah fosil tulang Gajah Purba dari Blora. Nah, langsung deh, klik, foto dengan background tulang gajah, hehehe.


Kemudian kami memutuskan masuk ke ruangan sebelah kiri terlebih dahulu. Ruangan yang berisi segala hal tentang bumi dan bebatuan di dalamnya. Seru banget di ruangan ini. Di dalam dipajang aneka batuan dalam perut bumi. Proses terbentuknya bumi dalam bentuk poster maupun film, keren lho!


Di sayap kanan dari lobby utama, tersimpan aneka tulang fauna jaman baheula. Si bungsu yang masih berusia 2 tahun, sempat menangis ketakutan saat didekatkan ke arah tulang T-rex. Mungkin seram saking gedenya. Biasanya dia lihat T-Rex di Youtube kan bentuknya gembul-gembul lucu plus sambil nyanyi dan nari itu T-Rex. Nah, pas di museum kok cuma tulang dan super gede pula. Nangis kejer, deh!


Lantai 2

Puas menjelajah lantai 1, kami mulai merambah area lantai 2. Di atas terdiri 2 ruangan yaitu satu ruangan yang menjelaskan aneka logam dan batuan (lagi), dan ruangan lain yang isinya menjelaskan aneka rupa bencana geologi, misanya bagaimana tsunami, longsor, dan gempa terjadi. Pokoknya komplit semua informasi tersaji di museum ini.


Geo Museum Store

Puas berkeliling dan kaki mulai terasa pegal, serta perut mulai protes minta diisi, akhirnya kami sudahi jalan-jalan ke museum kali ini dengan berfoto di studio foto 3D di Geo Museum Store. Lumayan lho, cuma dengan membayar Rp 25.000,- kita sudah mendapatkan foto keluarga bersama Dinosaurus dkk yang unik dan lucu.


Nah, akhirnya selesai dan tunai sudah janji mengajak anak beraktivitas weekend ini menjelajah Museum Geologi. 
Harapannya, anak-anak Indonesia pada umumnya, (anak-anak kami khususnya), bisa menikmati dan memanfaatkan aneka museum dan tempat-tempat cagar budaya yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuannya, serta untuk menambah kecintaannya akan bumi pertiwi yang ternyata sangat kaya akan budaya ini.


Selamat Menjelajah Museum di Seluruh Indonesia!!!

Be First to Post Comment!

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.

Custom Post Signature